7 Makanan Penunjang Konsentrasi Anak

Hidup Sehat | 26 November 2020

Bagikan:

7 Makanan Penunjang Konsentrasi Anak

Kemampuan anak berkonsentrasi, mengingat dan kemudian memecahkan masalah, sangat tergantung pada tahapan usia dan bagaimana menstimulasinya agar berkembang maksimal. Pada anak usia 1-2 tahun ia sudah dapat mengarahkan daya pikirannya terhadap suatu benda. Namun, kemampuan konsentrasi pada tahap ini masih tergantung pada daya tariknya dan kemampuan konsentrasinya berkisar 1-3 menit. Untuk anak yang berusia 2-3 tahun kemampuan konsentrasinya semakin meningkat, ditandai dengan kemampuannya menyebut kembali kata yang terdapat pada satu atau dua lagu yang didengarnya. Waktu dalam kemampuan berkonsentrasi pun bertambah menjadi 3-5 menit. Sedangkan untuk anak yang telah berumur 3-4 tahun, kemampuan konsentrasinya semakin membaik. Terlihat dari ia sudah mampu mengingat dan mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan. Kemampuan konsentrasinya berkisar 5-10 menit.

Untuk menambah dan mengasah kemampuan konsentrasi anak, selain menggunakan permainan edukasi Ibu dapat memberikannya makanan yang mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk otak anak. Berikut daftar zat gizi dan makanan yang baik untuk otak anak.

1. DHA (Docosahexaenoic Acid)

Zat yang merupakan bentuk turunan dari asam lemak omega 3 dan merupakan komponen utama dalam pembentukan otak. Kebutuhan DHA untuk anak adalah 20 mg/kg berat badan. Anda dapat menemukan zat ini dari beberapa jenis ikan yang mengandung lemak seperti, ikan salmon, sarden dan ikan kembung atau Anda bisa mendapatkannya pada bayam dan susu.

2. LA (Linoleic Acid) dan ALA (Alpha Linolenic Acid)

Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3. Zat-zat ini merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu tubuh membentuk asam amino, pengantar saraf di dalam otak, dan membantu mencegah rusaknya membran sel di dalam otak. Untuk mendapatkan sumber LA Anda dapat menemukannya pada minyak nabati. Sedangkan ALA bisa ditemukan di daun-daunan, minyak biji-bijian, dan minyak ikan (terutama ikan yang hidup di perairan dalam dan dingin).

3. Kolin

Zat yang dapat disebut juga dengan lesitin ini merupakan zat gizi penting untuk meningkatkan fungsi memori otak dan berperan dalam pembentukan membran sel untuk penyampaian sinyal di dalam sistem saraf. Fungsi kolin meningkatkan ukuran dan jumlah neuron (sel otak) yang membuat anak-anak lebih mudah belajar dan membantunya mempertahankan apa yang ia pelajari. Makanan yang banyak mengandung zat tersebut adalah susu, telur, hati, kacang kedelai, havermout, kembang kol, kol dan kacang tanah.

4. Zat Besi

Membantu anak untuk terus berenergi dan berkonsentrasi saat belajar atau bermain merupakan manfaat dari zat ini. Kekurangan zat besi ini bisa berdampak negatif terhadap otak, terutama terhadap fungsi sistem neurotransmiter atau pengantar saraf. Akibatnya, daya konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar bisa terganggu. Daging sapi, ayam, sayuran dan serealia adalah contoh makanan yang mengandung zat tersebut.

5. Seng

Untuk memelihara daya ingat anak ketika belajar dan bermain merupakan kelebihan dari zat gizi ini. Temukan zat berikut pada daging, hati, kerang, telur, serealia dan kacang-kacangan.

6. Yodium

Apakah Anda tahu bahwa jumlah yodium di dalam tubuh sangat sedikit, yaitu kurang lebih 0,00004% dari berat badan anak. Sedangkan kebutuhan hariannya sekitar 90-120 mcg.

Kekurangan yodium bisa menyebabkan menurunnya kemampuan belajar anak. Maka karena itu berikanlah anak Anda ikan, udang dan kerang untuk menambah kandungan yodium dalam tubuhnya.

7. Vitamin B6 dan B12

Manfaat dari vitamin B6 adalah dapat membantu meningkatkan memori dan kemampuan otak dalam memproses informasi pada tingkat yang lebih cepat. Sedangkan vitamin B12 terbukti dapat memperbaiki serat saraf otak dan menjaga kadar homocysteine dalam darah pada tingkat yang sehat.

Ikan tuna dan telur merupakan makanan sumber dari vitamin B6 sedangkan daging sapi, hati dan kerang mengandung vitamin B12.

Selain zat-zat gizi diatas, beberapa riset menunjukkan mengonsumi air juga bermanfaat untuk kemampuan konsentrasi dan daya ingat anak. Faktanya, terdapat sekitar 73% komposisi air pada bagian otak dan air merupakan komponen penting dalam pembentukan darah yang menyampaikan oksigen dan nutrisi penting lainnya pada otak.

Maka dari penting bagi kita untuk mencukup kebutuhan minum harian anak. Beberapa orang tua mungkin kesulitan untuk membuat anak minum cukup air karena anak merasa bosan atau tidak tertarik. Mengerti dengan situasi tersebut maka AQUA menghadirkan AQUA kids yaitu AQUA dengan kemasan menarik bagi anak-anak sehingga mendorong anak minum lebih bnyak air. Saat ini AQUA Kids hadir dalam dua varian yaitu 330 ml dan 450 ml, kemasan 450ml dilengkapi dengan tutup botol sport cap sehingga mudah dipegang, mudah dibuka dan tidak mudah tumpah. Sumber air AQUA juga terlindungi, sehingga kealamian mineralnya terjaga.

Yuk, dukung si kecil dengan memberikan AQUA Kids setiap hari!

Referensi:

  1. Latih Konsentrasi Anak - buka
  2. 7 Makanan Super untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak - buka
  3.  3 Fakta Tentang Pentingnya Air Mineral untuk Kesehatan Anak

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .