Bijak Berplastik

AQUA Menggelar Peragaan Produk Fashion Berkelanjutan di JFW 2020

Berkolaborasi dengan desainer ternama fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama “It’s in Your Hand Collective”, Danone-AQUA menggelar peragaan produk fashion berkelanjutan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Melalui ajang yang bergulir pada 22-28 Oktober 2019 ini, Danone-AQUA memperlihatkan dukungan terhadap produk-produk yang dibuat secara bertanggung jawab.

Peragaan busana dilakukan Jumat (25/10/2019). Acara  dibuka dan dirangkai dengan pertunjukan musikal oleh Jakarta Movement of Inspiration (JKTMoveIn). Komunitas seni pertunjukan terbesar di Jakarta ini memiliki misi untuk memberdayakan pemuda serta mengomunikasikan kebaikan dan hal-hal positif kepada publik melalui pertunjukan seni. 

Model yang  juga merupakan Brand Partner Danone-AQUA, Kelly Tandiono, didaulat untuk memeragakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan poliester. Bahan yang dipakai tidak sembarangan. Kainnya merupakan hasil olahan daur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang atau Recycling Business Unit (RBU) Danone-AQUA. 

Dengan demikian, kain tersebut merupakan produk hasil proses yang bertanggung jawab. Asalnya dari bahan-bahan bekas yang diproses sedemikian rupa menjadi produk baru yang bernilai tinggi.

“Melalui partisipasi kami di JFW, kami ingin memperlihatkan kepada konsumen bahwa mereka dapat memilih untuk melakukan kebaikan. Caranya dengan memilih produk dan jasa yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga memberdayakan mereka yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa tersebut,” kata Brand Director Danone-AQUA, Intan Kartika.

Saat ini, konsumen memang mulai menaruh perhatian terhadap produk yang digunakan. Mereka memilih produk-produk yang diproduksi secara berkelanjutan. Hal seperti itu juga ada dalam dunia fashion. Ini dirasa sejalan dengan misi Danone-AQUA yang mempromosikan kebaikan melalui perlindungan alam dan hidrasi sehat.

“Kami melihat banyak pihak di industri fashion mulai memerhatikan isu keberlanjutan. Hal inilah yang mendorong kami menginisiasi kolaborasi #Bottle2Fashion dengan salah satu merek fashion multinasional pada tahun 2017,” ujar Intan. “Kami ingin memperkenalkan produk- produk fashion yang berkelanjutan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah. Salah satunya dengan memilih dan mendukung produk-produk yang diproduksi dengan memperhatikan asas keberlanjutan.”

Langkah Danone-AQUA diapresiasi oleh fbudi Creative Director, Felicia Budi. Ia menyatakan pihaknya ingin berkontribusi bagi masyarakat melalui pemberdayaan komunitas dan pekerja lokal. Fashion dipilih sebagai medium untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, ketika kesempatan berkolaborasi dengan Danone-AQUA dalam menciptakan produk fashion berkelanjutan hadir, fbudi langsung menerima.  

“Saya percaya bahwa keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fashion dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi,” ujar Felicia dalam acara gelar wicara bertajuk Inovasi untuk Kebaikan sebagai bagian peragaan busana berkelanjutan.

 

GERAKAN #BIJAKBERPLASTIK

Peragaan busana berkelanjutan yang dilakukan oleh Danone-AQUA merupakan bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang sudah dicanangkan sejak 2018. Melalui aktivitas ini, Danone-AQUA ingin meningkatkan kepedulian terhadap isu sampah plastik dan mengajak publik untuk menjadi bagian dari solusi permasalahannya.

Oleh karena itu, Danone-AQUA tidak ragu bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki semangat dalam menyebarkan kebaikan dengan meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan. Dalam pameran produk fashion berkelanjutan di JFW 2020, kolaborasi tersebut dilakukan bersama desainer, merek dagang, seniman, serta komunitas yang punya kesadaran serupa.

Sebelumnya Danone-AQUA sudah aktif menghadirkan solusi bagi masalah sampah botol plastik. Sejak 2003, AQUA telah melakukan program daur ulang pertamanya. Setelah itu, kegiatan terus berlanjut hingga kini. Bahkan, kualitas dan kuantitasnya kian bertambah.

Saat ini, Danone-AQUA sudah memiliki enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Setiap tahun, fasilitas daur ulang tersebut rata-rata dapat mengumpulkan hingga 12.000 ton botol plastik bekas. Berkat itu, Danone-AQUA mampu memproduksi kemasan yang 100% terbuat dari hasil daur ulang dan 100% dapat didaur ulang kembali. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan visi Danone secara global, yakni One Planet One Health. Ini merupakan keyakinan bahwa kesehatan dan kesejahteraan semua orang di planet ini saling berkaitan. Oleh karenanya, keberlanjutan harus dipromosikan dalam keseharian, termasuk di produk-produk fashion.