Apa Penyebab Cuaca Tidak Menentu? Simak Tips Menghadapinya

Hidup Sehat | 13 Juni 2022

Bagikan:

Apa Penyebab Cuaca Tidak Menentu? Simak Tips Menghadapinya

Apakah Anda merasakan bahwa cuaca beberapa waktu terakhir terus berubah-ubah dan sangat tidak menentu? Ya, cuaca hari ini bisa saja panas terik yang begitu menyengat lalu tiba-tiba berganti menjadi hujan deras disertai angin kencang. Kondisi tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang, apa penyebab cuaca tidak menentu semacam ini?

Hal tersebut cukup penting Anda ketahui, sebab perubahan cuaca yang terjadi dengan cepat dan ekstrem nyatanya memiliki dampak tersendiri bagi tubuh, salah satunya membuat Anda rentan terserang penyakit. Sehingga, Anda dianjurkan selalu menjaga kesehatan diri sebaik mungkin.

Untuk selengkapnya, yuk simak mengenai apa penyebab cuaca tidak menentu beserta tips-tips menghadapinya yang bisa Anda terapkan di bawah ini!

Apa Penyebab Cuaca Tidak Menentu?

Cuaca panas di siang hari lalu tiba-tiba turun hujan dalam beberapa saat mungkin membuat Anda terus bertanya-tanya apa penyebab cuaca tidak menentu ini. Secara umum, perubahan cuaca tidak menentu artinya wilayah Indonesia sedang dalam masa peralihan musim atau biasa lebih dikenal dengan sebutan pancaroba.

Lebih jelasnya, pancaroba adalah suatu masa peralihan di mana satu musim akan berganti ke musim lainnya. Misalkan, masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, dan juga sebaliknya. Di Indonesia sendiri, musim kemarau umumnya berlangsung pada bulan Juni sampai Agustus, sementara musim hujan pada Desember hingga Februari. 

Kondisi inilah yang kerap menjadi alasan kenapa cuaca tidak menentu dan terus berubah-ubah secara ekstrem.

Lalu, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Tidak Menentu?

Nah kini Anda sudah mengetahui apa penyebab cuaca tidak menentu, yaitu karena musim pancaroba. Namun, Tahukah Anda, musim pancaroba ternyata memiliki keterkaitan dengan kondisi kesehatan, di mana tubuh Anda akan cenderung rentan terserang penyakit.

Mengapa? Well, ketika terjadi peralihan suhu yang ekstrem, virus akan lebih mudah menyerang. Terutama pada suhu dingin, virus pun lebih cepat berkembang lantaran kinerja sistem imun juga terkena dampak [1].

Pasalnya, saat Anda terpapar suhu dingin, pembuluh darah akan menyempit guna mempertahankan panas di dalam organ-organ tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh pun terkena dampak hingga menjadi kurang optimal dalam memberikan perlindungan dari serangan virus.

Baca juga: Penyebab Cuaca Panas Belakangan Ini, Pastikan Tetap Terhidrasi!

Adapun jenis-jenis penyakit yang umum terjadi ketika musim pancaroba tiba di antaranya yaitu batuk, pilek, sakit kepala, nyeri sendi, serangan asma, hingga demam berdarah. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh saat cuaca tidak menentu? Berikut beberapa tipsnya yang bisa Anda coba.

1. Selalu Bawa Jaket atau Jas Hujan

Anda sebaiknya selalu membawa jaket ataupun jas hujan kemanapun Anda pergi meskipun langit tidak mendung. Seperti disinggung sebelumnya terkait apa penyebab cuaca tidak menentu, kondisi tersebut biasanya ditandai dengan perubahan cuaca secara ekstrem dalam satu hari.

Bisa saja saat Anda keluar rumah di pagi hari keadaannya masih cerah, namun selang beberapa waktu mungkin akan tiba-tiba turun hujan deras. Nah, sebagai antisipasi, Anda bisa pastikan untuk selalu membawa jaket dan jas hujan kapanpun dan di manapun agar tubuh Anda dapat tetap terlindungi dari suhu dingin.

2. Penuhi Asupan Nutrisi Harian

Cara lain menjaga kesehatan ketika cuaca tidak menentu adalah memastikan kebutuhan nutrisi harian Anda selalu terpenuhi. Hal ini cukup penting mengingat asupan gizi yang baik dan cukup memegang peranan besar dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh [1]. Terutama makanan yang kaya akan antioksidan, protein, dan juga prebiotik. Dengan demikian, tubuh Anda pun akan jauh lebih kebal dan mampu melawan serangan penyakit.

3. Konsumsi Vitamin

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai vitamin sebagai upaya menjaga kesehatan. Secara umum, segala jenis vitamin sama-sama penting bagi tubuh, namun apabila tujuannya ialah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka Anda sebaiknya memilih Vitamin C [1].

Dengan memenuhi asupan vitamin C, tubuh Anda akan membentuk sistem imunitas lebih kuat sehingga dapat secara optimal menangkal penyakit masuk ke dalam tubuh. Selain dari suplemen, Anda sebetulnya bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti brokoli, pepaya, jeruk, mangga, dan lain-lain.

Tak hanya itu, vitamin D juga merupakan salah satu asupan nutrisi yang sebaiknya Anda perhatikan di kala musim pancaroba. Apalagi ketika cuaca kerap hujan deras, Anda akan cenderung lebih sering berada dalam rumah dan tak memperoleh vitamin D dari sinar matahari.

Padahal, vitamin D juga memegang peran dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

4. Rutin Berolahraga

Saat cuaca tak menentu, mungkin Anda akan menjadi malas untuk beraktivitas dan hanya ingin berdiam diri di dalam rumah, apalagi saat suhu udara sangat dingin. Anda pun akhirnya kerap melewatkan rutinitas olahraga. Padahal, olahraga merupakan salah satu bagian penting dari pola hidup sehat untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

Perubahan cuaca yang terus terjadi sebetulnya bukanlah alasan, sebab Anda tetap bisa melakukan olahraga di rumah, seperti push up, jumping jacks, plank, dan lain sebagainya.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Last but not least, Anda juga dianjurkan untuk selalu cukup minum air putih atau setidaknya sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter dalam sehari, terutama pada musim pancaroba. Ya, asupan cairan yang terpenuhi merupakan salah satu kunci kebugaran dan kekebalan tubuh, sehingga Anda pun dapat meminimalisir risiko serangan penyakit.

Selain itu, minum air putih dalam jumlah cukup juga memberikan manfaat besar terhadap tubuh Anda. Pasalnya, cairan berperan memastikan setiap fungsi dan sistem organ dalam seperti otak, jantung, dan otot bisa bekerja dengan baik. Bahkan, cairan juga berguna mendorong metabolisme dan membawa nutrisi ke sel-sel lainnya [2].

Sayangnya, ketika musim pancaroba, kebutuhan cairan tubuh kerap terabaikan dan akhirnya menyebabkan dehidrasi. Sebab, suhu dingin akibat hujan deras cenderung membuat Anda tidak merasa haus. Apalagi cuaca semacam itu menjadikan Anda kurang bergerak atau beraktivitas fisik.

Baca juga: 13 Vitamin untuk Tubuh Agar Tetap Fit dan Dukung Imun Kuat

Di sisi lain, cuaca panas akan memicu tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat sebagai upaya penyesuaian terhadap lingkungan di sekitarnya. Akibatnya, Anda pun menjadi kehilangan banyak cairan dan bila dibiarkan bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi tersebut berisiko menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan.

Untuk mengatasi persoalan ini, Anda bisa mulai menyediakan #AQUADULU di rumah, dan saat Anda bepergian. Anda juga dapat membuat jadwal minum air putih setiap hari agar tidak lupa mencukupi asupan cairan tubuh.

AQUA sendiri merupakan air mineral berkualitas yang berasal dari sumber air pegunungan pilihan dan tentunya mengandung mineral alami. Bahkan, hanya AQUA yang melindungi mata air beserta lingkungan di sekitarnya agar kemurniannya tetap terjaga. Dengan demikian, manfaat air AQUA pun selalu optimal.

Itu dia ulasan mengenai apa penyebab cuaca tidak menentu beserta tips-tips menjaga kesehatan yang patut Anda ketahui. Di samping memastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi, Anda juga sebaiknya memperhatikan kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan atau menutup mulut ketika bersin dan batuk. Hal ini ditujukan untuk mencegah penularan. Semoga bermanfaat, ya!

Referensi:

  1. Berbagai Penyakit yang Rentan Muncul di Musim Pancaroba - Buka
  2. Minum Air Mineral Berkualitas Untuk Jaga Kesehatan Pada Musim Pancaroba

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.