Hidup SehatKebaikan Air

3 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit

manfaat air putih

Air mempunyai peran yang penting bagi kesehatan tubuh. Mulai dari memperlancar atau membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi, membuang zat sisa metabolisme dari dalam tubuh, dan lainnya[1].

Apabila kurang minum sehingga terjadi dehidrasi, peran air bagi tubuh yang disebutkan di atas akan terganggu, sehingga kerja tubuh menjadi kurang optimal[1].

Namun tahukah Anda bahwa kurangnya konsumsi air juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit?

Sama seperti organ lain dalam tubuh Anda, kulit terdiri dari sel. Sel-sel kulit, sama seperti sel-sel lain dalam tubuh, mayoritas terdiri dari air. Tanpa adanya air, organ-organ pada tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif, sehingga jika tidak terhidrasi baik, dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, kendur, dan juga terkelupas.[3]

Kulit yang kering ini dapat menyebabkan kerentanan terciptanya kerutan dan juga dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit. Oleh karena hal-hal seperti ini, konsumsi air yang cukup dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit.[3]

Nah, yang pertanyaan berikutnya adalah, apa saja manfaat air putih untuk kecantikan kulit? Simak di artikel berikut.

1. Menjaga kadar kelembapan kulit

Air memiliki peran yang penting dalam menjaga kadar kelembapan pada kulit secara optimal karena dapat membantu regenerasi sel-sel kulit.

Air juga melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan membantu menjaga elastisitas kulit. Hal tersebut membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada kulit.

Konsumsi air yang cukup pada tubuh juga dapat membantu melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan tingkat elastisitas kulit Anda.

Hal tersebut bukan hanya membuat kulit terlihat lebih cantik tapi juga dapat menunda munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit yang merupakan tanda-tanda penuaan.

2. Mencegah penyakit kulit

Dengan mengonsumsi air secara rutin dan dalam kadar yang dianjurkan, dapat membantu kulit anda dalam mencegah beberapa hadirnya gangguan penyakit kulit.

Seperti psoriasis, yang merupakan penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit kulit ini biasanya ditandai dengan ruam kemerah-merahan, menebal dan terkelupasnya kulit, terasa keringnya kulit, serta munculnya sisik-sisik.

Tanda lainnya yang biasanya terjadi pada psoriasis juga disertai dengan rasa perih atau gatal pada bagian kulit tertentu.

Ada juga penyakit kulit lainnya seperti eksim. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada kulit.

Biasanya, eksim membuat kulit gatal, merah dan kering, bahkan pecah-pecah dan kasar. Eksim dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih Yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menghilangkan jerawat

Salah satu permasalahan ‘klasik’ dalam urusan merawat kecantikan kulit adalah mengatasi jerawat.

Dengan konsumsi air putih yang cukup, Anda bisa mengurangi kemungkinan munculnya jerawat hingga 70%.

Hal ini disebabkan sifat dari air putih yang dapat memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh, sehingga racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar dengan lebih cepat dan juga lancar.[2]

 

Mengonsumsi air mineral memang dapat membantu menjaga kecantikan kulit. Namun tidak semua air mineral sama. Pastikan Anda memilih AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melalui 400 cek kualitas, sehingga kemurniannya tetap terjaga hingga sampai di tangan Anda, ya.

 

Referensi:

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-air-untuk-kecantikan-kulit/
  3. University of Wisconsin Madison. UWHealth. The Benefits of Drinking Water for Your Skin
  4. http://www.bbc.com/future/story/20120903-is-drinking-water-good-for-skin
  5. http://beautynesia.id/13463