Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Cara bangun pagi untuk berolahraga anti kesiangan

Kebaikan AirHidup Sehat | 28 Desember 2021
Cara bangun pagi untuk berolahraga anti kesiangan

Rutinitas olahraga pagi masih menjadi wacana bagi sebagian orang. Nyatanya, bangun pagi untuk beraktivitas dirasakan masih sangat sulit dengan berbagai alasan. Kerja lembur di malam sebelumnya atau waktu jam tidur yang berantakan terkadang menjadi halangan utama. Namun, bagi Anda yang ingin mengubah pola hidup sehat dengan olahraga pagi hari, masih belum terlambat untuk mencobanya.

Ada beragam manfaat olahraga yang bisa Anda peroleh, mulai dari memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental Anda[1].

Oleh karena itu, yuk simak tips bangun pagi untuk memulai hidup sehat:

Tidur Lebih Awal

Michelle Segar, penulis buku No Sweat: How The Simple Science of Motivation Can Bring You A Lifetime of Fitness mengatakan bahwa jika ingin bangun lebih awal di pagi hari, maka pastikan kita tidur lebih awal agar tubuh mendapatkan cukup istirahat sesuai yang dibutuhkan. Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7–9 jam sehari, tapi ada sebagian orang yang merasa cukup walau tidur hanya 6 jam atau bahkan kurang. Jadi sebaiknya, cari tahu berapa lama waktu tidur yang terasa cukup untuk Anda.

Setelah itu, tetapkan jam berapa Anda harus bangun. Contohnya, jika Anda butuh 8 jam tidur dan harus bangun pukul 05.00, Anda disarankan sudah tidur dari pukul 21.00.

Pasang Dua Alarm

Sebagian orang merasa satu alarm tidak cukup ampuh untuk membangunkan mereka di pagi hari. Maka, coba pasang dua alarm di waktu yang sama. Jika perlu, beri label pada alarm tersebut dengan kalimat motivasi seperti 'Bangun! Saatnya buat tubuh lebih ramping' dan paksa diri agar bangun saat alarm berbunyi.

Putar Musik

Memutar lagu kesayangan dengan tempo sedang bisa membuat olahraga semakin menyenangkan. Sebelum berolahraga keesokan hari, siapkan daftar putar lagu dan pastikan baterai ponsel penuh.

Saat mendengarkan musik, otak kita memproduksi hormon dopamin yang bisa menghadirkan perasaan bahagia. Tubuh pun akan terasa lebih berenergi atau bersemangat saat mendengarkan musik. Maka cobalah untuk putar musik saat bangun pagi dan ikuti iramanya untuk segera bergerak dan tidak mager.

Nyalakan Lampu dan Buka Jendela

Ketika sedang tidur, cahaya dapat memberi sinyal pada otak untuk membuka mata. Hal ini akan membuat kita lebih mudah terjaga dan bersemangat untuk memulai hari dengan berolahraga. Anda bisa coba nyalakan lampu dan jendela saat alarm berbunyi. Masuknya cahaya kedalam ruangan akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang dirasa.

Sebelum tidur, siapkan baju olahraga untuk esok

Pada malam sebelum tidur, siapkan baju olahraga dan perlengkapan yang akan digunakan didalam kamar Anda. Hal ini akan membantu memotivasi Anda ketika bangun pagi akan tujuan yang harus dicapai di pagi ini.

Menu makan malam yang ringan

Mood di pagi hari ternyata juga bisa bergantung pada apa yang kita makan malam sebelumnya. David Greuner, ahli kardiovaskular, menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat dan makan malam terlalu larut (diatas jam 7 malam).

"Selain kemungkinan mulas dan gangguan pencernaan, makan berlebihan di malam hari dapat membuat Anda cenderung lesu di pagi hari dan lebih cenderung enggan olahraga," katanya.

Ketika Anda berhasil bangun di pagi hari, jangan lupa untuk mengawali aktivitas dengan air mineral berkualitas untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama Anda tidur serta menjaga kesehatan fungsi organ tubuh. Banyak sekali manfaat yang didapat tubuh ketika Anda minum air putih yang cukup, di antaranya melembapkan kulit, menjaga fungsi organ tubuh, hingga menjaga proses pencernaan.

Hanya AQUA yang memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, sehingga mineral nya terjaga dan juga di proses secara seksama sehingga keaslian nya terjaga hingga ke tangan kita. Praktis banget, kita perlu untuk selalu sedia AQUA botol di dimanapun dan kapanpun biar tidak lupa untuk mendapatkan hidrasi, khususnya saat memulai hari.

Jadi, jangan ragu lagi sedia selalu AQUA kapanpun dan dimanapun!

 

Source:
https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga
https://www.alodokter.com/manfaat-bangun-pagi-dan-cara-mudah-melakukannya
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/tips-bangun-pagi/