Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Wajib Anda Terapkan Di Masa Pandemi

Kebaikan AirHidup Sehat | 21 Juli 2021
Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Wajib Anda Terapkan Di Masa Pandemi

Menerapkan pola hidup sehat merupakan anjuran yang sering kita dapatkan dari para ahli. Pola hidup sehat adalah pola hidup yang diterapkan sebagai usaha untuk menjaga kesehatan tubuh, fisik, pikiran, dan mental. Terlebih di masa pandemi, pola hidup sehat menjadi fokus semua orang agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit, selain menerapkan 5M.

Cara hidup sehat seperti ini umumnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan tidak merokok. Pola hidup sehat ini memang wajib ditanamkan sejak dini pada diri kita. Untungnya, menerapkan pola hidup sehat tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga ekstra.

Berikut ini cara hidup sehat yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari:

1. Menjaga makan

Apa yang Anda makan tentu akan mempengaruhi bagaimana tubuh Anda bekerja. Oleh sebabnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi setiap hari demi mewujudkan pola hidup sehat.

Pastikan kalau makanan dalam piring Anda memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja [1]. Anda bisa menerapkan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Hindari stres

Masa pandemi seperti ini menjaga pikiran agar tetap positif sangat dianjurkan. Gaya hidup sehat melibatkan diet sehat, kualitas tidur yang baik dan olahraga teratur. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolisme tubuh. Ini dapat menimbulkan rasa ingin mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, membuat lemak di daerah perut menumpuk, dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Untuk itu cobalah mencari kegiatan di dalam rumah seperti membaca buku, mendengarkan lagu kesukaan atau bermain video game. Agar pikiran menjadi bahagia dan terhindar dari stres [2].

3. Rutin berolahraga

Buatlah tubuh Anda untuk terus aktif bergerak. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti bersepeda, jogging atau berenang. Dengan aktif bergerak, tubuh Anda akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat [1].

Akan tetapi di masa pandemi seperti ini Anda disarankan untuk melakukan olahraga didalam rumah saja. Ada beberapa olahraga ringan yang masih bisa dilakukan di dalam rumah seperti Sit up, Push Up, Menari bahkan naik turun tangga di rumah dapat dikatakan berolahraga.

4. Banyak minum air putih

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga fungsi otak yang sehat, konsentrasi, dan suasana hati yang positif. Selain itu, air dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat rasa kenyang dan meningkatkan berapa banyak kalori yang dibakar [2].

Pakar kesehatan menyarankan untuk setidaknya minum air putih 2 liter setiap hari. Hal ini tentu bisa berbeda dari setiap individu, tergantung kepada beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, dan keadaan tubuh.

5. Cukup tidur

Masa pandemi untuk beberapa orang mungkin mempengaruhi jam dan kualitas tidur. Usahakan untuk tidak banyak begadang pada malam hari untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan Anda [1].

6. Jangan lewatkan waktu sarapan

Alih-alih ingin menurunkan berat badan nyatanya sarapan itu penting untuk menjaga stamina dan kesehatan. Tanpa adanya asupan yang cukup, daya tahan tubuh akan cenderung menurun. Biasakan sarapan setiap harinya sebelum pukul 9 pagi. Atau lebih baik, makan lah pada pukul 7 pagi, karena saat itu penyerapan tubuh terhadap nutrisi akan lebih maksimal [3].

Beberapa tips menerapkan pola hidup sehat diatas memang terlihat mudah. Namun, hal ini bisa terlihat sebagai tantangan untuk sebagian orang. Akan tetapi apabila kita yakin dalam menjalankannya pastinya manfaat dari menerapkan cara hidup sehat diatas akan terasa pada kesehatan tubuh kita. Terutama di masa pandemi seperti ini, ketika kegiatan kita banyak menghabiskan waktu di rumah, tetap berupaya produktif dan menerapkan pola hidup sehat sudah seperti aktivitas wajib, guna terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Seperti yang tertulis diatas bahwa banyak minum air putih merupakan salah satu langkah dalam memulai pola hidup sehat. Sumber air putih yang akan kita minum juga harus diperhatikan, pilihlah yang sudah terjamin kebersihan dan kualitasnya. Seperti AQUA yang sudah lebih dari 48 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari pegunungan vulkanik, sehingga mineral yang terkandung di airnya berasal dari proses alami.

Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen. AQUA juga melakukan tiga perlindungan: melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara seksama untuk menjaga keasliannya ke tangan Anda.

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA [4].

Tetap terhidrasi dan mulai pola hidup sehat Bersama AQUA.

 

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-pola-hidup-sehat/
https://www.healthline.com/nutrition/27-health-and-nutrition-tips#TOC_TITLE_HDR_3
https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-pola-hidup-sehat-hlt/
https://www.sehataqua.co.id/manfaat-minum-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh/