7 Tips Sehat saat Begadang Nonton Pertandingan Olahraga

Hidup Sehat | 18 November 2022

Bagikan:

7 Tips Sehat saat Begadang Nonton Pertandingan Olahraga

Begadang nonton pertandingan olahraga sudah menjadi kebiasaan umum bagi banyak orang. Apalagi jika tim kesayangan Anda sedang berlaga dalam pertandingan tersebut.

Perbedaan waktu yang ada membuat Anda mau tidak mau terjaga sepanjang malam agar tetap bisa menyaksikan keseruan pertandingan.

Tak jarang, efek begadang membuat tubuh Anda begitu lelah dan lemas di pagi hari lantaran kurang beristirahat.

Nah, untuk menyiasati dampak tersebut, berikut ini terdapat sejumlah tips agar tetap sehat dan bugar saat begadang nonton pertandingan olahraga yang bisa Anda coba. Yuk simak!

Tips Sehat saat Begadang Nonton Pertandingan Olahraga

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kondisi tetap fit meski begadang nonton pertandingan olahraga, di antaranya yaitu:

1. Perhatikan Posisi Selama Menonton

Ketika sedang begadang nonton pertandingan tim favorit, mungkin Anda bisa terlalu fokus sehingga mengabaikan posisi duduk. Alhasil, setelah menonton, tubuh terasa pegal.

Namun, sebenarnya Anda bisa mencegah hal ini dengan memilih kursi yang nyaman bagi tubuh sebelum acara dimulai.

Pastikan kursi Anda dapat menopang leher, punggung, dan tulang belakang sehingga otot-otot di area tersebut tidak terlalu tertekan.

2. Perhatikan Jarak Menonton

Tips selanjutnya adalah memperhatikan jarak antara layar dan mata saat begadang nonton pertandingan olahraga tersebut. Tujuannya agar mata Anda tidak mudah lelah dan terasa kering.

Anda bisa mengatur jarak layar TV sekitar 20 - 28 inci ke mata. Di samping itu, atur pencahayaan layar juga agar TV maupun perangkat menonton Anda tidak terlalu silau.

Untuk mengistirahatkan mata, Anda bisa menggunakan aturan 20-20-20, yaitu melihat ke samping setiap 20 menit selama 20 detik pada jarak setidaknya 20 kaki. 

Jangan lupa juga untuk sering berkedip agar kelembaban mata bisa tetap terjaga.

3. Pilih Camilan Sehat

Tips agar tetap fit selama begadang nonton pertandingan olahraga berikutnya adalah dengan memilih camilan yang sehat.

Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan makanan ringan dan simpel, seperti camilan buah-buahan, yoghurt, ataupun sayuran yang dipotong-potong.

Dengan demikian, saat menyaksikan pertandingan tim favorit, Anda bisa sekaligus mendapatkan berbagai kandungan bermanfaat dari camilan tersebut yang baik bagi tubuh.

Adapun kandungan pada beberapa camilan di atas, di antaranya yaitu serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca juga: 8 Camilan Malam Hari yang Menyehatkan untuk Mengganjal Perut

4. Lakukan Stretching Sesekali

Selama begadang nonton pertandingan olahraga tubuh Anda mungkin bisa merasa kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan istirahat sejenak. 

Anda bisa bergerak dan berdiri setiap beberapa waktu sekali agar mengurangi tekanan pada beberapa bagian tubuh.

Saat sedang menonton, sebaiknya lakukan peregangan otot atau stretching agar sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah nyeri pada punggung.

5. Selalu Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Terlalu asik begadang nonton pertandingan olahraga bisa menyebabkan lupa akan memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Tentunya hal ini harus dihindari. 

Maka dari itu, agar tubuh tetap bugar, Anda perlu menyiapkan minum sebelum mulai menonton pertandingan.

Anda bisa mengisi gelas dengan air minum sesuai kebutuhan dari galon AQUA di rumah. 

Dengan demikian, selama acara berlangsung, Anda tidak akan merasa dehidrasi.

Di samping itu, AQUA juga telah teruji secara klinis, sehingga mineral dan kemurniannya tetap terjaga.

Jadi, #AQUADULU agar menonton pertandingan tim favorit bisa lebih fokus!

6. Pastikan Jam Tidur Tetap Tercukupi

Memutuskan untuk begadang nonton pertandingan olahraga artinya Anda akan terjaga sepanjang malam sampai dengan dini hari.

Ini dapat menyebabkan waktu tidur Anda berkurang. Namun, hal tersebut sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa cara.

Pilihan pertama, Anda dapat tidur lebih awal, lalu memasang alarm agar bisa bangun pada tengah malam untuk menyaksikan pertandingan.

Pilihan lainnya, yaitu dengan memanfaatkan tidur siang terlebih dahulu. Alternatif ini bisa Anda pertimbangkan, terutama jika pertandingan olahraganya disiarkan pada akhir pekan.

Namun, hal yang perlu Anda ingat yakni tidur siang tak boleh dilakukan terlalu lama, di mana sebaiknya sekitar 10 - 30 menit saja agar tubuh tidak kelelahan saat bangun.

7. Olahraga dengan Rutin

Agar tubuh bisa tetap bugar meskipun begadang nonton pertandingan olahraga di malam hari, Anda tentunya perlu melakukan kebiasaan rutin yang menyehatkan tubuh.  

Dalam hal ini, olahraga adalah kegiatan yang tepat. Sebab, dengan berolahraga, tubuh Anda bisa lebih berstamina.

Dengan demikian, daya tahan Anda juga dapat terbentuk dengan baik dan tubuh bisa fit di pagi hari.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara agar tetap sehat dan bugar meski begadang nonton pertandingan olahraga sepanjang malam.

Hal tersebut penting untuk Anda pahami mengingat begadang kerap menjadi penyebab sering mengantuk hingga membuat produktivitas menurun di keesokan hari.

Maka dari itu, demi menghindari dampak-dampak tersebut, pastikan Anda melakukan berbagai tips di atas, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bersemangat

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.