Kebaikan AirTips Ramadhan

5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Selama Berpuasa di Rumah

hidrasi-untuk-anak

Ramadan tahun ini memang terasa berbeda. Dikarenakan dampak pandemi Covid-19, umat Muslim akan menghabiskan waktu puasa sambil melakukan karantina di rumah masing-masing. Hal ini berarti, aktivitas yang biasa dilakukan bersama-sama seperti ibadah di Masjid, ngabuburit, hingga bukber atau buka puasa bersama menjadi tidak bisa dilakukan.

Meski begitu, bukan berarti keberkahan Ramadan menjadi berkurang. Ada banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah bersama orang-orang terdekat. Yuk simak lima diantaranya berikut ini:

1. Mengatur keuangan dengan rapi.

Berdiam di rumah saja bisa jadi membuat pengeluaran lebih hemat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke luar rumah, atau biaya makan berlebih ketika harus berbuka puasa di luar. Dengan memiliki lebih banyak waktu di rumah, Anda bisa lebih detail dalam mengatur keuangan. Kegiatan ini juga bisa membuat Anda lebih menyadari pengeluaran apa saja yang sebenarnya tidak penting maupun penting.

2. Mencoba memasak resep baru.

Memanfaatkan waktu luang di rumah, Anda juga bisa mencari resep baru di internet atau sumber lainnya, kemudian mencoba memasaknya untuk dijadikan menu berbuka puasa. Selain mengasah kemampuan Anda memasak, kegiatan ini juga bisa menjadi gaya hidup yang sehat, sekaligus dapat menghemat biaya pengeluaran Anda.

Jangan lupa sertakan air mineral berkualitas seperti AQUA untuk menemani makanan apapun yang Anda masak. Minum dua gelas air saat berbuka dapat mengembalikan hidrasi tubuh Anda setelah kurang lebih 13 jam berpuasa. Selengkapnya untuk memenuhi kebutuhan hidrasi Anda dapat mengikuti anjuran pola konsumsi air putih 2-4-2 seperti yang banyak dianjurkan, yakni minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam (setelah tarawih), dan 2 gelas saat sahur.

3. Memperbanyak Ibadah

Memperbaiki kualitas ibadah di bulan suci bagi umat Islam adalah keberkahan tersendiri. Di bulan penuh berkah ini, merupakan kesempatan baik untuk lebih memperdalam ilmu agama. Ditambah lagi di masa pandemi yang memberikan kita waktu yang cukup banyak di rumah, kesempatan mendalami agama dengan keluarga tersayang menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan.

4. Berolahraga.

Jika sebelumnya Anda tidak punya waktu untuk berolahraga, kini Anda bisa memulai kebiasaan tersebut di rumah. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan yang tidak memberatkan Anda selama berpuasa. Anda juga bisa mengikuti panduan dari sumber terpercaya yang tersedia di internet.

Anda juga bisa melakukan olahraga bersama keluarga seperti yoga, peregangan tubuh, atau latihan aerobik. Jangan lupa, kegiatan olahraga ini harus diimbangi dengan terpenuhinya kebutuhan hidrasi agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Pastikan dengan AQUA, air mineral berkualitas yang telah teruji kemurniannya.

5. Menjalin komunikasi jarak jauh dengan orang terdekat.

Walau tidak bisa bertemu secara fisik, Anda tetap bisa menjalin silaturahmi menggunakan teknologi yang ada. Adakan “bukber virtual” menggunakan fitur video call, ingatkan orang-orang terdekat waktu berbuka dan sahur, atau menggalang donasi untuk pihak yang membutuhkan bersama teman-teman. Anda juga bisa mengirimkan kartu ucapan Ramadan dengan desain menarik melalui media sosial melalui KURMA AQUA.

Itulah kelima hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan selama berpuasa di rumah. Mari jaga kemurnian Ramadan baik secara jasmani maupun rohani dengan menebarkan hal-hal positif. Seperti AQUA yang selalu melindungi keseimbangan alam ekosistem sumber air Indonesia sehingga melindungi kekayaan dan kealamian mineralnya, untuk melindungi tubuh Anda.

Referensi

Ayo, Jaga Hidrasi Tubuh Selama Menunaikan Ibadah Puasa!