Bijak Berplastik

AQUA LIFE: Perwujudan Inovasi Kemasan Botol Daur Ulang Dari AQUA

Botol_AQUALIFE

AQUA berkomitmen untuk mengatasi masalah sampah plastik yang sedemikian kompleks. Sebagai perwujudan dari komitmen tersebut, AQUA meluncurkan AQUA LIFE, sebuah inovasi kemasan botol dari 100% bahan daur ulang dan dapat didaur ulang (1).

Diluncurkan di Bali pada akhir tahun 2018, AQUA bertekad untuk menjadi perusahaan yang menghasilkan produk yang 100% sirkuler. Sehingga ke depannya AQUA akan memperluas daerah penyebaran AQUA LIFE. Terbukti dengan diluncurkannya AQUA LIFE di Jakarta pada pertengahan tahun 2019. 

Ini menjadi penanda bahwa AQUA benar-benar mewujudkan komitmennya. Perlu diketahui, pada 2025, AQUA berkomitmen untuk menggunakan 100% bahan daur ulang, bahan yang dipakai ulang dan atau bahan kemasan yang terurai dalam tanah. Lalu, saat ini kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang sampai dengan 25%. Hal itu akan ditingkatkan menjadi rata-rata 50% pada tahun 2025 (2).

Meski merupakan hasil inovasi kemasan botol daur ulang, AQUA LIFE sangat aman untuk dikonsumsi. Kemasannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BPOM, Halal, SNI dan FSSC 22000. Dengan demikian, kualitas AQUA LIFE sama seperti botol dengan menggunakan virgin PET atau PET baru (2).

Proses pembuatan yang menggunakan teknologi dan standar tinggi oleh AQUA memungkinkan itu terjadi. Sebelumnya pemahaman tentang botol hasil daur ulang perlu diluruskan. 

Sebagai inovasi kemasan botol daur ulang, AQUA LIFE bukanlah kemasan dari sampah botol plastik bekas yang dipakai kembali.  AQUA LIFE terbuat dari botol plastik bekas AQUA maupun merek lain yang telah diproses ulang. 

Botol-botol tersebut dipilah, dibersihkan, dicacah untuk kemudian diolah dengan memakai teknologi tinggi untuk menjadi material pellet atau daur ulang Polyethylene Terephthalate (PET). Materi inilah yang menjadi bahan baku dengan nama AQUA 100% Recycled (2).

Oleh karenanya, AQUA LIFE memiliki kualitas yang sama dengan produk yang memakai materi baru. Standar keamanannya tinggi dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

PROSES PEMBUATAN

AQUA LIFE menjadi inovasi kemasan botol daur ulang terdepan dari AQUA bukan tanpa alasan. Proses pembuatannya spesial karena memerlihatkan karakteristik produk yang sirkuler.

Pertama-tama, botol plastik bekas pakai berbagai merek dikumpulkan oleh pemulung, bank sampah, atau drop box terlebih dulu. Sesudah terkumpul, semuanya dikirim ke Recycle Business Unit (RBU) yang bekerja sama dengan AQUA (2)

Di sana botol bekas lalu diseleksi. Botol yang layak untuk didaur ulang akan dipisahkan. Sedangkan atribut yang tidak terbuat dari PET seperti tutup botol dan label dilepaskan (2)

Setelah itu, botol PET akan dimasukkan ke dalam mesin pencacah agar menjadi potongan plastik kecil. Potongan tersebut kemudian dibersihkan dengan air dan dikeringkan. Sesudahnya  dibawa ke pabrik daur ulang plastik mitra AQUA untuk dibentuk kembali menjadi resin rPET (Recycle PET). Nanti resin rPET ini diolah menjadi bahan baku botol yang disebut dengan preform. Preform inilah yang dibawa ke pabrik AQUA dan diproses menjadi botol baru (2).

PET dipilih oleh AQUA karena keamanan dan kualitas produk dijamin aman hingga ke tangan konsumen. Selain itu, PET meminimalkan dampak terhadap lingkungan. PET diketahui mampu menghemat emisi karbon hingga 75% dibandingkan menggunakan PET baru. Lalu, daur ulang PET bisa memangkas ketergantungan pada bahan baku fosil (2)

PET juga mampu membantu mendorong ekonomi sirkuler. Bahan plastik akan berada pada lingkup industri dan tidak mencemari lingkungan. Nanti itu bisa diolah sembari memberikan penghasilan kepada pelaku industri daur ulang.

Untuk itu, AQUA LIFE layak disambut dengan baik. Kehadirannya menjadi tonggak awal inovasi kemasan botol daur ulang di Indonesia yang dipelopori oleh AQUA.

Referensi:

https://www.sehataqua.co.id/aqualife/

https://www.sehataqua.co.id/aqualife-faq/