10 Tips MPASI saat Mudik yang Aman dan Mudah, Yuk Catat!

Tips Ramadhan | 19 April 2023

Bagikan:

10 Tips MPASI saat Mudik yang Aman dan Mudah, Yuk Catat!

Bingung mempersiapkan MPASI si kecil untuk perjalanan mudik? Jangan khawatir, beberapa tips MPASI saat mudik berikut ini bisa Anda jadikan panduan.

Ya, terdapat berbagai persiapan mudik membawa anak yang perlu diperhatikan dengan baik agar perjalanan lancar tanpa hambatan.

Apalagi mengingat sejumlah aturan pemberian MPASI yang mengharuskan ketepatan waktu hingga higienitas.

Untuk itu, yuk simak baik-baik 10 tips membawa MPASI saat bepergian yang aman di bawah ini!

10 Tips MPASI saat Mudik

Dalam memilih Makanan Pendamping ASI (MPASI) bagi si kecil ketika mudik memang perlu adanya persiapan yang ekstra, agar Anda tidak kewalahan saat berada di perjalanan.

Pada dasarnya, tips MPASI saat mudik yaitu Anda perlu mempersiapkannya dengan memperhitungkan bahan-bahan dasar yang ingin dibawa berdasarkan tujuan lokasi kampung halaman.

Jika memang rumah kampung halaman Anda memiliki jarak yang dekat dengan pasar, tak perlu membawa bahan-bahan MPASI begitu banyak, karena bisa langsung membelinya di sana.

Namun, apabila akses ke pasar susah didapatkan atau terlalu jauh, Anda bisa mempersiapkan beberapa tips membawa MPASI saat bepergian, seperti:

 1. Konsultasikan pada Dokter

Sebelum melakukan perjalanan jauh, tips MPASI saat mudik yaitu ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk meminta rekomendasi menu yang tepat.

Yup, pasti dokter akan memberikan saran MPASI yang tepat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anak, agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi dengan baik selama berada di perjalanan.

2. Siapkan Makanan Beku dan Tempat Penyimpanannya

Kemudian, tips MPASI saat mudik yaitu Anda bisa membawa beberapa makanan beku yang sudah jadi ke dalam tempat penyimpanan atau wadah cooler agar tetap fresh.

Beberapa menu makanan praktis yang bisa Anda bawa yaitu nugget khusus MPASI atau rolade yang dengan bahan-bahan sayuran.

Selain itu, Moms juga bisa menyediakan aneka puree yang dibekukan, misalnya buah atau sayuran seperti pir, mangga, pisang, wortel, brokoli, jagung, serta kaldu sapi dan ayam.

Ketika Anda membuat puree untuk persiapan mudik, usahakan untuk menyimpannya pada wadah tertutup yang tahan beku, lalu lapisi dengan cooler gel, dan bungkus menggunakan kain bersih.

Sebenarnya, hal terpenting dalam cara menyimpan MPASI saat bepergian adalah dengan mempersiapkan packing sebaik mungkin. Jika sudah tepat, makanan yang Anda bawa bisa tahan antara 10-12 jam.

Dengan begitu, ketika telah sampai di kampung halaman, Anda tinggal memindahkan makanannya ke dalam kulkas. 

Namun, jika memang makanannya sudah mencair, bisa langsung segera dikonsumsi.

Baca juga: 14 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Catat!

3. Siapkan Peralatan Makan Serba Guna

Selain mempersiapkan bahannya, tips MPASI saat mudik yaitu membawa peralatan makan serba guna untuk si kecil ketika dalam perjalanan.

Sehubungan dengan ini, Anda dapat membawa sendok dan garpu berukuran kecil atau sedang agar bisa mencampur bahan-bahan makanan padat, serta siapkan tisu basah supaya tidak mengotori kendaraan.

4. Bawa Food Processor Manual Jika Perlu

Food processor biasanya sudah satu set dengan alat penumbuk, parutan, pemeras buah, serta saringan. Nah, Anda bisa membawanya untuk membuat MPASI ketika di kampung halaman.

