Kemurnian AQUA

6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

By Kemurnian AQUA | February 7, 2020 No Comments

Tidur merupakan salah satu kegiatan dalam hidup yang perlu untuk dilakukan. Sebab, badan kita juga butuh istirahat setelah seharian disibukkan dengan berbagai aktivitas yang dilakukan. Menurut para ahli, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur sebanyak enam hingga delapan jam per harinya. Sedangkan untuk bayi bisa mencapai 16-18 jam, sedangkan untuk anak sekolah hingga usia remaja ada sembilan hingga sepuluh jam.

Nah, salah satu kebiasaan yang dianjurkan sebelum tidur adalah minum air putih. Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Namun sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari minum air putih sebelum tidur? Temukan jawabannya di artikel yang satu ini.

  • Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda bisa menjadikan kebiasaan minum air putih sebelum tidur sebagai rutinitas yang dilakukan untuk mempercepat tercapainya berat badan yang ideal. Ini disebabkan dengan minum air putih sebelum tidur dapat menghindari atau menghilangkan rasa lapar yang cenderung muncul pada malam hari ketika waktu tidur Anda akan tiba. 

Minum air putih sebelum tidur membuat perut terasa terisi dan pada akhirnya membuat keinginan untuk mengonsumsi makanan atau cemilan yang dapat membuat berat badan naik pun bisa dihindari oleh Anda.

  • Memenuhi kebutuhan cairan yang kurang

Jika pada saat siang hari cairan yang masuk ke tubuh  Anda belum terpenuhi, kebiasaan minum air putih pada malam hari sebelum tidur dapat membantu memenuhi kekosongan cairan tersebut. Cukup dengan minum satu atau dua gelas air putih menjelang waktu tidur, Anda dapat memenuhi kebutuhan air pada tubuh dan juga menghindari terjadinya dehidrasi yang dapat menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Bukan hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh saja, namun minum air putih sebelum tidur di malam hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Berbagai gejala pencernaan dapat dihindari dengan konsumsi air putih sebelum tidur, seperti misalnya penyakit sembelit.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kekurangan asupan air dalam tubuh dapat meningkatkan tingkat stres dan bahkan dapat menyebabkan depresi. Hal ini pastinya dapat mempengaruhi secara negatif jam tidur Anda. 

Dengan minum air, terutama air hangat sebelum tidur, bukan hanya memenuhi asupan air putih di dalam tubuh, tapi juga membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak. Dengan tidur yang nyenyak, maka kualitas tidur pun meningkat. Yang berarti dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena ketika istirahat yang nyaman.

  • Otot dan sendi menjadi lebih rileks

Minum air di malam hari menjaga kadar hormon tubuh agar tetap seimbang. Selain itu, otot dan persendian menjadi lebih rileks dan mengendur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Kita akan terhindar dari kram otot yang bisa mengganggu saat kita tidur.

  • Detoksifikasi

Minum air putih, terutama air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh pada bagian dalam dan membuat keluarnya keringat dari dalam tubuh. Dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh dan sirkulasi darah yang lancar, dapat membantu proses detoksifikasi (menghilangkan racun) dari dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum air putih sebelum tidur. Untuk mendapatkan berbagai manfaat maksimal dari air putih, pilih air dengan mineral alami dari lapisan vulkanik pegunungan terpilih. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-tidur-cukup/

  2. https://www.scout.id/manfaat-banyak-minum-air-putih-sebelum-tidur-2560.html

  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/minum-air-putih-sebelum-tidur/