Logo AQUA

8 Objek Wisata Mandalika yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Bagikan:

8 Objek Wisata Mandalika yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Liburan adalah salah satu cara self healing yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat dan kebugaran mental. Banyak tempat-tempat di Indonesia yang bisa dikunjungi saat liburan, seperti wisata Mandalika.

Dengan liburan ke Mandalika, Anda dapat melihat pemandangan-pemandangan indah yang memanjakan mata. Baca pembahasan mengenai rekomendasi destinasi Mandalika di artikel ini dan jadikan referensi liburan Anda.

Daftar Rekomendasi Kawasan Wisata Mandalika

Mandalika merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Wilayah pesisir di Lombok Tengah ini memiliki banyak pantai dengan bentang pemandangan memesona.

Kawasan wisata Mandalika termasuk dalam salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Ketika melakukan liburan ke Mandalika, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Adapun beberapa wisata Mandalika adalah sebagai berikut.

1. Bukit Seger 

Bukit Seger merupakan objek wisata Mandalika yang letaknya di sisi barat tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Di sini, Anda dapat menikmati suasana pemandangan hijau dan udara yang menyegarkan.

Menariknya, apabila para wisatawan mendaki Bukit Seger, mereka akan melihat tikungan sirkuit Mandalika dengan jelas. Selain itu, bukit ini adalah spot foto yang bagus dengan latar belakang pantai biru yang berpasir putih dan lintasan sirkuit.

2. Pantai Kuta Lombok

Selanjutnya, rekomendasi tempat liburan ke Mandalika adalah Pantai Kuta Lombok. Destinasi Mandalika yang satu ini memiliki daya tarik unik, yaitu tekstur pasir pantainya seperti merica.

Keindahan alam yang memukau di Pantai Kuta Lombok membuat tempat ini istimewa dan cocok sebagai tempat berlibur. Anda dapat mengabadikan banyak momen menarik di sini karena pemandangan di sekitarnya begitu memesona.

3. Pantai Tanjung Aan 

Bagi Anda yang ingin menghilangkan stres dan penat, maka Pantai Tanjung Aan adalah rekomendasi wisata Mandalika yang menarik. Pantai ini dikelilingi perbukitan hijau dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Pantai Tanjung Aan mempunyai garis pantai sepanjang ± 2 km dan dua jenis pasir. Di bagian barat pantai dekat bukit, tekstur pasir sedikit lebih kasar seperti merica. Sedangkan, pasir yang halus seperti tepung berada di sisi timur pantai. 

Di sana, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari selancar, berenang, snorkeling, hingga melihat festival Bau Nyale Mandalika. Liburan ke Mandalika, terutama di Pantai Tanjung Aan akan membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan semangat Anda.

4. Desa Sesaot

Desa Sesaot adalah desa wisata yang kaya akan potensi alamnya. Desa yang berlokasi di Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini menawarkan berbagai aktivitas yang seru. Kawasan wisata Mandalika ini akan memberikan pilihan liburan dengan nuansa pedesaan yang khas.

Anda dapat mengeksplorasi berbagai destinasi Mandalika yang menawan di Desa Sesaot. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di desa ini adalah menginap di rumah adat suku Sasak, mengunjungi pusat rekreasi masyarakat, trekking di Bukit Mangga, dan membeli oleh-oleh khas Desa Sesaot.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata di Lombok untuk Liburan Seru

5. Desa Sade 

Selain wisata alamnya, objek wisata Mandalika yang wajib masuk daftar kunjungan adalah Desa Sade. Lokasi Desa Sade terdapat di daerah Rembitan, Kecamatan Pujut. Semua penduduknya adalah suku Sasak yang masih mempertahankan adat istiadatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Adat istiadat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Desa Sade. Di desa ini, pengunjung dapat melihat langsung rumah-rumah suku Sasak yang khas, yaitu tiang dan dindingnya terbuat dari bambu. Sedangkan, atapnya dari alang-alang kering yang memberikan kesejukan di siang hari dan kehangatan di malam hari.

6. Bukit Merese

Saat berlibur bersama teman maupun keluarga, salah satu kawasan wisata Mandalika yang tidak boleh dilewatkan adalah Bukit Merese. Lokasi bukit ini ada di Kecamatan Pujut, Lombok. Dari bukit ini, Anda dapat melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. 

Terdapat fasilitas penyewaan sepeda untuk menjelajah Bukit Merese. Tidak hanya itu, bagi penggemar olahraga paralayang, Anda dapat melakukan aktivitas tersebut di Bukit Merese.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan air lautnya yang biru dan luas dari atas paralayang. Namun, perlu diingat bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan pendampingan profesional. Jadi, Anda tetap harus berhati-hati untuk keselamatan bersama.

7. Pantai Torok Bare

Pantai Torok Bare yang berlokasi di Lombok Tengah adalah salah satu hidden gem wisata Mandalika. Banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk meditasi dan relaksasi pikiran serta tubuh karena suasananya yang menenangkan.

Anda perlu menerapkan beberapa tips traveling yang aman untuk mencapai pantai ini, seperti menyusun rencana perjalanan dan menyiapkan daftar kebutuhan. Hal ini karena Pantai Torok Bare letaknya cukup tersembunyi dan dikelilingi perbukitan.

Di Pantai Torok Bare, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari berselancar, berjemur, olahraga voli pantai, dan lain sebagainya. Selain itu, pantai ini dekat dengan objek wisata Mandalika lainnya, salah satunya Pantai Tanjung Aan.

8. Desa Ende

Objek wisata Mandalika ini letaknya bersebelahan dengan Desa Sade. Desa Ende merupakan desa yang ada di wilayah sekitar Sirkuit Mandalika. Kerajinan tenun menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi Mandika ini.

Para perempuan di Desa Ende sangat pandai menenun karena hal ini termasuk dalam syarat wajib menikah di sana. Selain itu, jejeran rumah dengan atap dari ilalang dan dinding anyaman bambu memberikan pesona yang menakjubkan saat Anda memasuki Desa Ende.

Baca Juga: 9 Spot Foto di Danau Toba dengan Keindahan Alamnya

Itulah daftar rekomendasi destinasi Mandalika yang patut dikunjungi. Ragam wisata Mandalika di atas menunjukkan keindahan pesona Mandalika yang akan membuat Anda takjub. Kira-kira objek wisata mana yang ingin Anda kunjungi?

Nah, jika tertarik untuk pergi liburan ke Mandalika, Anda dapat mengikuti program menarik dari AQUA. Melalui program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia, AQUA mengajak Anda untuk berlibur keliling Indonesia secara gratis, termasuk ke Mandalika. 

Caranya sangat mudah, Anda cukup membeli berbagai produk AQUA di e-commerce online maupun toko-toko terdekat. Setelah itu, kirimkan bukti pembelian Anda ke nomor WhatsApp resmi AQUA, yakni 087878700048. 

Program ini akan berlangsung mulai tanggal 29 Mei-30 September 2024. Semakin sering membeli produk AQUA, semakin besar pula kesempatan Anda memenangkan paket liburan gratis dan voucher hotel menarik di Indonesia.

Ikutan sekarang, yuk dan jangan sampai ketinggalan!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Labuan Bajo dengan Pemandangan Fantastis

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .