Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

6 Cara Diet Sehat untuk Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

Kebaikan AirHidup Sehat | 05 November 2021
6 Cara Diet Sehat untuk Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

Banyak orang yang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan langsing, namun sayangnya tak sedikit dari mereka yang keliru dalam menjalani diet, seperti defisit kalori secara berlebihan atau mengonsumsi obat-obatan yang dipercaya dapat menurunkan berat badan secara instan. Untuk menurunkan berat badan yang baik dan efektif, diperlukan komitmen dan diet sehat yang baik dan benar. Diet sehat tidak dilakukan dengan instan, melainkan harus dilakukan secara disiplin dan rutin agar hasilnya maksimal.

6 Cara Diet Sehat untuk Pemula yang Efektif

Untuk melakukan diet sehat, Anda harus menjaga pola makan tetap teratur dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan lainnya. Pada dasarnya ini bukanlah hal yang sulit, hanya saja membutuhkan niat yang besar dan konsistensi. Berikut ini merupakan 7 cara diet sehat untuk pemula yang efektif membantu menurunkan berat badan dengan baik, yaitu:

1. Menghitung Kebutuhan Kalori

Dalam menjalani diet sehat, hal yang paling penting adalah menghitung kebutuhan kalori harian mu. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, pola diet sehat masing-masing individu pun berbeda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki aktivitas fisik yang tinggi maka Anda harus lebih memperhatikan kebutuhan kalori, dibandingkan dengan mereka yang bekerja di depan layar monitor seharian [2].

2. Mengatur Porsi Makan

Meskipun Anda sedang menjalankan diet sehat, bukan berarti Anda harus menghilangkan berbagai jenis makanan Anda makan. Hanya saja Anda harus bisa mengatur porsi makanan yang Anda makan agar tidak terjadi penumpukan energi tak terpakai yang bisa menjadi lemak. Anda bisa menerapkan makan porsi yang cukup dengan pola 4 sehat 5 sempurna dengan porsi yang cukup [1].

3. Makan Sebelum Merasa Lapar

Anda harus makan tepat waktu ketika menjalani pola hidup sehat karena hal ini sangat penting dalam program diet Anda. Dengan menunda-nunda jam makan, bisa membuat Anda merasa lebih lapar sehingga makan lebih banyak dari biasanya. Hal itu akan mengganggu diet sehat Anda.

4. Makan Perlahan

Makan perlahan dan tidak buru-buru sangat dianjurkan untuk orang yang sedang melakukan diet sehat. Bukan berarti Anda harus makan sangat pelan, hanya saja lebih lama dalam mengunyah dan usahakan sampai halus agar lebih mudah dicerna.

5. Usahakan Selalu Sarapan

Sarapan adalah hal yang sering diabaikan oleh banyak orang yang melakukan diet. Padahal sarapan adalah hal terpenting dalam pola cara diet sehat karena sarapan akan memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas. Hal ini akan berimbas pada keinginan Anda untuk ngemil berkurang. Anggapan banyak orang tidak sarapan akan membantu cepat kurus adalah salah besar, karena dengan sarapan akan membantu diet lebih cepat.

6. Konsumsi Air Putih Sebelum Makan

Air putih sangat penting dalam semua aspek kesehatan. Air putih memiliki peran penting untuk tubuh, begitu juga dalam pola diet sehat. Mengonsumsi air putih 30 menit sebelum makan juga efektif membantu mengurangi rasa lapar sehingga porsi makan akan tetap terjaga dan akan merasa lebih cepat kenyang.

Pasalnya mengkonsumsi air minum yang banyak ketika diet sangat penting, karena selain untuk memenuhi cairan tubuh, air putih juga membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami melalui air seni atau keringat. Selain itu air putih juga dapat membantu sistem pencernaan agar bekerja lebih baik dan efisien untuk mengolah makanan [4].

Perlu diingat, pilihlah air putih yang baik untuk dikonsumsi, misalnya air mineral dari AQUA. AQUA telah lebih dari 48 tahun berperan sebagai pelopor air minum berkualitas di Indonesia yang juga sudah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia.

Selain itu, AQUA juga melakukan tiga perlindungan dalam memproduksi air mineral yaitu melindungi sumber air minum agar ekosistem tetap terjaga dan terhindar dari pencemaran atau permasalahan lingkungan, melindungi kandungan mineral di dalam air agar tetap alami, serta melindungi kealamian mineral dengan melakukan pengemasan yang baik agar kualitas terjaga hingga ke tangan konsumen. Sehingga konsumen bisa merasakan manfaat mineral dengan optimal untuk kesehatan tubuh dan membantu mensukseskan diet Anda.

Itulah beberapa cara diet sehat yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan optimal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral dari AQUA!

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/seperti-ini-diet-cepat-kurus-alami-yang-tahan-lama
https://hellosehat.com/nutrisi/diet/cara-diet-sehat/
https://www.sehatq.com/artikel/ikuti-program-diet-sehat-ini-agar-sukses-menurunkan-berat-badan/amp