Cara hidup sehat dengan berolahraga

Kebaikan AirHidup Sehat | 18 Maret 2022

Bagikan:

Cara hidup sehat dengan berolahraga

Trend gaya hidup sehat saat ini menjadi sebuah keharusan ditengah pandemi yang terus berlangsung. Menjaga makanan, kebersihan dan berolahraga merupakan pondasi dari hidup bersih dan sehat. Tetapi, sebagian orang masih ragu karena dianggap mengeluarkan banyak biaya, khususnya berolahraga.

Ketika menyebut olahraga, banyak dari mereka berpikir harus menjadi member di gym hingga sewa personal trainer yang pastinya membutuhkan banyak biaya. Paradigma ini banyak terjadi pada mereka yang awam tentang berolahraga. Kenyataannya, Anda tetap bisa berolahraga dengan efektif meskipun dilakukan di rumah atau sekitarnya, lho!

Berikut adalah beberapa contoh olahraga efektif dan sederhana yang bisa anda lakukan:

1. Lari mengitari taman dekat rumah

Olahraga satu ini merupakan dasar dari semua olahraga karena selain mudah dilakukan, gerakan ini juga membangun pondasi otot, tulang dan stamina untuk melakukan jenis olahraga lain kedepannya. Modal yang dibutuhkan hanya sepatu yang nyaman untuk berlari dan lagi favoritmu!

Walaupun kedengarannya sederhana, namun jenis olahraga hemat ini punya banyak manfaat, seperti membakar kalori tubuh, memperbaiki tulang, menambah massa otot dan mencegah resiko diabetes.

2. Beli alat skipping dan lakukan dengan rutin

Anda pasti tahu jenis olahraga yang satu ini, terlebih jika sewaktu kecil Anda pernah bermain lompat karet gelang bersama teman. Nah, sekarang mari membiasakan memainkannya secara rutin sebagai langkah awal hidup sehat.

Alat skipping bisa Anda dapatkan dengan harga murah, bahkan ada yang dibawah 50 ribu rupiah. Dengan modal segitu, Anda sudah bisa melakukan skipping yang dapat melancarkan peredaran darah dan menjadikan kulit lebih sehat.

3. Berkeliling dengan sepeda

Salah satu kelebihan olahraga bersepeda adalah Anda tidak perlu terlalu serius dalam mengeluarkan tenaga, karena dengan santai saja Anda bisa berkeringat. Agar lebih seru dan santai, ajaklah beberapa keluarga atau rekan kamu untuk ikut bersepeda. Jika kamu mengajak orang lain, kamu akan lebih rileks dan tak mudah lelah karena tidak hanya fokus dengan bersepeda.

4. Workout From Home lewat Youtube

Cara selanjutnya, adalah memanfaatkan Youtube sebagai referensi gerakan olahraga yang membakar kalori seperti Yoga atau HIIT Cardio. Anda cukup bermodalkan kuota internet dan sudah bisa mendapatkan referensi dari salah satu pengajar terbaik di Youtube. Terlebih saat ini sudah banyak sekali konten-konten dengan topik olahraga, salah satunya Workout From Home.

Seperti namanya, Workout from Home adalah kegiatan olahraga di rumah, dan memanfaatkan segala sesuatu yang ada di dekat kamu atau bahkan tidak memakai alat sama sekali. kamu bisa mulai coba mencari-cari di sosial media, biasanya akan banyak ditemukan di Instagram atau YouTube.

Setelah mengetahui beberapa jenis olahraga hemat ini, tentunya sudah tak ada alasan lagi untuk berolahraga karena biayanya mahal.

Lalu, kita harus mulai dari mana?

Bagi Anda yang baru akan memulai hidup sehat, disarankan untuk mulai secara perlahan dan hindari olahraga berat. Hidup sehat merupakan suatu proses yang membutuhkan konsistensi, seperti kata pepatah:

'Healthy lifestyle is a marathon, not a sprint'

Bangun komitmen kepada diri sendiri dan tanamkan tujuan yang ingin anda capai, baik itu untuk menurunkan berat badan atau menjaga tubuh agar tetap prima. Lalu dilanjutkan dengan program sesuai dengan tujuan Anda sehingga hasilnya akan lebih efektif.

Selama Anda berolahraga, pastikan penuhi kebutuhan hidrasi harian Anda karena tubuh kita terdiri dari 70 persen air, sangat dianjurkan minum delapan gelas air sehari atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Ini perlu dilakukan karena cairan tubuh dapat berkurang melalui urin maupun keringat [3].

Pastikan sumber air putih yang akan dikonsumsi sudah terjamin kualitas dan kebersihannya. Seperti AQUA secara konsisten melakukan berbagai penelitian untuk mendapatkan air mineral yang berkualitas.

Lebih dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia telah melalui uji klinis oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Melewati proses panjang untuk uji kualitas, menjadikan AQUA sebagai air mineral pilihan terbaik yang ada di Indonesia.

Sumber mata air pegunungan AQUA yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Jadi, jangan ragu lagi sedia selalu AQUA kapanpun dan dimanapun!

 

Source:

  1. Tips Gaya Hidup Sehat Berolahraga - buka
  2. 5 Jenis Olahraga Hemat Bagi Pecinta Gaya Hidup Sehat! - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.