6 Cara Bangun Pagi Rutin Anti Kesiangan, Patut Dicoba!

Kebaikan AirHidup Sehat | 08 April 2022

Bagikan:

6 Cara Bangun Pagi Rutin Anti Kesiangan, Patut Dicoba!

Rutinitas memulai aktivitas di pagi hari masih menjadi wacana bagi sebagian orang. Padahal, ada begitu banyak cara bangun pagi yang bisa Anda terapkan agar menghindari kesiangan. Tak dapat dipungkiri,  bangun pagi untuk beraktivitas dirasakan masih sangat sulit dengan berbagai alasan.

Kerja lembur di malam sebelumnya atau waktu jam tidur yang berantakan terkadang menjadi halangan utama. Namun, bagi Anda yang ingin mengubah pola hidup sehat dengan cara bangun pagi tentu masih belum terlambat untuk mencobanya.

Oleh karena itu, yuk simak tips dan cara bangun pagi untuk memulai hidup sehat berikut ini!

Cara agar Bisa Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, bangun pagi terkadang bukanlah perkara mudah. Namun mengingat berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan tersebut, tak jarang orang-orang melakukan berbagai cara agar bisa bangun pagi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai cara bangun pagi anti kesiangan. Check it out!

1. Tidur Lebih Awal

Michelle Segar, penulis buku No Sweat: How The Simple Science of Motivation Can Bring You A Lifetime of Fitness mengatakan bahwa jika ingin bangun lebih awal di pagi hari, maka pastikan kita tidur lebih awal agar tubuh mendapatkan cukup istirahat sesuai yang dibutuhkan.

Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7–9 jam sehari, tapi ada sebagian orang yang merasa cukup walau tidur hanya 6 jam atau bahkan kurang. Jadi sebaiknya, cari tahu berapa lama waktu tidur yang terasa cukup untuk Anda. Setelah itu, tetapkan jam berapa Anda harus bangun.

Contohnya, jika Anda butuh 8 jam tidur dan harus bangun pukul 05.00, Anda disarankan sudah tidur dari pukul 21.00. Cara bangun pagi satu ini dijamin efektif untuk menghindari kesiangan.

2. Pasang Dua Alarm

Cara bangun pagi berikutnya ialah memasang dua alarm. Sebagian orang merasa satu alarm tidak cukup ampuh untuk membangunkan mereka di pagi hari. Maka, cobalah pasang dua alarm di waktu yang sama.

Jika perlu, beri label pada alarm tersebut dengan kalimat motivasi seperti 'Bangun! Saatnya buat tubuh lebih ramping' dan paksa diri agar bangun saat alarm berbunyi. Cara bangun pagi satu ini diketahui cukup efektif membantu Anda mencegah kesiangan.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bersemangat

3. Putar Musik

Tahukah Anda, memutar musik bisa menjadi salah satu cara bangun pagi, lho. Ya, memutar lagu kesayangan dengan tempo sedang bisa membuat aktivitas Anda semakin menyenangkan. Maka dari itu, sebelum memulai hari esok, siapkan daftar putar lagu dan pastikan baterai ponsel penuh.

Saat mendengarkan musik, otak kita memproduksi hormon dopamin yang bisa menghadirkan perasaan bahagia. Tubuh pun akan terasa lebih berenergi atau bersemangat saat mendengarkan musik. Maka cobalah untuk putar musik saat bangun pagi dan ikuti iramanya untuk segera bergerak dan tidak mager.

4. Nyalakan Lampu dan Buka Jendela

Cara agar bisa bangun pagi yang tak kalah penting adalah menyalakan lampu dan membuka jendela. Ketika sedang tidur, cahaya dapat memberi sinyal pada otak untuk membuka mata. Hal ini akan membuat kita lebih mudah terjaga dan bersemangat untuk memulai hari dengan berolahraga.

Anda bisa coba nyalakan lampu dan jendela saat alarm berbunyi. Masuknya cahaya kedalam ruangan akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang dirasa.

5. Sebelum Tidur, Siapkan Peralatan untuk Esok

Pada malam sebelum tidur, siapkan baju ataupun perlengkapan yang akan digunakan esok hari di dalam kamar Anda. Hal ini akan membantu memotivasi Anda ketika bangun pagi akan tujuan yang harus dicapai di pagi ini.

Misalkan, jika Anda berencana untuk berolahraga pagi, maka siapkanlah baju olahraga di kamar. Meski jarang diketahui, namun cara bangun pagi ini layak dicoba!

6. Menu Makan Malam yang Ringan

Cara bangun pagi yang terakhir adalah mengonsumsi makanan ringan saat malam. Pasalnya, mood di pagi hari ternyata bisa bergantung pada apa yang kita makan malam sebelumnya. David Greuner, ahli kardiovaskular, menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat dan makan malam terlalu larut (diatas jam 7 malam).

"Selain kemungkinan mulas dan gangguan pencernaan, makan berlebihan di malam hari dapat membuat Anda cenderung lesu di pagi hari dan lebih cenderung enggan olahraga," katanya.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Ketika Perut Kosong

Itulah berbagai cara bangun pagi yang bisa Anda terapkan agar terhindari dari kesiangan. Ketika Anda berhasil bangun di pagi hari, jangan lupa untuk mengawali aktivitas dengan air mineral berkualitas untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama Anda tidur serta menjaga kesehatan fungsi organ tubuh.

Banyak sekali manfaat air putih yang didapat tubuh ketika Anda minum dengan cukup, di antaranya melembapkan kulit, menjaga fungsi organ tubuh, hingga menjaga proses pencernaan.

Hanya AQUA yang memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, sehingga mineral nya terjaga dan juga di proses secara seksama sehingga keaslian nya terjaga hingga ke tangan kita. Praktis banget, kita perlu untuk selalu sedia AQUA botol di dimanapun dan kapanpun biar tidak lupa untuk mendapatkan hidrasi, khususnya saat memulai hari.

Jadi, jangan ragu lagi sedia selalu AQUA kapanpun dan dimanapun!

Referensi:

  1. Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental - Buka
  2. Manfaat Bangun Pagi dan Cara Mudah Melakukannya - Buka
  3. 7 Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.