8 Menu Sarapan Sehat di Pagi Hari, Enak dan Bergizi!

Hidup Sehat | 09 Agustus 2022

Bagikan:

8 Menu Sarapan Sehat di Pagi Hari, Enak dan Bergizi!

Beberapa orang kerap melewatkan sarapan pagi karena dianggap menghabiskan waktu. Padahal, mengonsumsi menu sarapan sehat mampu memberikan banyak efek positif bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja seperti meningkatkan konsentrasi, kinerja, menjaga berat badan, hingga mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh [1].

Jadi mulai sekarang, jangan sia-siakan berbagai manfaat sarapan pagi untuk kesehatan ya! Kali ini, AQUA akan memberikan beberapa menu sarapan sehat di pagi hari yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi sehari-hari. Yuk simak sampai habis!

10 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

Saat sarapan pagi sehat, sebaiknya awali dengan #AQUADULU untuk mencukupi kebutuhan air minum harian dan pilihlah menu dengan kandungan nutrisi seimbang guna menunjang aktivitas harian Anda seperti:

1. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein yang jika dikonsumsi saat sarapan pagi dapat menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat. Selain itu, kuning telur juga termasuk salah satu sumber vitamin B kolin terbaik yang berguna untuk mempertajam ingatan [2].

Bahkan lebih dari itu, telur ternyata mengandung 13 vitamin dan mineral penting termasuk asam lemak omega 3 serta antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatan jantung, mata, hingga otak.

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Di mana satu buah berukuran sedangnya mengandung sekitar 105 kalori. Itu artinya, dengan mengonsumsi pisang pada saat sarapan pagi sehat, Anda akan mendapatkan manfaat berupa efek kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Selain itu, pisang mengandung glukosa yang tinggi sehingga membantu memberi energi untuk bekal beraktivitas di pagi hari.

Baca juga: 7 Ide Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Sehat & Rendah Kalori

3. Oatmeal

Bubur oatmeal termasuk menu sarapan sehat karena mengandung serat yang tinggi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Bukan hanya kaya akan karbohidrat dan serat, oat juga mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya.

Oat berasal dari gandum utuh yang mengandung serat unik yaitu beta glucan sehingga mampu membantu mencegah makan berlebihan dan mengurangi kadar kolesterol [5].

4. Roti Gandum

Roti gandum dapat menjadi pilihan menu sarapan sehat ideal karena tinggi nutrisi dan kalorinya yang terbilang cukup rendah. Selain itu, roti gandum utuh juga mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat sehingga mampu membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Salad buah atau sayur

Salad buah atau sayur merupakan menu sarapan sehat selanjutnya yang bisa Anda coba. Hampir semua buah maupun sayur relatif rendah kalori serta mengandung serat dan gula dalam jumlah yang baik. Anda dapat mengonsumsinya dengan pilihan dressing rendah kalori seperti minyak zaitun dan perasan lemon yang tentunya juga lebih sehat.

6. Yoghurt

Bila Anda merasa tak memiliki banyak waktu dan menginginkan menu sarapan sehat di pagi hari yang praktis, makan yoghurt bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya. Pasalnya, yoghurt bukan hanya tinggi protein dan rendah kalori, namun juga kaya akan kandungan probiotik yang dapat membantu mempertahankan kesehatan usus [5].

7. Smoothie

Smoothie adalah minuman kental yang dibuat dari campuran buah-buahan, sayuran, yoghurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga susu. Dilihat dari bahan pembuatannya, tentu tak mengherankan jika smoothie termasuk menu sarapan pagi sehat yang cukup direkomendasikan.

Smoothie juga bisa menjadi alternatif untuk membantu meningkatkan asupan buah dan sayur. Secara lebih lanjut, smoothie mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan esensial yang mampu mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, meningkatkan sistem imun hingga melindungi tubuh dari proses penuaan dini akibat radikal bebas.

Namun perlu diingat, gunakan gula secukupnya saja ke dalam smoothie untuk menjaga kepadatan nutrisinya.

Baca juga: 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

8. Sereal

Menu sarapan sehat terakhir ini juga cocok bagi Anda yang tak ingin repot menyiapkan makanan di pagi hari. Agar lebih sehat, pilihlah sereal dengan kandungan biji-bijian yang lebih rendah gula, lemak, dan garam. Anda juga bisa menyajikan sereal dengan susu, yoghurt, ataupun buah-buahan segar sesuai selera.

Itu dia beberapa rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi. Dari 8 menu di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Selain mulai membiasakan sarapan pagi sehat, awali juga hari Anda dengan #AQUADULU yang mengandung mineral alami dan terjaga kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat beraktivitas!

Referensi:

  1. Breakfast in Human Nutrition: The International Breakfast Research Initiative - Buka
  2. The Health Benefits of Eggs - Buka
  3. Coffee | The Nutrition Source - Buka
  4. The Hidden Health Benefits of Tea - Penn Medicine - Buka
  5. The 12 Best Foods to Eat in the Morning - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.