Yap, tips MPASI saat mudik yang satu ini bisa Anda lakukan karena food processor lebih ringkas dan tidak memakan tempat untuk dibawa.

5. Gunakan Termos untuk Air Panas

Tips MPASI saat mudik ini merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lupakan, karena air panas sangat dibutuhkan dalam membuat menu makanan si kecil.

Jika isi termos mudah habis, Anda bisa membeli air panas di warung atau restoran ketika berhenti di rest area.

6. Bawa Baby Slabber

Agar tidak mengotori kendaraan ketika memberi makan si kecil, tips MPASI saat mudik selanjutnya yaitu jangan lupa untuk membawa baby slabber. 

Sebaiknya, bawalah baby slabber berbahan plastik agar bisa digunakan berkali-kali serta mudah untuk dibersihkan.

7. Jangan Lupakan Camilan Bayi

Ketika berada di perjalanan, ada saatnya si kecil akan merasa bosan dan ingin beranjak dari tempatnya. Untuk itu, solusinya Anda bisa membawa camilan bayi agar si kecil tetap nyaman.

Ketidaknyamanan si kecil selama perjalanan juga bisa disebabkan karena rasa lapar yang membuatnya menjadi rewel. 

Beberapa camilan yang bisa Moms bawa, antara lain yaitu biskuit bayi, keju, atau atau kue kering.

Baca juga: 9 Lokasi Penting Terdekat saat Mudik yang Perlu Diketahui

8. Gunakan Tas Khusus Perlengkapan MPASI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara menyimpan MPASI saat bepergian yaitu dengan mempersiapkan packing sebaik mungkin.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menyimpan seluruh perlengkapan MPASI dengan menggunakan tas khusus, agar tidak tercampur dengan barang-barang lainnya untuk mengurangi risiko makanan tumpah dan menjadi kotor.

Sehubungan dengan tips MPASI saat mudik satu ini, Anda dapat memilih tas khusus yang bisa membuat makanan tetap higienis, dingin dan segar, serta tahan bocor. 

9. Selalu Sedia Air Putih

Tak hanya memastikan anak nyaman dan kenyang selama perjalanan, Moms juga harus memperhatikan sumber cairan yang penting bagi kesehatan si kecil.

Untuk itu, pastikan agar selalu membawa AQUA DULU selama perjalanan, Anda dapat memilih ukuran 1500 ml sebagai persediaan air putih bagi si kecil dan keluarga.  

Selain itu, jangan lupa untuk membawa botol minum kesukaan anak yang bersih dan steril, agar si kecil semangat dalam meminumnya.

10. Hindari Stres

Terakhir, tips MPASI saat mudik adalah hindari stres berlebih ketika menghadapi perjalanan yang jauh.

Jika Anda merasa kewalahan saat mempersiapkan barang bawaan si kecil sebelum mudik, sebaiknya minta bantuan kepada pasangan atau anak agar tidak terlalu memaksakan diri.

Well, tentunya Anda ingin memberikan makanan yang terbaik untuk si kecil dengan memenuhi anjuran nutrisi dan gizi dari ahlinya. 

Namun, apabila stres, hal tersebut akan memengaruhi kualitas ASI yang akan diberikan kepada si kecil.

Oleh karena itu, selama sudah mempersiapkan MPASI terbaik bagi si kecil, terutama jenis makanan yang disukainya, maka Anda hanya perlu menjalani mudik dengan bersemangat.

Yup, karena apabila Moms happy, maka si kecil juga akan senang. Alhasil, perjalanan mudik pun dapat dilalui dengan tenang, lancar, dan aman.

Nah, itulah beberapa tips MPASI saat mudik lebaran yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda ingin berencana mudik membawa anak, pastikan untuk mengikuti tips di atas agar si kecil tenang selama perjalanan, ya.

Nah, untuk menemani perjalanan Anda dan keluarga, selalu sedia air minum dengan kualitas terjaga seperti AQUA.

Jadi, jangan lupa untuk minum AQUA DULU saat mudik. Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral untuk bulan yang suci.

Baca juga: Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Atasi saat Mudik Lebaran

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .