13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh & Kulit, Wajib Tahu!

Hidup Sehat | 20 Juni 2022

Bagikan:

13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh & Kulit, Wajib Tahu!

Manfaat air putih masih dianggap kurang penting oleh sebagian orang, padahal tubuh setidaknya membutuhkan asupan cairan agar dapat bekerja lebih optimal, dimana sebanyak 50% - 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air sesuai dengan berat tubuhnya.

Rajin mengkonsumsi air putih juga merupakan salah satu gaya hidup sehat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu sedia dan minum #AQUADULU agar asupan cairan tubuh tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga akan membantu Anda beraktivitas secara optimal dan terhindar dari dehidrasi.

Pasalnya, ketika melakukan kegiatan sehari-hari, manusia akan melibatkan beberapa organ penting. Dari jantung, ginjal, sendi, paru-paru, hingga ludah dan lendir sangat bergantung dengan air.

Dilansir dari The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) oleh Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, M.S. menemukan bahwa setidaknya 46,1% dari 1200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami tahap dehidrasi ringan.

Dehidrasi ini terjadi karena rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya fungsi air bagi tubuh. Dehidrasi ringan sendiri ditandai dengan tenggorokan atau bibir kering, badan lemas, hingga meningkatnya suhu tubuh.

Kurang minum juga dapat mengurangi tingkat konsentrasi dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tentu manfaat air mineral bagi tubuh atau kesehatan organ manusia perlu dipelajari agar tidak ada kendala saat beraktivitas.

Lantas, apa saja manfaat minum air putih? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Adapun berbagai manfaat air putih untuk kesehatan di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Menjaga Suhu Tubuh Optimal

Salah satu manfaat air putih adalah menjaga suhu tubuh agar tetap optimal. Sebab, badan yang mengalami dehidrasi akan mengurangi kekuatan fungsi tubuh dan otak. Ketika beraktivitas cukup sering maka tubuh akan bereaksi dari keringat dan suhu tubuh yang meningkat.

Lalu saat proses setelah berkeringat tubuh bereaksi dengan mendinginkan suhu tubuh melalui penguapan. Untuk menjaga suhu tubuh tetap optimal maka kamu harus memenuhi jumlah air minum yang cukup. Maka dianjurkan untuk minum sebanyak delapan gelas air setiap harinya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Jumlah air yang cukup akan direspon dengan baik ketika tubuh ingin melakukan kegiatan ekstra maupun proses setelahnya. Tentu air minum menjadi unsur penting agar kamu tidak mengalami berbagai kontraksi atau ketegangan fisik di beberapa kegiatan sehari-hari.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Selain itu, manfaat air putih adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang diketahui, tubuh selalu melakukan ekskresi, yakni mengeluarkan zat atau cairan tidak dibutuhkan. Biasanya bisa dari keringat maupun melalui saluran pembuangan seperti urin.

Tubuh manusia yang kurang cairan akan memiliki beberapa kriteria yang baik di sistem pencernaan seperti warna urin yang kuning, sulitnya buang air, hingga terasa nyeri di beberapa titik.

Bila kurang mengonsumsi air putih maka akan terjadi berbagai bibit penyakit seperti sembelit, perut yang asam, hingga resiko penyakit maag. Bahkan, penyakitnya bisa lebih fatal seperti batu ginjal hingga penyumbatan kandung kemih.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Ada pula manfaat air putih bagi kesehatan kulit, lho. Tubuh manusia yang tetap terhidrasi akan memiliki kontur kulit yang bagus. Proses pembaruan sel juga dapat terkonstruksi ketika regenerasi sel berlangsung baik saat tidur atau saat beristirahat.

Kulit tidak akan kering, rentan maupun terkena gangguan kulit bila minum secara teratur dan cukup. Kerutan yang kamu alami di beberapa bagian kulit juga bisa menjadi salah satu indikasi kurangnya minum air putih.

Baca juga: Ciri Air Mineral yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Kekurangan darah atau penyakit cuci darah biasanya kental dengan gaya hidup yang kurang sehat. Manfaat air putih menjadi hal yang penting agar darah tetap terjaga di tekanan yang stabil dan mendukung daya gerak tubuh manusia secara optimal.

Darah juga akan mengalir lebih cepat ketika ginjal yang menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh dapat bekerja lebih baik karena asupan air yang cukup.

5. Menjaga Asupan Oksigen Dalam Tubuh

Selain menjaga tekanan darah, manfaat minum air putih lainnya ialah menjaga asupan oksigen dalam tubuh Anda. Sebab, darah juga menjadi media pengantar dalam melancarkan kinerja atau gerakan ke seluruh organ tubuh.

Oksigen yang terdapat dalam air serta saluran pernafasan diantarkan melalui darah yang terdiri 90% oleh air. Seluruh oksigen dalam darah dialirkan ke seluruh bagian tubuh dan membuat tubuh manusia sehat sehingga mampu beraktivitas tanpa kendala.

6. Menggantikan cairan yang keluar dari tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa air membentuk sekitar 70% dari tubuh manusia. Hampir semua air yang ada pada tubuh ini memiliki fungsi untuk membuat tubuh dapat bekerja.

Untuk menjaga keseimbangan jumlah air yang ada pada tubuh diperlukan berbagai usaha. Mengingat tubuh Anda memiliki berbagai cara untuk mengeluarkan air dari dalam tubuh.

Mulai dari keluar melalui keringat, melalui buang keluarnya urine, atau bahkan bernapas. Dengan mengonsumsi air putih secara teratur dengan takaran yang direkomendasikan, maka Anda dapat menggantikan cairan yang telah keluar dari dalam tubuh, dan pada akhirnya membuat tubuh bekerja secara lebih optimal

7. Membantu melancarkan peredaran darah

Salah satu manfaat air putih yang tak kalah penting adalah membantu melancarkan peredaran darah. Lebih dari setengah sel darah pada tubuh manusia terdiri dari zat yang disebut plasma.

Zat ini mempunyai fungsi untuk membawa sel-sel darah ke seluruh tubuh Anda dengan berbagai fungsi, mulai dari menjaga tekanan darah yang sehat dan juga menjaga suhu tubuh. Plasma sendiri merupakan zat yang terdiri dari 90% air, sehingga asupan air yang cukup sangat dibutuhkan agar plasma dapat berfungsi secara baik.

Tanpa asupan air yang cukup dapat menyebabkan darah Anda akan menjadi lebih tebal dan lebih terkonsentrasi. Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan karena jantung Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk memompakannya ke seluruh bagian tubuh.

8. Mencegah turunnya tingkat konsentrasi dan fokus

Meningkatkan konsentrasi juga merupakan satu dari sekian banyak manfaat minum air putih. Seperti organ lainnya yang ada pada tubuh, otak juga membutuhkan air. Penelitian menunjukkan jika seseorang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan sel-sel otak bisa menyusut sedikit.

Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi sulit konsentrasi dan butuh waktu lebih lama untuk fokus akan suatu hal. Dengan mengonsumsi air secara cukup, maka tingkat konsentrasi dan fokus Anda pun juga akan terjaga dengan baik.

9. Melindungi tubuh dari penyakit

Manfaat air putih yang tak kalah penting adalah melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Pasalnya, hidrasi yang buruk dapat menjadi faktor penyebab berbagai masalah kesehatan pada organ seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan juga kandung kemih.

Sebaliknya, hidrasi yang baik dapat memperlancar fungsi kerja tubuh seperti ginjal untuk mengeluarkan racun. Seringkali disebutkan bahwa minum banyak air, artinya menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ yang terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang (otot posterior) rongga perut. 

Fungsi dari ginjal sendiri memegang salah satu peranan penting dalam kesehatan tubuh, yaitu memfilterisasi zat-zat buangan (zat yang tidak dibutuhkan tubuh), baik yang berasal dari makanan dan minuman, obat, maupun zat yang dapat memberikan dampak beracun bagi tubuh lainnya.

Baca juga: Kapan Harus Minum Air Putih? Simak Tips Tips Berikut Ini

10. Membantu mengurangi berat badan

Sudah bukan lagi rahasia umum, manfaat air putih ialah bisa membantu mengurangi berat badan. Dengan minum air sebelum makan, akan membuat Anda merasa lebih cepat untuk kenyang. Hal ini akan membuat konsumsi makanan Anda menjadi lebih sedikit dan dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

11. Menjaga Metabolisme Tubuh

Menurut sebuah penelitian, laju metabolisme yang cepat adalah indikator kesehatan yang baik dan minum air mineral dapat meningkatkan laju metabolisme ini. Hal ini dikarenakan manfaat minum air putih dapat mempercepat proses pengaktifan mekanisme yang menyebabkan pembakaran kalori.

12. Menjaga Pelumasan Sendi

Jarang diketahui, salah satu manfaat air putih adalah untuk menjaga pelumasan sendi-sendi. Sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk menjadi bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri.

13. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat air putih dapat mencegah dehidrasi yang berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh (termasuk jantung) dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.

Dengan kata lain, tercukupinya cairan tubuh dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Itulah berbagai manfaat air putih yang patut Anda ketahui. Namun, di samping itu, perlu Anda ketahui juga bahwa semua manfaat air putih tersebut harus didukung dengan kualitas air yang terjaga. Baik dari segi pengolahan, kandungan, hingga segala prosesnya hingga sampai dikonsumsi oleh masyarakat.

Sehingga, pola hidup sehat yang ingin diterapkan menjadi optimal. Setidaknya ada beberapa zat yang terkandung di air putih seperti Magnesium, Kalsium, Kalium, Zinc dan lain sebagainya. AQUA secara konsisten melakukan berbagai penelitian untuk mendapatkan air mineral terbaik dan berkualitas.

Lebih dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Melewati proses panjang untuk uji kualitas, menjadikan AQUA sebagai pilihan terbaik air mineral yang ada di Indonesia.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen.

AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Jadi, kamu sudah minum AQUA hari ini?

Baca juga: Berapa Liter Air yang Harus Diminum Agar Tidak Kekurangan Cairan?

Referensi:

  1. How much water should you drink? - Buka
  2. Manfaat Air Putih untuk Ginjal dan Tubuh Yang Sehat
  3. Top 5 health benefits of drinking water - Buka
  4. Inilah Keunggulan Air Minum dari Sumber Air Pegunungan
  5. Berapa Liter Minum Air Putih Sehari yang Direkomendasikan? - Buka
  6. 11 benefits of drinking water - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.