Hidup SehatKebaikan Air

5 Manfaat Minum Air Putih Yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

tips puasa

Bukan rahasia lagi kalau air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda pasti tidak asing lagi dengan anjuran untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, yakni sebanyak delapan gelas per hari.

Namun sebenarnya apa saja manfaat banyak minum air putih yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh? Simak di artikel berikut.

1. Membantu proses pencernaan

Dengan asupan air putih yang cukup dapat membantu lancarnya saluran pencernaan dalam bekerja, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Air melarutkan mineral, vitamin, glukosa dan zat gizi lainnya agar zat gizi terseut dapat dihantarkan ke seluruh tubuh, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik.

2. Membantu proses penyembuhan ketika sakit

Setiap sel dalam tubuh Anda terdiri dari air. Ketika sedang terjangkit penyakit, sel-sel yang ada dalam tubuh kita akan bekerja secara otomatis untuk melawan bakteri, kuman atau sumber penyakit lainnya.

Dengan konsumsi air putih yang cukup, proses melawan penyakit ini akan berlangsung dengan lebih lancar karena sel-sel dalam tubuh telah mendapatkan asupan air yang lebih banyak sehingga lebih mudah untuk melawan sumber penyakit tersebut. (8)

Sebaliknya, jika tubuh memiliki asupan air yang rendah, bisa-bisa yang terjadi adalah proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama.

Karena beberapa penyakit menyebabkan jumlah cairan di dalam tubuh kian berkurang. Hal ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi tambah buruk dan proses penyembuhan jadi terhambat. (8)

Baca Juga: 5 Hal Yang Bisa Terjadi Akibat Kurang Minum Air Putih

3. Membantu proses metabolisme

Berniat untuk menurunkan berat badan tubuh? Air putih bisa jadi salah satu ‘komponen’ yang dapat mempercepat terjadinya hal tersebut.

Pasalnya, air putih dapat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Peningkatan metabolisme ini dikenal dengan istilah yang disebut resting energy expenditure (REE). REE sendiri merupakan proses di mana tubuh tetap membakar kalori walaupun tubuh sedang tidak beraktivitas fisik.

Dengan metabolisme yang konstan, akan begitu membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini akan jadi begitu bermanfaat bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga karena disibukkan dengan rutinitas. (5)

4. Menjaga kesehatan ibu hamil

Saat mengalami fase hamil, seorang calon ibu perlu untuk mendapatkan asupan air putih lebih banyak daripada orang lain, yakni sekitar 8-9 gelas per harinya.

Air putih juga berguna untuk mencegah ibu hamil dari berbagai gangguan saat hamil, seperti kelelahan atau mual. (3)

Untuk merasakan kebaikan yang ada pada air putih, ada baiknya Anda memilih produk dengan kualitas yang selalu terjaga. Pilihan tepat untuk hal ini adalah AQUA, yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

 

Referensi:

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  2. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  3. https://id.theasianparent.com/manfaat-minum-air-putih-saat-hamil
  4. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water
  5. https://www.alodokter.com/cara-meningkatkan-metabolisme-tubuh-untuk-diet
  6. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/31/082300320/gaya-hidup-untuk-dongkrak-imunitas-tubuh-
  7. http://rri.co.id/post/berita/445051/kesehatan/minum_air_putih_bantu_kuatkan_sistem_kekebalan_tubuh.html
  8. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3748767/minum-air-putih-cara-alami-bantu-turunkan-demam