Sehat AQUA

AQUA Kembali Raih “Halal Award – Halal Top Brand 2019” dari LPPOM MUI

By Sehat AQUA | December 5, 2019 No Comments

AQUA kembali dianugerahi penghargaan “Halal Award – Halal Top Brand 2019” dalam kategori Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diperoleh.

Sebelumnya AQUA sudah pernah memperolehnya pada tahun 2016 dan 2018. Hal tersebut menunjukkan komitmen tinggi AQUA dalam memberi jaminan halal yang dibutuhkan konsumen.

“Senantiasa menjaga jaminan kehalalan produk merupakan komitmen kami untuk mempertahankan kualitas produk demi menjaga kepercayaan konsumen. Melalui jaminan halal, kami dapat terus menawarkan hidrasi sehat bagi seluruh keluarga Indonesia,” kata Regulatory Affairs Director Danone Indonesia, Prima Sehanputri.

Pemberian penghargaan dilakukan pada Jumat (15/11/2019) dalam acara Indonesia Halal Expo di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta. Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si, memberikan secara langsung kepada AQUA.

Halal Award merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh LPPOM MUI kepada pemangku kepentingan yang berkiprah dalam pertumbuhan dan peningkatan industri halal di Indonesia. Penganugerahan diharapkan dapat meningkatkan peran serta pelaku industri halal dalam melakukan sosialisasi, promosi, dan edukasi seputar halal.

Khusus pada tahun 2019, Halal Award diberikan kepada merek halal terbaik, iklan halal terbaik, produk pendatang baru terbaik, dan UKM halal terbaik. Dalam perhelatan, AQUA meraih kategori Halal Top Brand.

Penghargaan diperoleh berdasarkan hasil survei terkait kehalalan suatu merek kepada hampir 22.000 responden. Bukan itu saja, intensitas sosialisasi halal yang dilakukan di berbagai media baik bersama LPPOM MUI maupun secara independen juga menjadi tolak ukur.

Terkait hal tersebut, AQUA mendapat penilaian tertinggi. Pencapaian itu tidak mengherankan karena komitmen halal telah menjadi bagian operasional AQUA.

Dikatakan oleh Prima, AQUA selalu menjaga kehalalan produk sesuai dengan standar mutu halal, keamanan, dan lingkungan. Bahan baku, proses produksi, pengiriman hingga sampai ke tangan konsumen juga dijaga dengan cermat.

Selain itu, AQUA juga konsisten mengedukasi konsumen tentang produk yang halal “Kami selalu mendukung kampanye mengenai halal yang dilakukan LPPOM MUI,” tambah Prima.

Selain menjamin kehalalan produk, AQUA juga melakukan pengawasan terhadap pemenuhan standar kualitas sesuai dengan standar keamanan pangan dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Terkait hal ini, AQUA telah memenuhi standar ISO 9001, ISO 14001, dan FSSC 22000.

OPERASIONAL BERTANGGUNG JAWAB

Danone-AQUA merupakan pelopor AMDK dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai merek asli Indonesia, selama lebih dari 46 tahun, Danone-AQUA menyebarkan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat dan menjaga keberlanjutan alam.

Operasional perusahaan dijalankan dengan visi “One Planet, One Health”. Danone-AQUA percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan dari gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Untuk mewujudkannya, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari. Kegiatannya terdiri dari perlindungan sumber daya air, pengurangan C02, optimalisasi kemasan, pengumpulan sampah kemasan, serta distribusi produk secara berkelanjutan.

Bukan itu saja, pada 1993, Danone-AQUA juga memprakarsai program daur ulang pertama, AQUA Peduli. Akhirnya kegiatan tersebut menjadi langkah awal menuju model pengemasan yang lebih sirkular. Saat ini, 12 ribu ton plastik dapat dikumpulkan setiap tahun lewat 6 Unit Bisnis Daur Ulang berbeda di Indonesia.

AQUA juga meluncurkan gerakan #BijakBerplastik pada 2018 untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Di dalamnya mencakup kegiatan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi konsumen, dan inovasi kemasan produk. Salah satu hasil nyatanya ialah inovasi kemasan AQUA LIFE yang merupakan botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100 persen plastik daur ulang.

Tidak mengherankan Danone-AQUA mampu meraih sertifikasi B-Corp. Mereka menjadi perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang menetapkan standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi, dan akuntabilitas.