Yuk, Kenali Penyebab Dehidrasi Pada Anak

Kebaikan AirHidup Sehat | 19 Maret 2021
Yuk, Kenali Penyebab Dehidrasi Pada Anak

Tubuh kita akan kehilangan cairan setiap hari melalui keringat, air mata, buang air kecil dan buang air besar. Air juga akan menguap dari kulit dan meninggalkan tubuh menjadi uap air ketika kita bernafas. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan keseimbangan cairan tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Sering kita tidak sadar bahwa dehidrasi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Bahkan kenyataannya, anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi daripada orang dewasa. Hal tersebut sering terjadi ketika mereka demam, diare atau muntah. Dapat juga saat mereka melakukan banyak aktivitas berat yang mengeluarkan keringat.

Lalu, apa saja ciri-ciri ketika anak mengalami dehidrasi? Berikut penjelasannya.

Gejala Dehidrasi Ringan

  • Lebih jarang buang air kecil
  • Mulut terasa kering
  • Lebih sedikit air mata saat menangis
  • Terlihat kurang aktif seperti lebih sedikit bermain
  • Kepala menjadi lebih sedikit lunak dan terlihat cekung pada bayi atau balita
  • Kotoran akan menjadi lebih encer karena diare
  • Apabila muntah, akan terjadi penurunan pergerakan usus

Gejala Dehidrasi Berat

  • Menjadi sangat rewel
  • Terlihat lebih mengantuk dari biasanya
  • Tampilan mata menjadi lebih cekung
  • Tangan dan kaki menjadi dingin serta berubah warna
  • Kulit menjadi lebih keriput
  • Buang air kecil hanya satu hingga dua kali dalam sehari

Setelah mengetahui apa saja gejala-gejala dehidrasi pada anak, wajib bagi para orang tua untuk mengetahui bagaimana penanganan awal saat anak Anda mengalami dehidrasi ringan:

1. Berikan asupan cairan yang cukup

Orang tua bisa segera memberikan air putih, larutan oralit atau cairan lain. Pemberian cairan tersebut berguna untuk menggantikan cairan dan garam (elektrolit) yang hilang dari tubuh anak.

2. Berikan anak buah dan sayur yang mengandung banyak air

Buah-buahan yang kaya akan air diantaranya adalah semangka, melon, timun dan strawberry. Sementara sayuran yang mengandung banyak air adalah kembang kol, bengkoang, seledri dan selada.

3. Istirahat yang cukup

Ketika anak mengalami dehidrasi, selain mengkonsumsi air jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pemulihannya.

4. Jangan memberi anak minuman berkafein

Memberi minuman yang mengandung kadar kafein seperti teh, minuman bersoda, dan coklat kepada anak yang mengalami dehidrasi dapat memperburuk kondisinya.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi air putih sangat penting untuk anak. Selain itu, pemilihan air putih yang diberikan pada anak pun tidak kalah penting karena tidak semua air sama.

Apabila anda memilih air yang kualitasnya kurang baik, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan anak. Untuk itu pilihlah AQUA yang melakukan tiga perlindungan; melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi kealamian mineral di air, serta diproses secara seksama tanpa tersentuh tangan manusia.

Beberapa Ibu mungkin kesulitan untuk membuat anak minum cukup air setiap hari, disebabkan karena anak cenderung bosan atau tidak tertarik mengkonsumsi air putih. Namun, tidak perlu khawatir karena AQUA juga memiliki AQUA Kids, yaitu AQUA dengan kemasan bergambar sehingga bisa membuat anak semangat untuk minum lebih banyak air setiap harinya. AQUA kids hadir dalam kemasan 330ml dan 450ml, dan di botol 450ml juga dilengkapi dengan tutup botol jenis sports cap sehingga mudah dibuka dan tidak mudah tumpah.

Dapatkan segera AQUA kids di minimarket, supermarket, atau di Tokopedia.

Yuk, dukung si kecil untuk minum cukup air dengan memberikan AQUA Kids setiap hari!

 

Sumber:

https://kidshealth.org/en/parents/dehydration.html
https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/5-tanda-dehidrasi-pada-bayi-dan-anak-anak
https://www.alodokter.com/kenali-gejala-dehidrasi-pada-anak-dan-cara-mengatasinya
https://www.sehataqua.co.id/luncurkan-kemasan-label-frozen-2-aqua-ajak-anak-sadar-arti-penting-air-minum-terbaik/

Pesan sekarang