12 Jenis Mineral dan Fungsinya yang Diperlukan Bagi Tubuh

Hidup Sehat | 01 April 2022

Bagikan:

12 Jenis Mineral dan Fungsinya yang Diperlukan Bagi Tubuh

Mineral adalah salah satu asupan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Nah sebenarnya, mineral adalah zat anorganik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Meski demikian, fungsi mineral cukup beragam sehingga mampu mendorong sistem metabolisme tubuh secara maksimal.

Ada dua jenis mineral yang biasanya terkandung di dalam makanan penambah imun, yaitu mineral makro dan mineral mikro. Lalu, apa saja contoh mineral dan fungsinya bagi tubuh? Temukan jawaban lengkapnya hingga manfaat mineral pada artikel di bawah ini!

12 Jenis dan Fungsi Mineral Bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa tingkat kebutuhan mineral adalah berbeda sesuai jenisnya? Bukan hanya kekurangan, kelebihan mineral adalah hal yang ternyata juga tidak baik untuk tubuh. Beberapa jenis dan manfaat mineral adalah sebagai berikut.

1. Kalsium

Kalsium memiliki peran vital bagi tubuh. Keberadaannya berguna untuk membantu otot dan pembuluh darah dalam berkontraksi serta mengirim pesan ke pusat saraf. Kalsium sering pula disimpan di dalam gigi dan tulang agar tetap kuat [1].

Tubuh memerlukan asupan kalsium setidaknya 1.000 hingga 1.500 mg per hari [2]. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi susu, keju, yogurt, kale, brokoli, serta beberapa jenis ikan seperti sarden dan salmon [3]. Memperoleh asupan dalam porsi yang pas akan memastikan fungsi mineral bagi tubuh bekerja optimal.

2. Magnesium

Magnesium bermanfaat penting dalam mengatur kadar gula dan tekanan darah. Mineral ini juga berguna untuk menjaga fungsi saraf dan otot serta berkaitan dengan pembuatan DNA di tubuh.

Sedemikian penting fungsi mineral ini, magnesium harus dikonsumsi oleh orang dewasa sekitar 310 mg hingga 420 mg per hari. Untuk memperolehnya, orang dapat memakan berbagai jenis biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, serta dairy product [4].

3. Potassium

Arti penting fungsi mineral bagi tubuh juga tergambar dari peranan potasium. Keberadaannya berguna dalam mengatur detak jantung sekaligus fungsi maupun kontraksi otot dan saraf. Selain itu, potasium juga bermanfaat untuk menangkal efek negatif sodium bagi tekanan darah [5].

Salah satu contoh mineral ini dapat diperoleh dari sayur berdaun hijau seperti bayam. Namun, wortel dan kentang juga dikenal sebagai sumber potasium yang baik. Selain itu, potassium pun dapat ditemukan di buah-buahan seperti anggur, jeruk, dan blackberry. Orang dewasa memerlukan setidaknya asupan 310 mg potassium per hari.

4. Sodium

Sodium termasuk salah satu contoh mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, keberadaannya bagai pisau bermata dua. Jika berlebihan, sodium akan membuat tekanan darah meningkat. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah pas, sodium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, kontraksi otot, dan transmisi saraf [5].

Untuk itu, orang dewasa disarankan untuk membatasi asupan sodium di bawah 2,3 gram per hari. Sodium dalam jumlah besar sudah bisa diperoleh dari garam. Namun contoh mineral ini sering terkandung di berbagai jenis makanan olahan.

Baca juga: 15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

5. Fosfor

Fungsi mineral bagi tubuh yang vital juga terlihat dari peran fosfor. Keberadaannya ditemukan di berbagai sel tubuh. Fosfor berguna sekali dalam menjaga kesehatan tulang dan pembuluh darah serta memastikan otot berfungsi normal [5].

Fosfor dapat diperoleh di dalam daging sapi, ikan, daging ayam, telur, serta susu. Orang dewasa disarankan untuk mendapatkan asupannya sebanyak 700 mg per hari. Kalau kekurangan fosfor, tubuh bisa terasa lemas hingga muncul gangguan sintesis asam nukleat. Hal itu menjadi bukti bahwa fungsi mineral adalah sangat penting.

6. Sulfur

Belerang atau sulfur adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk protein, mencetak sekaligus memperbaiki DNA, dan juga mengubah makanan menjadi energi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa makan makanan seperti daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan [5].

7. Zat besi

Anda tentu sering menjumpai mineral ini dalam bentuk suplemen. Itu karena zat besi adalah bagian dari hemogbin atau protein yang bertugas untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan guna mendorong fungsi normal tubuh dan pertumbuhan sekaligus perkembangan sel.

8. Selenium

Selenium merupakan contoh mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Tak hanya itu, selenium juga dibutuhkan untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memperolehnya secara langsung lewat biji-bijian, daging, ataupun makanan laut.

9. Kromium

Umumnya, kromium didapatkan dari keju, biji-bijian, kacang-kacangan, dan hati. Kromium bekerja sama dengan insulin, sehingga dapat dikatakan bahwa manfaat mineral yang satu ini yaitu untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

10. Yodium

Yodium termasuk bagian dari hormon tiroid yang berperan penting untuk mengatur jalannya proses metabolisme dalam tubuh. Saking pentingnya, kekurangan yodium mampu memicu gejala hipotiroid yang menyebabkan munculnya gondok dan kenaikan berat badan.

Dalam sehari, umumnya tubuh membutuhkan asupan yodium sekitar 150 mcg. Untuk mendapatkannya, Anda sebenarnya dapat mencukupi hanya lewat garam dapur atau bila perlu melalui makan makanan laut seperti udang, ikan, ataupun rumput laut.

11. Zinc 

Tahukah Anda, mineral adalah kandungan yang sangat berguna untuk mendorong sistem kekebalan tubuh. Salah satunya yaitu zinc. Selain itu, tubuh juga membutuhkan zinc untuk membuat protein dan DNA. Bahkan zinc pun dapat mengatasi diare, membantu proses penyembuhan luka, sekaligus mempertahankan indra peraba dan penciuman.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

12. Fluorida

Terakhir, ada contoh mineral fluorida yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Itulah sebabnya, kekurangan mineral fluorida dalam jangka panjang dapat memicu masalah pada gigi Anda. Bahkan secara lebih lanjut, fluorida ternyata juga mampu membantu memperkuat gigi, menahan asam, dan menghambat aksi bakteri penyebab karies.

Nah kini, Anda tentu paham bukan jika manfaat mineral adalah sangat penting bagi tubuh? Oleh karena itu, pastikan untuk melengkapi makanan sehari-hari Anda dengan gizi seimbang, ya. Dapatkan juga mineral alami berkualitas dengan minum #AQUADULU minimal 2 liter per harinya demi mendukung fungsi tubuh tetap optimal. Salam sehat!

Referensi:

  1. Definitions of Health Terms: Minerals - Buka
  2. Overview of Calcium's Role in the Body - Buka
  3. Calcium - Buka
  4. Magnesium - Buka
  5. Minerals: Their Functions and Sources - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.