7 Dampak Dehidrasi pada Tubuh yang Patut Anda Perhatikan!

Hidup Sehat | 10 April 2022

Bagikan:

7 Dampak Dehidrasi pada Tubuh yang Patut Anda Perhatikan!

Dehidrasi adalah kondisi yang sebaiknya tidak Anda sepelekan. Pasalnya, terdapat begitu banyak dampak dehidrasi terhadap tubuh. Adapun salah satu bahaya dehidrasi adalah menimbulkan masalah kesehatan, seperti susah BAB atau sembelit.

Tak dapat dipungkiri, air merupakan substansi penting yang sangat berharga bagi manusia. Bahkan, tubuh manusia terdiri dari 60% air. Sehingga, ketika kebutuhan cairan tersebut tidak terpenuhi, maka akan timbul berbagai gangguan pada tubuh.

Oleh karenanya, penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tersebut tetap tercukupi, salah satunya dengan selalu menyediakan #AQUADULU di rumah. Ya, dengan menerapkan kebiasaan minum air putih rutin setidaknya 8 gelas sehari, Anda dapat menghindari terjadinya dehidrasi.

Namun, sebetulnya tahukah Anda apa saja dampak dehidrasi bagi tubuh? Untuk lebih jelas, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Akibat Dehidrasi Bagi Tubuh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, air merupakan substansi paling utama dalam setiap tubuh manusia. Maka dari itu, kekurangan air atau dehidrasi dapat mengakibatkan berbagai hal pada tubuh, di antaranya seperti:

1. Urine Berwarna Lebih Gelap

Salah satu akibat dehidrasi adalah menjadikan urine Anda berwarna lebih gelap dari biasanya. Kondisi terjadi akibat kurangnya cairan dalam tubuh, sehingga ginjal harus berupaya keras meminimalisir pengeluaran air dengan cara menghentikan produksi urine. Hal ini mengakibatkan urine menjadi lebih gelap atau berwarna kuning pekat.

2. Kulit Kering dan Tidak Elastis

Akibat dehidrasi lainnya ialah menjadikan kulit Anda lebih kering dan kurang elastis. Ya, kulit pun dapat terkena dampaknya jika Anda kekurangan air. Bahkan, kulit kering pada akhirnya juga dapat membuat kerutan rentan terjadi.

Baca juga: Gejala dan Bahaya Dehidrasi yang Wajib Anda Waspadai

3. Mulut Kering

Selain kulit, mulut juga akan menjadi kering jika Anda mengalami dehidrasi. Pasalnya, kekurangan cairan tubuh dapat menurunkan produksi saliva hingga akhirnya menyebabkan mulut serta tenggorokan kering.

4. Mudah lelah

Anda mudah lelah dan sering merasa kurang berenergi? Bisa jadi penyebabnya karena kurang minum air putih. Kondisi ini terjadi lantaran dehidrasi juga akan mempengaruhi kinerja otak Anda.

Otak sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan cairan dalam jumlah banyak. Sehingga, ketika dehidrasi, fungsi tubuh dan otak tidak mampu bekerja maksimal karena tidak cukupnya pasokan energi. Jadi, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga stamina Anda.

5. Susah BAB atau Sembelit

Dampak dehidrasi berikutnya adalah sembelit atau susah BAB dimana biasanya ditandai dengan tekstur feses yang keras. Hal ini tentunya diakibatkan oleh kurangnya cairan karena dehidrasi.

6. Pusing Berputar

Selanjutnya, akibat dehidrasi adalah Anda akan merasakan pusing berputar. Bahkan pada beberapa orang, rasa pusing berputar tersebut akan terasa seperti melayang dan mau pingsan.

7. Jantung Berdebar

Akibat dehidrasi yang terakhir ialah membuat jantung Anda terasa berdebar-debar. Sebab, saat dehidrasi, akan terjadi perubahan kadar elektrolit dalam tubuh dan memicu jantung berdebar.

Baca juga: Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Efektif

Itulah berbagai akibat dehidrasi terhadap kesehatan tubuh. Melihat ada banyaknya dampak dan gangguan yang ditimbulkan, pastikan Anda selalu minum air putih dengan cukup setiap harinya.

Bukan cuma sekedar memenuhi kebutuhan cairan semata, terdapat begitu banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh dan kulit yang bisa Anda dapatkan. Maka dari itu, yuk jadikan minum air sebagai kebiasaan demi tubuh sehat dan bugar!

Referensi:

  1. Bukan Hanya Lemas, Ini 6 Dampak Dehidrasi bagi Tubuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.