Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

AQUA Mengatasi Sampah Plastik Dengan Daur Ulang Botol Plastik

Kebaikan AirBijak Berplastik | 12 Agustus 2020
AQUA Mengatasi Sampah Plastik Dengan Daur Ulang Botol Plastik

Permasalahan sampah plastik muncul tidak lepas dari pemanfaatannya yang massal. Sesuai data yang dipaparkan oleh National Geographic, terdapat kenaikan besar penggunaan plastik dari waktu ke waktu. Dampaknya produksi plastik dunia per tahun meningkat hampir 200 kali lipat sejak tahun 1950. Pada tahun 2015 tercatat jumlahnya sudah mencapai 7,8 miliar ton.

Untuk mengatasi masalah ini, setiap pihak, baik dari segi pemakai dan produsen, harus bekerja sama untuk mengatasinya. Masing-masing memiliki peran tersendiri untuk menjadi bagian dari solusi. Salah satunya dicontohkan oleh AQUA, yang melakukan daur ulang botol plastik.

AQUA gencar melakukan pemanfaatan ulang botol plastik bekas. Untuk melakukannya, AQUA mendirikan Recycle Business Unit (RBU) untuk mengelola sampah botol plastik.

Saat ini, AQUA sudah memiliki enam RBU yang ada di Tangerang Selatan, Bandung, Bali, dan Lombok. Fasilitas tersebut memungkinkan AQUA mengumpulkan 12.000 ton sampah kemasan plastik setiap tahun.

Berkat RBU ini, daur ulang botol plastik bisa dilakukan. Bahkan, pada awal 2019, AQUA berhasil menghasilkan sebuah kemasan yang inovatif, yakni AQUA LIFE. AQUA LIFE merupakan botol plastik pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% bahan daur ulang dan dapat didaur ulang kembali.

KOMITMEN AQUA

Saat ini, AQUA LIFE sudah bisa didapatkan di Bali dan Jakarta. Namun, ke depannya, penyebaran produknya akan diperluas. Hal ini sejalan dengan komitmen AQUA untuk aktif mendukung upaya penanggulangan masalah sampah plastik.

Untuk mewujudkannya, AQUA tidak hanya mendaur ulang sampah plastik menjadi kemasan baru. Bekerja sama dengan berbagai pihak, AQUA mencontohkan bahwa sampah botol plastik bisa dimanfaatkan ulang menjadi produk yang berharga.

Contohnya yang dilakukan dengan H&M Indonesia. Bersama H&M Indonesia, AQUA menggelar program #Bottle2Fashion yang menunjukkan bahwa sampah botol plastik bisa dijadikan bahan pakaian yang indah. Lalu, bersama-sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, AQUA melakukan pembuatan geotekstil.

Itu hanya sebagian contoh yang telah AQUA lakukan. Masih banyak program daur ulang botol plastik yang dijalankan oleh AQUA. AQUA melakukannya untuk mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% pada tahun 2025. Selain itu, AQUA juga mempunyai target untuk mengambil kembali lebih banyak sampah kemasan plastik dari yang dihasilkan pada tahun 2025.

AQUA sudah memberi contoh. Namun, setiap orang sebenarnya juga bisa ambil bagian. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah permasalahan sampah plastik.

Tidak perlu langsung besar, memulainya dengan menjalankan 3R dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat bermanfaat. Kumpulkan sampah botol plastik yang Anda miliki, lalu berikan ke pemulung atau bank sampah terdekat.
Anda juga bisa memanfaatkan sampah botol plastik bekas yang ada mengubahnya menjadi aneka barang yang menarik, seperti pot tanaman, lampu hias, wadah serbaguna, dan ecobrick.

Setiap orang bisa memiliki berbagai cara lain untuk ambil bagian dalam #BijakBerplastik. Contoh mudah, ketika ingin menjaga hidrasi tubuh tetap baik dengan air mineral berkualitas, kamu bisa memilih produk yang ramah lingkungan seperti AQUA Life. Produk ini adalah inovasi botol mineral pertama di Indonesia yang berasal 100% hasil daur ulang serta 100% dapat didaur ulang. Dengan mengkonsumsi AQUA Life, berarti ikut mendukung pengelolaan sampah plastik yang baik sehingga lingkungan tetap terjaga.

Referensi:

  1. https://nationalgeographic.grid.id/read/131658059/dukung-bumi-yang-lebih-baik-aqua-produksi-botol-kemasan-100-daur-ulang?page=all
    Danone-AQUA
  2. https://aqua.co.id/corporate/public/komitmen-aqua-dalam-pengelolaan-sampah-kemasan-plastik
  3. https://www.sehataqua.co.id/aqualife/
  4. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190629152559-284-407602/cara-kreatif-memanfaatkan-sampah-botol-plastik
  5. https://bijakberplastik.aqua.co.id/id/activity/view/pengumpulan