5 Cara diet alami tanpa obat, sehat dan ramping!

Kebaikan AirHidup Sehat | 17 Maret 2022

Bagikan:

5 Cara diet alami tanpa obat, sehat dan ramping!

Diet terkadang bisa menjadi masalah yang serius bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Alih-alih ingin berat badan turun dengan cepat, segala hal dicoba termasuk mengkonsumsi berbagai macam obat dan metode instan yang mungkin dapat membahayakan tubuhnya.

Oleh karena itu, sebagian orang lebih memilih diet alami agar memperoleh berat badan ideal tanpa mengonsumsi obat atau bahan sejenis lainnya. Ketika mendengar kata diet alami, mungkin Anda merasa segan karena takut kelaparan atau bisa memicu sakit maag. Kenyataannya, diet alami bisa memberikan hasil yang memuaskan tanpa kelaparan jika dilakukan dengan benar.

Beberapa Cara Diet Alami Tanpa Harus Membuat Diri Kelaparan

Merasa lapar ketika melakukan diet adalah hal wajar. Maklum saja, tubuh sedang membiasakan diri dengan perubahan jenis makanan dan porsi yang dikonsumsi. Oleh karena itu, lakukan diet secara perlahan dan jadikan sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terbebani ketika menjalankan diet dan tidak merasa lapar berlebihan.

Berikut adalah beberapa cara diet alami yang bisa dilakukan agar Anda tidak terlalu kelaparan menjalaninya.

1. Perbanyak Serat

Mengurangi asupan makanan bukan berarti membiarkan diri kelaparan. Perbanyaklah makanan yang mengandung serat seperti buah, sayur, kacang, dan biji-bijian. Serat diharapkan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama saat diet. Dietary Guidelines for Americans menjelaskan bahwa wanita membutuhkan konsumsi makanan berserat setidaknya 25 g dan pria sampai 38 g [1].

Makanan yang kaya serat akan memberikan rasa kenyang sekaligus memperlancar pencernaan sehingga makanan yang dikonsumsi akan lebih mudah dicerna dan diubah menjadi zat - zat bermanfaat bagi tubuh.

2. Olahraga

Selain memperhatikan asupan makanan. Anda perlu mengimbanginya dengan olahraga. Sering kali kita olahraga dengan perut kosong sehingga terkadang menimbulkan rasa lapar yang tinggi, hal ini bisa memicu nafsu makan Anda untuk makan berlebihan. Sebaiknya, isi perut sebelum olahraga sehingga tidak kehabisan energi.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara rutin meskipun waktunya tidak lama. Studi mengungkapkan kalau waktu terbaik untuk olahraga minimal 25-30 menit per hari untuk mendapatkan berat badan ideal [2].

3. Batasi Kalori Bukan Menghilangkannya

Terkadang, kita ingin mendapatkan hasil yang cepat dengan diet dengan cara ekstrem, atau berolahraga intens dan defisit kalori secara berlebihan. Faktanya, diet yang baik adalah membatasi asupan kalori, bukan menghilangkannya dari diet Anda. Studi yang dilakukan American College of Sports Medicine menyebutkan asupan kalori yang sehat bagi wanita adalah 1.200 kalori per hari, dan bagi pria sebesar 1.800 per hari. Mulailah memperhatikan asupan kalori agar bisa menjaga porsi dengan tepat [3].

4. Perbanyak Protein

Perbanyak asupan protein untuk membuat kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar. Protein memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna jadi bisa dipilih sebagai salah satu cara diet alami. Protein seperti telur, ikan, dan daging adalah pilihan protein yang beragam dan bisa disesuaikan sesuai preferensi Anda. Protein dapat menjaga kadar glukosa di darah dan memberikan lebih banyak energi [3]. Terlebih, makanan tersebut bisa didapatkan dengan mudah baik di pasar ataupun supermarket. Ingat, dimanapun anda membelinya, pastikan untuk selalu taat protokol kesehatan dan dapatkan informasi COVID-19 di daerah tersebut pada aplikasi PeduliLindungi.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Tubuh kita mengandung lebih dari 70% air yang menjaga kelembaban kulit dan memastikan fungsi organ dapat berjalan dengan baik. Ketika berolahraga, kandungan air dalam tubuh juga berkurang. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih setelah berolahraga untuk menghilangkan dahaga dan mengganti air yang hilang.

Anda bahkan bisa cepat kenyang kalau banyak minum sebelum makan atau sesekali minum saat makan. Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih bisa mengatur nafsu makan, mengurangi asupan kalori pada tubuh, dan meningkatkan metabolisme[1].

Meski ada banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya tubuh yang ideal, beberapa cara diet alami diatas bisa jadi pilihan. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi dan jalani pola hidup sehat. Tubuh Anda akan terbiasa dan nantinya diet akan menjadi lebih ringan dilakukan.

Dalam menjalankan diet alami, pastikan tubuh mendapatkan hidrasi yang cukup agar makan yang dikonsumsi dapat dicerna dengan baik dan nutrisi diserap oleh tubuh. Pilih AQUA untuk hidrasi harianmu karena AQUA mengandung berbagai mineral baik yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, selenium, zinc, natrium dan berbagai nutrisi lainnya. AQUA memastikan tiap produknya terjaga kualitasnya melalui proses menggunakan teknologi canggih untuk memastikan kebersihannya dan uji kelayakan sebelum didistribusikan pada konsumen.

Yuk, mulai sesuatu yang sehat dengan cara alami!

 

Sumber

  1. Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet - buka
  2. Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Lapar - buka
  3. 7 Tips Atasi Lapar saat Diet - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.