Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

5 Sarapan Sehat Anti Repot

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Oktober 2020
5 Sarapan Sehat Anti Repot

Kesibukan dan persiapan yang banyak untuk memulai hari seringkali menjadi alasan banyak orang melewatkan sarapan. Padahal, sarapan di pagi hari sangat penting untuk tubuh. Selain menjadi penunjang aktivitas Anda, sarapan pagi juga bermanfaat bagi otak kita.

Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol [1].

Sebagian orang juga menganggap sarapan pagi akan menghabiskan waktu. Berikut merupakan daftar makanan terbaik dan anti repot yang dapat dikonsumsi saat sarapan.

1. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein yang jika dikonsumsi saat sarapan dapat menangkal kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Selain itu, kuning telur juga tinggi akan kandungan vitamin B kolin yang berguna untuk mempertajam ingatan. [2].

2. Kopi

Segelas kopi panas (tanpa gula dan krimer) diketahui mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Zat ini juga dapat menurunkan risiko pengumpulan keterampilan kognitif yang mungkin terjadi. Bahkan, meminum kopi di pagi hari juga dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker [2].

3. Teh

Bagi Anda yang tidak menyukai kopi, Teh dapat menjadi alternatif sumber kafein untuk penyemangat pagi saat sarapan. Sama seperti kopi, teh juga mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan juga efektif sebagai obat anti peradangan [2].

4. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi (sekitar 105 kalori per satu buah pisang berukuran sedang), kaya akan vitamin C, serat, dan potasium. Dengan mengonsumsi pisang pada saat sarapan, Anda akan mendapatkan manfaat berupa efek kenyang yang lebih tahan lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil [2].

5. Oatmeal

Bubur oatmeal merupakan sarapan yang baik karena mengandung serat yang tinggi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Oats yang berasal dari gandum utuh memiliki manfaat menurunkan risiko penyakit seperti hipertensi, kolesterol, hingga diabetes [2].

6. Roti Gandum

Roti gandung dapat menjadi pilihan ideal karena kalorinya lebih rendah dan nutrisinya tidak kalah dengan jenis roti lainnya. Bagian atas roti bisa Anda sajikan sesuai selera [3].

7. Salad buah atau sayur

Salad buah atau salad sayur juga merupakan menu sarapan sehat yang bisa Anda coba. Atur dan pilihlah dressing yang lebih sehat dan rendah kalori seperti minyak zaitun dan perasan lemon. [3].

Bagaimana, mudah bukan? Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari pola hidup sehat. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan juga berat badan Anda.

Selain makanan diatas mengkonsumi air mineral dapat menunjang kesehatan Anda di pagi hari. Minum air mineral secara teratur akan membantu kecukupan mineral dalam tubuh. Untuk itu, pilihlah air mineral yang baik. Salah satunya dengan melihat pemilihan sumber airnya. Air mineral yang berasal dari pegunungan dan terjaga ekosistem alaminya merupakan pilihan yang baik, karena memiliki kandungan mineral alami [4].

Layaknya AQUA, Berbeda dengan merek lain, air mineral AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dijaga secara hati-hati dengan menerapkan 9 kriteria, 5 tahapan seleksi dan 1 tahun penelitian oleh para ahli [5].

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

 

Sumber:
1. https://www.alodokter.com/pilihan-menu-sarapan-sehat-agar-tubuh-berenergi
2. https://www.sehatq.com/artikel/tips-untuk-membuat-sarapan-pagi-lebih-sehat
3. https://doktersehat.com/menu-sarapan-sehat/
4. https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur
5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/