Yuk, Ketahui Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh!

Hidup Aktif | 25 Mei 2022

Bagikan:

Yuk, Ketahui Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh!

Sebagian orang mengatakan waktu olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh adalah pagi hari, sementara sebagian lainnya berpendapat bahwa olahraga di sore atau malam hari akan jauh lebih efektif. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, sebetulnya jam berapa waktu olahraga yang baik dan tepat?

Well, pada dasarnya, baik pagi, sore, maupun malam hari bisa Anda jadikan pilihan untuk mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal. Sebab, olahraga pada waktu-waktu tersebut nyatanya memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Agar tidak bingung, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga di Pagi Hari

Pagi hari sering kali dijadikan sebagai pilihan waktu berolahraga. Tepat setelah Anda bangun tidur, olahraga pada waktu ini akan membantu Anda lebih bersemangat untuk memulai hari dan tidak perlu lagi khawatir untuk berolahraga di sore atau malam nantinya.

Saleh & Yonas (2014) menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan olahraga di pagi hari akan menjalaninya dengan maksimal dan nyaman. Sebab pada waktu ini, udara cukup bersih dan terhindar dari polusi kendaraan serta memiliki kandungan oksigen yang lebih banyak. Sinar matahari juga akan memberikan manfaat karena vitamin D-nya.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat olahraga di pagi hari yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

  • Membantu membentuk rutinitas olahraga lebih konsisten.
  • Membuat tubuh lebih berenergi.
  • Meningkatkan mood atau suasana hati sepanjang hari, karena hormon endorfin yang dilepaskan tubuh pada waktu pagi.
  • Mendorong produktivitas dan memaksimalkan performa kerja karena olahraga pagi membantu meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh cenderung membakar kalori lebih banyak.
  • Lebih efektif membuat tidur lebih berkualitas di malam hari.
  • Membentuk pola hidup yang lebih sehat.
  • Mempercepat penurunan berat badan.

Namun, ada pula kekurangan workout di pagi hari, seperti:

  • Melawan rasa lapar jika sebelumnya Anda tidak cukup makan dan kekurangan asupan kalori.
  • Mengganggu tidur nyenyak karena harus bangun dini hari sehingga terkadang membuat Anda merasa pusing beberapa saat setelah bangun.
  • Performa fisik belum sepenuhnya maksimal.
  • Memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukan pemanasan.

Baca juga: 6 Cara Bangun Pagi Rutin Anti Kesiangan, Patut Dicoba!

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga di Sore/Malam Hari

Jika Anda tidak terlalu menyukai berolahraga saat pagi, Anda tak perlu khawatir sebab sore atau malam hari setelah Anda selesai melakukan pekerjaan juga bisa menjadi pilihan waktu olahraga yang baik. Adapun manfaatnya ialah sebagai berikut.

  • Aktivitas olahraga jauh lebih intens karena kekuatan atau daya tahan pada sore hari akan lebih tinggi daripada saat pagi.
  • Membantu menghilangkan stress dan membuat pikiran lebih rileks setelah bekerja.
  • Tubuh jauh lebih lincah dan tanggap terhadap reaksi sehingga cocok untuk melakukan olahraga dengan kecepatan tinggi.
  • Otot-otot tubuh dalam kondisi ideal, sebab pada waktu sore suhu tubuh meningkat sehingga menghangatkan otot.
  • Penggunaan energi lebih efektif dibanding pada waktu pagi karena oksigen diserap lebih cepat di sore hari.

Sementara, kekurangan berolahraga sore, di antaranya:

  • Bisa mengganggu tidur atau membuat gelisah jika aktivitas olahraga dilakukan mendekati waktu tidur, terutama pada olahraga intens seperti HIIT.
  • Kurang efektif untuk membentuk konsistensi berolahraga, karena Anda akan cenderung merasa terlalu lelah saat sore atau malam hari.

Menentukan Waktu Olahraga yang Baik

Jika Anda bertanya kapan waktu olahraga yang baik untuk tubuh, maka sebetulnya tidak ada patokan pasti. Pasalnya, setiap orang memiliki aktivitas dan kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung dari faktor kesehatan individu, waktu bangun, intensitas olahraga, waktu makan, dan lain sebagainya.

Bisa saja Anda merasa olahraga malam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, namun bagi orang lain malah sebaliknya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa waktu olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh adalah kapan pun Anda bisa [1]. 

Jika Anda memiliki waktu senggang sebelum pergi bekerja, maka pagi hari merupakan pilihan terbaik. Demikian juga bila Anda hanya mempunyai waktu luang di malam hari, maka itulah waktu yang tepat untuk Anda berolahraga.

Selain itu, Anda juga perlu memahami status kesehatan atau kondisi tubuh yang patut jadi pertimbangan. Misal, jika Anda memiliki kadar gula darah yang cenderung tinggi maka berolahraga di sore/malam hari dapat meningkatkan kontrol glikemik, kemungkinan karena waktu dalam kaitannya dengan resistensi insulin terkait sirkadian dan keadaan postprandial.

Nah, di samping menentukan jam berapa waktu olahraga yang baik, Anda juga sebaiknya memperhatikan konsistensi berolahraga. Ini merupakan kunci utama agar dapat memperoleh manfaat olahraga secara optimal. Untuk itu, cobalah pilih salah satu jenis workout yang paling Anda sukai atau mudah dilakukan sehingga Anda pun lebih mudah termotivasi.

Baca juga: 8 Gerakan Olahraga di Rumah yang Ringan & Sehat untuk Dicoba

Itu dia penjelasan mengenai kapan waktu olahraga yang baik untuk tubuh. Setelah menentukan waktu yang sesuai, kemudian cobalah terapkan kebiasaan olahraga tersebut secara teratur dan tentunya konsisten sehingga Anda mendapat hasil sesuai harapan. Lakukan setidaknya 30 menit setiap harinya demi meningkatkan kebugaran tubuh.

Di samping itu, imbangi olahraga Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi serta minum air putih yang cukup. Pasalnya, setelah berolahraga tubuh Anda akan kehilangan begitu banyak cairan, sehingga penting untuk Anda mengganti kebutuhan cairan tubuh tersebut dengan segera.

Jangan lupa pilih air mineral berkualitas seperti AQUA di mana kemurniannya selalu terjaga hingga ke tangan Anda bahkan selama lebih dari 49 tahun. So, pastikan Anda selalu terhindar dari dampak dehidrasi dengan minum #AQUADULU setiap hari ya!

Referensi:

  1. The Best Time of Day to Exercise, According to Science - Buka
  2. What’s the Best Time of Day to Exercise? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.