Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

4 Cara Diet Alami Yang Sehat dan Aman Turunkan Berat Badan

Kebaikan AirHidup Sehat | 03 Juni 2021
4 Cara Diet Alami Yang Sehat dan Aman Turunkan Berat Badan

Demi terpenuhinya impian memiliki tubuh yang ideal, banyak orang menggunakan cara apapun bahkan yang bisa berakibat buruk bagi dirinya sendiri. Seperti mengonsumsi obat pelangsing. Tak sedikit obat penurunan berat badan ini dijual di pasaran dan menjanjikan kesuksesan dalam menurunkan berat badan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan obat penurun berat badan bisa memicu dampak kurang baik yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Untuk itu penting bagi anda yang sedang berencana memulai program penurunan berat badan agar memilih cara yang aman bagi tubuh seperti diet alami. Diet alami termasuk dalam menjaga pola hidup sehat, baik fisik maupun mental. 

Ada beberapa cara diet alami yang sudah terbukti berhasil dan bisa anda coba.

1. Atur pola dan jenis makanan

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah kurangi porsi sebanyak 10-20%. Makanlah secara perlahan setidaknya selama 20 menit. Ternyata cara sederhana ini efektif untuk menekan nafsu makan. Makan terburu-buru hanya akan membuat anda merasa lebih lama untuk kenyang, sehingga anda cenderung makan secara berlebihan.

Anda juga perlu mengatur makanan apa yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan bergizi untuk diet, misalnya makanan tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Hindari makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta batasi makanan atau minuman tinggi gula dan kalori, seperti coklat, es krim, dan minuman kemasan [1].

2. Rajin Berolahraga

Selain menjaga pola makan, diet alami juga harus didukung dengan banyak melakukan aktivitas fisik dan olahraga untuk membakar kalori, melakukan olahraga kardio seperti jogging, bersepeda atau senam aerobik. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari [1].

3. Cukup Istirahat

Mungkin hal ini tidak akan terpikirkan oleh anda, apa hubungannya istirahat dengan penurunan berat badan. Nyatanya ternyata istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan jika anda ingin menurunkan berat badan. Sebab, kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat membuatmu mudah merasa lapar, sehingga muncul dorongan untuk makan berlebihan atau ngemil [1].

4. Konsumsi Probiotik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung memiliki bakteri usus yang berbeda dari orang dengan berat badan normal, yang dapat mempengaruhi berat badan.

Probiotik dapat membantu mengatur bakteri usus yang sehat. Probiotik juga dapat menghalangi penyerapan lemak makanan, sekaligus mengurangi nafsu makan dan peradangan. Untuk itu penting mengkonsumsi probiotik agar berat badan anda tetap terjaga [2].

Diet yang baik dan aman dilakukan secara bertahap. anda dianjurkan untuk menurunkan berat badan tidak lebih dari 0,5 – 1 kilogram per minggu. Jika anda menurunkan berat badan secara berlebihan, hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan [1].

Cara alami dalam menurunkan berat badan yang tidak boleh dilupakan adalah rutin mengkonsumsi air putih karena air mineral sangat baik untuk menurunkan berat badan sebagai pengganti minuman lain yang tinggi kalori dan gula. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori. Cobalah untuk minum 0,5 liter air karena jumlah tersebut dapat meningkatkan kalori yang dibakar sebesar 24-30 persen selama satu jam sesudahnya [2].

Pemilihan sumber air minum yang akan anda konsumsi juga harus diperhatikan. Kualitas dari air tersebut harus terjamin agar kebaikannya bisa anda langsung dapatkan. Untuk itu pilihlah AQUA yang berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia. AQUA secara aktif melindungi sumber air pegunungan untuk keseimbangan mineral terkandung yang terjaga dengan baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air berkualitas untuk tubuh yang terlindungi setiap hari [3].

AQUA teman setia dalam segala aktifitas anda!

 

 

Source:

https://www.alodokter.com/ingin-diet-alami-tanpa-obat-ini-tipsnya
https://www.healthline.com/nutrition/26-evidence-based-weight-loss-tips
https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/

Pesan sekarang