Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Tips Pola Makan Sehat Selama Pandemi

Kebaikan AirHidup Sehat | 14 Juli 2021
Tips Pola Makan Sehat Selama Pandemi

Menjaga fisik dan juga mental sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. Karena apabila kita memiliki pemikiran yang negatif akan sangat mempengaruhi imunitas tubuh kita dan berujung penyakit.

Selain itu yang wajib Anda terapkan juga adalah pola makan sehat. Sebab apa yang akan masuk ke dalam tubuh kita juga sangat mempengaruhi kondisi fisik kita nantinya

Lalu pola makan sehat seperti apakah yang dianjurkan selama pandemi ini? Berikut tipsnya [1].

1. Mengonsumsi beragam makanan bernutrisi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayuran dan buah merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti, vitamin, mineral dan juga serat. Agar Anda mendapat macam-macam vitamin, cobalah untuk menkombinasikan buah dan sayuran setiap harinya.

Anda juga bisa mengonsumsi gandum, oat, nasi merah atau umbi-umbian sebagai sumber serat Anda. Jangan lupa tambahkan ikan, telur dan susu rendah lemak untuk sumber protein hewaninya.

2. Rutin mengonsumsi air putih

Salah satu fungsi air adalah membantu mengedarkan nutrisi dan komponen-komponen penting dalam darah ke seluruh tubuh. Minumlah air sesuai anjuran yang telah ditentukan, yaitu 2 liter per hari. Tentunya, jumlah asupan air harian yang harus dipenuhi bisa beragam oleh beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan keadaan tubuh.

Untuk itu sangat penting untuk minum air putih di masa pandemi ini. Terlebih jika anda mengkonsumsi suplemen, maka jumlah air yang dikonsumsi juga harus ditambah.

3. Hindari lemak jenuh serta minyak berlebih

Tidak semua lemak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Untuk itu sangat penting untuk mengganti sumber lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh. Cara memasak juga mempengaruhi kesehatan tubuh kita, lebih baik mengukus atau merebus makanan daripada menggorengnya untuk mengurangi kadar kolestrol jahat.

4. Kurangi asupan garam dan gula tambahan

WHO menganjurkan untuk memakai garam beryodium dan mengonsumsi garam kurang dari 5 gram, atau sekitar 1 sendok teh setiap hari. Anda bisa menggunakan rempah-rempah sebagai pengganti rasa pada masakan. Makanan dan minuman tinggi lemak, gula, serta garam yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori. Apabila ingin mengonsumsi makanan kemasan cobalah untuk memilih makanan yang kandungan garam dan gulanya rendah.

5. Tidak melewatkan sarapan

Beberapa orang masih mempercayai bahwa dengan melewatkan sarapan maka berat badan akan terjaga, faktanya sarapan merupakan waktu makan paling penting sebab di waktu tersebut Anda memperoleh energi untuk beraktivitas selama seharian [4].

6. Makan dengan pola teratur dan tepat waktu

Tahukah Anda bahwa laju metabolisme tubuh dapat berubah pada waktu-waktu tertentu. Contohnya ketika pada malam hari, metabolisme tubuh akan melambat karena tubuh sedang mulai beristirahat. Karena itu dianjurkan untuk makan sebelum larut malam.

Selain itu makan dengan teratur juga dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol dan menurunkan risiko obesitas [4].

7. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dapat memicu efek jangka panjang berupa munculnya kanker.

Karenanya, dalam penerapan pola makan yang sehat, Anda harus sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet [5].

Ada beberapa pilihan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari yaitu:

  • Sayuran hijau
    Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan.

    Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas [6].

  • Buah-buahan
    Sudah tidak dapat diragukan lagi buah-buahan mengandung banyak vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Jadi jangan lupa untuk memasukan buah-buahan kedalam menu makan sehat selama menjalankan pola makan sehat

  • Daging dan telur
    Daging yang kaya akan nutrisi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menjalankan pola makan sehat selama pandemi. Cobalah untuk memilih daging sapi tanpa lemak karena mengandung protein dan zat besi paling tinggi. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi telur yang juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan [6].

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Kacang-kacangan dan biji-bijian tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

    Anda bisa memilih kacang tanah, kacang almond atau kacang mete [6].

  • Ikan dan makanan laut lainnya
    Makanan laut merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Untuk itu sudah pasti memasukan ikan dan makanan laut kedalam menu pola makan sehat Anda bukan pilihan yang salah [6].

  • Susu
    Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk Anda yang kurang suka minum susu bisa menggantinya dengan mengonsumsi keju atau yoghurt yang juga mengandung banyak kalsium [6].

Setelah Anda mengetahui tips pola makan diatas kini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pola makan yang sehat mempunyai peranan penting bagi sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, sehingga membantu menahan serangan virus. Setiap makanan yang kita konsumsi akan memberikan pasokan nutrisi bagi tubuh kita terutama protein dan vitamin yang mampu melindungi tubuh dari penyakit [2].

Bila kita melihat kembali pada poin ke-2 diatas bahwa air putih ternyata memiliki peranan penting juga dalam pola makan sehat selama pandemi ini untuk itu Anda juga tidak boleh sembarang memilih air putih yang akan dikonsumsi setiap harinya. Pilihlah air putih yang sudah terjamin kualitas, sumber dan kandungannya.

Seperti AQUA yang sudah terpercaya selama lebih dari 47 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen [3].

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

 

Referensi:

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/tips-pola-makan-yang-sehat-selama-masa-pandemi/11
http://www.darya-varia.com/id/read/tingkatkan-imunitas-tubuh-dengan-pola-makan-sehat-selama-pandemi-covid-19
https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/