Logo AQUA

8 Cemilan Malam Hari yang Menyehatkan untuk Mengganjal Perut

Hidup Sehat | 15 November 2023

Bagikan:

8 Cemilan Malam Hari yang Menyehatkan untuk Mengganjal Perut

Merasa lapar di malam hari tapi enggan mengonsumsi makanan berat? Anda bisa mengonsumsi beberapa cemilan malam hari yang menyehatkan! 

Salah satu cemilan malam hari untuk mengganjal perut lapar Anda yaitu kacang almond.

Walau jarang diketahui, kacang almond sebagai cemilan ternyata dapat membantu mengontrol berat badan sebab mengandung protein dan serat. 

Jadi, perut Anda akan terasa lebih kenyang. Dengan begitu, konsumsi makanan Anda pun dapat terjaga.

Selain kacang almond, ada beberapa camilan sehat malam hari yang dapat mengganjal perut lapar Anda. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

8 Camilan Malam Hari yang Menyehatkan

Ada beberapa camilan sehat malam hari untuk Anda konsumsi sebagai pengganjal rasa lapar, mulai dari pisang, ubi jalar, yogurt, dan lain sebagainya. 

Rekomendasi camilan malam hari selengkapnya dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Pisang

Pisang merupakan rekomendasi camilan yang enak dimakan malam hari pertama. Selain enak, pisang jika dikonsumsi pada malam hari juga menyehatkan.

Pasalnya, pisang mengandung karbohidrat kompleks sehingga dicerna oleh tubuh lebih lama dan dapat mengenyangkan perut secara optimal.

Pisang juga mengandung magnesium dan potassium yang dapat membantu tidur Anda jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

2. Ubi Jalar

Selain pisang, ubi jalar juga menjadi camilan sehat malam hari berikutnya karena mengandung karbohidrat kompleks. 

Di samping itu, ubi jalar diketahui mengandung serat dan antioksidan yang turut membantu melancarkan saluran pencernaan.

Tidak perlu khawatir dengan rasa manisnya, sebab ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah. 

Indeks glikemik sendiri merupakan kecepatan karbohidrat dari pangan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jadi, mengonsumsi ubi jalar akan membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Baca juga: 7 Ide Camilan dari Buah, Menyehatkan dan Cocok untuk Diet

3. Keju dan Crackers

Perpaduan keju dan crackers atau biskuit bisa menjadi alternatif camilan malam hari. 

Yap, kandungan protein dalam keju dan karbohidrat kompleks pada crackers bisa membantu Anda dalam mengatasi rasa lapar pada malam hari.

Anda dapat memilih keju yang rendah kalori, seperti keju feta.

Perlu diingat, konsumsi camilan ini tetap dibatasi agar tidak berlebihan, ya.

4. Yogurt

Yogurt diketahui mengandung protein tinggi serta kalori rendah sehingga dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama dan juga berkualitas. 

Karena itulah, makanan ini cocok dijadikan sebagai camilan pengganjal perut di malam hari.

Pemilihan varian yogurt sebagai camilan malam hari disarankan yang tanpa rasa dan gula tambahan (yogurt plain).

Selain itu, kandungan probiotik dalam yogurt juga turut membantu menenangkan dan meringankan gejala asam lambung naik.

5. Telur Rebus

Kandungan triptofan dalam telur rebus membuat makanan ini cocok dikonsumsi pada malam hari. 

Pasalnya, kandungan triptofan tersebut diketahui dapat membantu tidur Anda jadi lebih berkualitas.

Telur rebus juga termasuk ke dalam makanan tinggi protein, sehingga bermanfaat untuk menjaga kekuatan serta perbaikan otot dan jaringan.

Baca juga: 10 Camilan untuk Diet yang Sehat, Bantu Menjaga Berat Badan!

6. Popcorn atau Berondong Jagung

Berondong jagung atau popcorn merupakan camilan pengganjal perut lapar di malam hari berikutnya. 

Yap, popcorn merupakan makanan rendah kalori serta tinggi serat, jadi termasuk ke dalam camilan sehat. 

Sebab, kandungan tersebut akan membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama dan berkualitas.

Konsumsi camilan popcorn ini sebaiknya tidak diberi tambahan gula, garam, atau perasa lainnya.

7. Selai Kacang

Rekomendasi kudapan malam hari berikutnya yaitu selai kacang. 

Selai kacang yang tidak diberi tambahan gula baik dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh, sehingga bantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengoleskan selai kacang pada roti gandum atau biskuit.

8. Oatmeal

Selain dijadikan sebagai menu sarapan, olahan oatmeal ternyata juga dapat Anda konsumsi sebagai camilan malam hari.

Oatmeal sebagai kudapan malam diketahui menjadi salah satu makanan tinggi serat sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan Anda pada pagi harinya.

Jika ingin mencoba camilan satu ini, Anda bisa mendapatkannya di swalayan terdekat.

Itulah dia beberapa rekomendasi camilan malam hari untuk Anda konsumsi sebagai pengganjal rasa lapar. 

Setelah mengonsumsi beberapa camilan malam hari di atas, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. 

Sebab, minum air putih sebelum tidur diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.

Nah, Anda dapat minum segelas air AQUA galon sebelum tidur. 

AQUA galon merupakan produk air mineral siap minum yang bisa dikonsumsi sehari-hari di rumah.

Lantaran, isi AQUA galon cukup banyak, yaitu sebanyak 19 liter per galon.

Air mineral dari AQUA galon tetap aman serta terlindungi hingga ke tangan Anda karena menggunakan tutup berteknologi double injection.

Selain itu, AQUA galon juga didesain dengan kemasan guna ulang dan ramah lingkungan, artinya Anda dapat menggunakan galon tersebut beberapa kali.

Anda bisa mendapatkan AQUA galon di swalayan atau warung dengan harga Rp1.000-an per liternya, lho! Cukup terjangkau, bukan?

Jadi, jangan lupa untuk #AQUADULU sebelum tidur, ya!

Baca juga: 7 Menu Makan Malam Untuk Diet yang Sehat dan Tips Makannya

Referensi:

  1. 8 Camilan Sehat yang Boleh Dimakan di Malam Hari - Buka
  2. Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .