Apa itu Gerakan Wall Sit? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Hidup Sehat | 15 Juni 2022

Bagikan:

Apa itu Gerakan Wall Sit? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Jika Anda ingin melakukan olahraga sederhana dan mudah yang mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh, maka wall sit bisa jadi salah satu pilihannya. Olahraga ini tak jauh berbeda dengan squat, di mana tujuan gerakan wall sit adalah untuk melatih otot perut, bokong, paha, hingga betis.

Bukan cuma itu, latihan tersebut juga tidak memerlukan peralatan apapun sehingga dapat Anda lakukan walau di rumah saja. Yuk, simak ulasan lengkapnya mengenai tujuan, manfaat, serta tips dan cara melakukan gerakan wall sit yang benar di bawah ini!

Apa itu Gerakan Wall Sit?

Wall sit adalah suatu latihan yang dilakukan dengan cara menyandarkan punggung Anda ke sebuah tembok sambil menekuk lutut seakan-akan sedang duduk, lalu menahannya selama beberapa saat. Bisa dibilang, gerakan yang juga disebut sebagai wall squat ini umumnya ditujukan untuk membentuk kekuatan isometrik.

Mengutip dari laman Very Well Fit, gerakan wall sit dapat melatih kekuatan otot bagian bawah, seperti perut, bokong, paha depan, dan juga betis. Namun, hal tersebut bukan diperoleh dari seberapa banyak Anda berhasil mengulang gerakan, tetapi lebih menekankan pada jangka waktu Anda menahan posisi.

Manfaat Wall Sit

Salah satu kelebihan olahraga wall sit adalah manfaat yang diberikannya tidak hanya sekadar melatih otot-otot tubuh semata, melainkan juga bisa membantu Anda membakar kalori hingga meningkatkan stamina. Berikut beberapa manfaat wall sit lainnya.

1. Memperkuat Otot Betis, Paha, dan Perut

Seperti disinggung sebelumnya, wall sit merupakan jenis olahraga di rumah yang berguna untuk membentuk sekaligus meningkatkan daya tahan otot, mulai dari betis, paha, dan juga perut. Sebab, ketika melakukan gerakan ini, seluruh badan Anda akan ditopang oleh otot-otot bagian bawah tersebut.

2. Membentuk Six Pack

Gerakan wall sit juga bisa Anda lakukan jika ingin membentuk six pack. Sebab, latihan tersebut akan membuat otot-otot perut Anda mengencang hingga membantu Anda mendapatkan bentuk six pack.

Baca juga: 5 Gerakan Plank, Manfaat, dan Cara Melakukannya yang Benar

3. Membakar Kalori

Siapa sangka jika olahraga sederhana ini dapat membantu Anda membakar kalori tubuh dengan efektif. Ya, banyak orang mengira bahwa hanya latihan kompleks seperti squat yang akan memberikan manfaat nyata bagi tubuh. Padahal, meskipun hanya mengandalkan ketahanan, gerakan wall sit selama beberapa waktu ternyata dapat membuat detak jantung Anda meningkat hingga akhirnya mendorong metabolisme tubuh [1].

4. Meningkatkan Stamina

Selain itu, wall squat diketahui dapat meningkatkan ketahanan fisik dan stamina. Bagaimana tidak, latihan ini memerlukan banyak tenaga dan daya tahan yang cukup besar sehingga dengan melatihnya tentu akan terus menambah atau mengembangkan stamina Anda.

5. Melatih Konsentrasi, dan Fokus

Gerakan wall sit memerlukan tingkat fokus yang cukup tinggi, terutama bila Anda melakukannya dalam jangka waktu cukup lama, seperti 30 sampai 60 detik. Di samping itu, Anda juga harus berkonsentrasi untuk tetap mengatur napas dengan benar sekaligus menjaga kestabilan tubuh agar dapat mempertahankan posisi. Sehingga, jika melatihnya secara rutin, Anda pun dapat mempertajam fokus dan konsentrasi.

6. Menjaga Kestabilan Tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, wall squat dapat membantu Anda memperkuat otot-otot bagian bawah, seperti paha, betis, dan panggul. Hal ini pada akhirnya akan menambah tingkat kestabilan atau keseimbangan tubuh Anda menjadi lebih baik lagi. 

Cara Melakukan Wall Sit dengan Benar

Setelah mengetahui berbagai manfaat wall sit tersebut, lalu bagaimanakah cara melakukan gerakan tersebut dengan benar? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, sandarkan punggung Anda ke sebuah tembok.
  2. Posisikan kedua kaki selebar bahu dan berjarak sekitar 60 sampai 70 centimeter dari tembok.
  3. Sembari mengencangkan otot perut, geser punggung Anda dengan perlahan-lahan ke arah bawah hingga posisi paha sejajar tanah atau layaknya sedang duduk di kursi.
  4. Kemudian, sesuaikan posisi kaki agar lutut Anda berada tetap di atas pergelangan kaki, bukan jari-jari kaki.
  5. Pertahankan posisi tersebut selama kurang lebih 20 hingga 60 detik.
  6. Pastikan punggung Anda tetap tegak lurus atau rata dengan tembok.
  7. Setelahnya, geser kembali punggung Anda ke posisi awal berdiri secara perlahan.
  8. Ambil jeda waktu selama 30 detik untuk beristirahat, lalu ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 3 kali.

Baca juga: 6 Manfaat Jumping Jack bagi Tubuh dan Cara Aman Melakukannya

Itu dia ulasan mengenai manfaat wall sit dan cara melakukannya dengan benar. Jika memang belum terbiasa atau tidak kuat, Anda bisa mengurangi durasi waktu gerakan wall squat tersebut dan tak perlu memaksakannya. Sebab, tubuh Anda akan terus beradaptasi hingga mampu meningkatkan ketahanannya.

Selama Anda berolahraga, jangan lupa pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi dengan minum air putih yang cukup. Anda disarankan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air mineral dalam sehari atau setara dengan 2 liter. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari dampak dehidrasi akibat aktivitas berat seperti berolahraga.

Agar tak kelewatan, Anda bisa membuat  jadwal minum air putih setiap harinya dan mulai menyediakan AQUA di rumah. Air mineral AQUA memiliki tingkat kualitas yang sudah terjamin, bahkan hingga dikenal sebagai pelopor air minum terbaik di Indonesia. 

Sebab, AQUA secara aktif memberikan perlindungan terhadap sumber air dan ekosistem di sekitarnya. Dengan demikian, kealamian kandungan mineral yang terkandung di dalamnya selalu terjaga. Proses pengemasan AQUA juga melalui ratusan uji klinis sebelum akhirnya didistribusikan, sehingga Anda tak perlu lagi mengenai keamanan dan kemurniannya.

Yuk, dapatkan manfaat dan kebaikan air mineral terbaik dengan minum #AQUADULU sebelum dan setelah beraktivitas!

Referensi:

  1. Apa Itu Wall Sit dan Bagaimana Cara Melakukannya? - Buka
  2. 7 Manfaat Wall Sit dan Tips untuk Mempraktikkannya - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .