Logo AQUA

10 Wisata di Wakatobi dengan Pemandangan Alam Memesona

Bagikan:

10 Wisata di Wakatobi dengan Pemandangan Alam Memesona

Sudahkah Anda berkunjung ke Wakatobi? Jika belum, tempat ini wajib dikunjungi apabila Anda sedang mencari inspirasi tempat berlibur bersama teman maupun keluarga. Hal ini dikarenakan wisata di Wakatobi menyajikan pemandangan alam yang memesona sehingga dijuluki sebagai surga wisata bahari.  

Artikel ini akan memberikan rekomendasi daftar wisata di Wakatobi yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Sulawesi Tenggara. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Destinasi Wisata di Wakatobi

Wakatobi merupakan salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang menyimpan beragam wisata bahari. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Wakatobi yang bisa Anda kunjungi saat datang ke daerah ini. 

1. Puncak Khayangan

Tempat wisata di Wakatobi ini adalah padang sabana luas yang menampilkan lanskap Pulau Tomia dari ketinggian. Selain itu, Puncak Khayangan juga terkenal sebagai spot melihat sunrise dan sunset dengan panorama yang sangat cantik. Di tempat ini, Anda bisa berkemah sembari melihat hamparan bintang di langit Wakatobi.

2. Taman Nasional Wakatobi

Wisata di Wakatobi tak hanya menyajikan keindahan pantainya, tetapi juga kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Keindahan ini bahkan telah diakui dunia dengan ditetapkannya Taman Nasional Wakatobi sebagai cagar biosfer UNESCO pada tahun 2012.

Perlu diketahui, lebih dari 75% spesies karang dunia, yaitu 750 dari 850 spesies dapat ditemukan di perairan Wakatobi. Hal ini menjadikan Wakatobi sebagai destinasi impian para penyelam dari berbagai penjuru dunia.

3. Danau Sombano

Terletak di jantung Hutan Bakau Pulau Kaledupa, Danau Sombano adalah wisata di Wakatobi yang menawarkan pesona jernihnya air dan eksotisme flora tropis, seperti anggrek, berbagai jenis pandan, dan pepohonan bakau.

Perlu diketahui, tempat wisata ini mempunyai legenda tentang buaya hitam yang konon menghuni danau. Oleh karena itu, wisatawan diimbau untuk tidak berenang di danau demi menjaga keselamatan.

4. Pulau Hoga

Salah satu tempat wisata di Wakatobi yang tak boleh dilewatkan adalah Pantai Hoga di Pulau Hoga. Pulau ini menawarkan keindahan pasir putih halus yang bersih serta jernihnya air laut. Berbeda dengan pantai di beberapa wilayah Wakatobi lainnya, Pantai Hoga memiliki ombak yang jauh lebih tenang sehingga membuat pengunjung bisa betah berlama-lama menikmati panorama alam yang memesona. 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Labuan Bajo dengan Pemandangan Fantastis

5. Goa Kontamale

Salah satu destinasi wisata di Wakatobi yang paling terkenal adalah Goa Kontamale di Pulau Wangi-Wangi. Tempat ini lebih dikenal sebagai Goa Telaga karena adanya kolam air di mulut gua. Goa Kontamale menawarkan pengalaman menjelajahi pesona wisata di Wakatobi yang dihiasi stalagmit dan aliran air jernih di dalamnya.

6. Hutan Lindung Tindoi

Hutan Lindung Tindoi menjulang setinggi 800 meter di atas permukaan laut Pulau Wangi-Wangi. Hutan lindung ini tak hanya menyimpan legenda dan aura mistis bagi masyarakat setempat, tetapi juga menawarkan kekayaan tumbuhan dan hutan tropis yang luar biasa. Bagi para penjelajah, Hutan Tindoi adalah destinasi wisata wajib dikunjungi ketika datang ke Wakatobi.

7. Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo mempunyai ketinggian 100 meter serta berbetuk deretan tingkatan yang memesona. Perlu diketahui, air terjun ini telah dinobatkan sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia. Dilengkapi hamparan batu granit dan kolam alami yang menawan, pesona alam Wakatobi ini tak boleh dilewatkan.

8. Pulau Anano

Mendapat julukan "Pulau Seribu Penyu", Pulau Anano di Wakatobi menjadi daya tarik wisata yang unik. Pulau kecil tak berpenghuni ini merupakan rumah bagi koloni penyu hijau dan penyu sisik sehingga menjadikannya tempat bertelur favorit bagi para reptil tersebut. Tak heran, banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi pulau ini untuk menyaksikan momen istimewa menetasnya telur-telur penyu.

Tak hanya itu, pantai berpasir putih dan air laut biru jernih juga menjadi pesona wisata di pulau ini. Anda dapat bersantai di pantai, berenang di air laut yang menyegarkan, maupun menjelajahi pulau untuk menemukan spot-spot foto terbaik.

9. Pulau Tomia

Di samping Pulau Hoga yang terkenal, Pulau Tomia juga menjadi primadona wisata di Wakatobi. Salah satu daya tarik tempat ini adalah sebuah desa bernama Desa Kulati yang merupakan perkampungan tradisional kecil di sisi timur pulau. Desa ini dikelilingi perbukitan indah dan menawarkan pemandangan eksotis dari tebing curam yang menawan, pantai berpasir putih, dan birunya laut.

Baca juga: 9 Pilihan Destinasi Wisata di Lombok untuk Liburan Seru

10. Bajo Mola

Di Pulau Wangi-Wangi, terdapat sebuah perkampungan unik bernama Bajo Mola yang dihuni oleh Suku Bajo. Berbeda dengan kampung pada umumnya, Bajo Mola memiliki halaman dan teras berupa hamparan laut luas dengan air yang jernih.

Lebih dari sekadar menikmati pemandangan indah, Anda dapat menyelami budaya dan tradisi Suku Bajo di Bajo Mola. Sebagai informasi, suku Bajo terkenal dengan keahlian mereka dalam membaca alam laut dan rasi bintang. Pengetahuan ini telah diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur mereka dan menjadi kunci kelangsungan hidup masyarakat di lautan.

Itulah informasi mengenai ragam wisata di Wakatobi yang menyajikan pemandangan alam memesona. Kira-kira ,destinasi wisata di Wakatobi mana yang membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Jika ingin berlibur gratis ke Wakatobi, saat ini AQUA mengajak Anda liburan melalui program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia. Program ini telah berlangsung sejak tanggal 29 Mei-30 September 2024.

Untuk mengikuti program ini, Anda hanya perlu membeli produk AQUA, misalnya AQUA Cube, AQUA Botol, AQUA Galon, atau AQUA Life. Setelah itu, kirimkan bukti pembelian tersebut ke WhatsApp resmi AQUA di nomor 087878700048. 

Dengan mengikuti ketentuan ini, Anda memiliki kesempatan untuk memenangkan voucher hotel lengkap dengan paket liburan gratis ke beberapa destinasi wisata menarik di Indonesia, mulai dari Wakatobi, Labuan Bajo, Danau Toba, hingga Mandalika. 

Semakin sering Anda membeli produk AQUA, semakin tinggi pula kesempatan untuk memenangkan program ini. Jadi, yuk raih kesempatan liburan gratis sekarang juga!

Baca juga: 9 Spot Foto di Danau Toba dengan Keindahan Alamnya

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .