Hidup Sehat

Apa yang Terjadi pada Tubuh Bila Dehidrasi?

By Hidup Sehat | January 31, 2019 No Comments
apa-yang-terjadi-pada-tubuh-bila-dehidrasi_42__DSC6393

Jangan sepelekan dehidrasi. Kondisi ini bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Air merupakan substansi penting yang sangat berharga bagi manusia. Bahkan, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Karena itu, kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Berikut di antaranya:

Kram otot

Kekurangan air dapat menyebabkan Anda terkena dehidrasi. Dehidrasi ini dapat memicu terjadinya kram otot. Kram otot dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit, dan tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kulit kering

Kulit pun dapat terkena dampaknya jika Anda kekurangan air. Kulit akan menjadi kering, dan dapat membuat kerutan rentan terjadi.

Mudah lelah

Anda mudah lelah dan sering merasa kurang berenergi? Bisa jadi penyebabnya karena kurang minum air putih. Jadi, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga stamina Anda.

Susah BAB

Feses yang keras merupakan gejala dari konstipasi atau susah BAB. Susah BAB bisa jadi disebabkan oleh kurangnya cairan.

Mulut kering

Kurangnya cairan dapat menurunkan produksi saliva dan menyebabkan mulut serta tenggorokan kering.

Obesitas

Ketika Anda merasa lapar, bisa jadi ternyata Anda tidak betul-betul lapar tetapi haus. Hal ini tentu akan membuat Anda makan berlebihan. Akibatnya apalagi kalau bukan obesitas?

Pusing berputar

Dehidrasi dapat menyebabkan Anda merasakan pusing berputar. Bahkan pada beberapa orang, rasa pusing berputar tersebut akan terasa seperti mau pingsan.

Ternyata, banyak sekali dampak kesehatan yang bisa terjadi jika Anda dehidrasi. Karena itu, jadikan minum air putih sebagai kebiasaan. Usahakan untuk selalu minum air putih minimal 2 liter setiap harinya.

[RS/RH]