Logo AQUA

6 Tips Mudah Cara Membiasakan Minum Air Putih, Yuk Simak!

Hidup Sehat | 24 Juni 2022

Bagikan:

6 Tips Mudah Cara Membiasakan Minum Air Putih, Yuk Simak!

Minum air terutama air putih tentu sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, konsep tersebut tentu sudah berbeda jika berbicara tentang cara membiasakan minum air putih. Faktanya, masih banyak orang yang cenderung lupa untuk minum karena kesibukannya.

Saat beraktivitas, cairan merupakan elemen tubuh yang paling mudah dan banyak hilang. Di sisi lain, sekitar 70% bagian yang menyusun tubuh manusia berbentuk cairan. Oleh karena itu, memastikan bahwa kebutuhan terhadap cairan terpenuhi sangat penting.

Ada banyak manfaat rajin minum air putih, mulai dari menghindari dehidrasi, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan mengembangkan budaya hidup sehat. Jadi, bagaimana sih cara agar rajin minum air putih? Simak tips yang mudah di artikel berikut ini, yuk!

6 Cara Membiasakan Minum Air Putih

Terlepas dari fakta bahwa kebutuhan cairan setiap individu bervariasi tergantung pada aktivitas fisik, umur, iklik, dan berat badan, tubuh tetap membutuhkan asupan air yang cukup.

Sangat disayangkan bahwa pentingnya asupan cairan seringkali diacuhkan oleh banyak orang. Di sisi lain, ada banyak manfaat rajin minum air putih dalam membantu mencegah masalah kesehatan, mulai dari masalah pencernaan sampai risiko stroke.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari, mulailah dengan mengikuti beberapa tipsnya. Berikut adalah cara membiasakan minum air putih yang mudah untuk dilakukan:

1. Meletakkan Air Minum di Dekat Anda

Pada dasarnya, kesulitan untuk menjangkau air putih menjadi penyebab utama kurang minum. Saat pekerjaan sedang sibuk, Anda mungkin akan kesulitan untuk bolak-balik mengambil air. 

Oleh karena itu, cara membiasakan minum air putih yang pertama adalah memberikan akses semudah mungkin terhadap air minum. 

Letakkan botol minum atau gelas air di dekat Anda saat melakukan aktivitas apapun, baik bekerja maupun olahraga. Anda juga bisa meletakkan botol minum di dekat tempat tidur Anda, sehingga saat bangun tidur, Anda bisa langsung meraih botol tersebut dan minum. Dengan demikian, Anda dapat langsung minum saat terasa haus. Tips ini juga bermanfaat untuk memastikan konsumsi cairan tubuh tercukupi.

2. Membuat Pengingat

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengetahui apakah sudah cukup minum dalam satu hari, membuat pengingat dapat menjadi solusi efektif. Cara membiasakan minum air putih satu ini akan membantu Anda untuk minum secara teratur. 

Anda dapat menggunakan fitur alarm pada gadget setiap dua jam sekali untuk minum 1 gelas air putih. Selain itu, sudah banyak aplikasi dengan fitur pengingat dan melacak konsumsi air minum Anda. Aplikasi tersebut tentu akan lebih membantu dalam mengingatkan dan memberi informasi.

Selain pengingat dalam bentuk aplikasi, Anda juga bisa memakai botol minum yang memberikan tanda sudah berapa banyak air yang Anda minum jika awalnya diisi penuh. Bahkan, Anda juga bisa membeli AQUA botol dan menghitung berapa banyak air yang sudah Anda minum dari isi kemasan AQUA botol tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur yang Baik & Ideal Untuk Kesehatan?

3. Minum Air Setiap Bangun Tidur Pagi

Pagi hari saat bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk minum. Dengan mengikuti cara membiasakan minum air putih saat pagi akan membantu tubuh Anda memperoleh asupan cairan setelah tidur semalaman. Ada beberapa manfaat rajin minum putih di pagi hari.

Konsumsi dua gelas air putih saat bangun tidur akan membantu mengeluarkan racun, meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, saluran kemih, dan membentuk tingkat hidrasi yang sehat.

Oleh karena itu, seperti yang sudah disarankan sebelumnya untuk meletakkan air minum di dekat Anda, selalu sediakan air putih di dekat tempat tidur sehingga Anda akan mudah menggapainya. 

4. Minum Air Putih Sebelum Makan

Cara membiasakan minum air putih untuk memenuhi kebutuhan juga bisa dilakukan dengan minum sebelum makan. Namun, sebisa mungkin hindari minuman berperisa terutama rasa manis. Manfaat rajin minum air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi asupan kalori saat makan. 

Hal tersebut tentu memberi manfaat tersendiri terutama bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan. Selain itu, air putih sebelum makan juga membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh [3]. Bukankah dua hal tersebut sudah membawa banyak manfaat?

5. Minum Air Putih Setelah Sikat Gigi 

Salah satu cara membiasakan minum air putih bisa dilakukan ketika Anda selesai menggosok gigi. Pada sejumlah kasus, beberapa orang kurang nyaman dengan sensasi rasa setelah menggosok gigi. Kondisi ini dapat diatasi dengan meminum air putih.

Sediakan air putih sebelum Anda menggosok gigi dan minum airnya untuk menghilangkan sisa rasa dari pasta gigi. Tips ini dinilai efektif sebagai cara membiasakan minum air putih. Anda dapat minum lebih banyak air pada waktu yang teratur. 

6. Menambah Asupan Makanan yang Mengandung Air

Apabila Anda ingin mencari alternatif lain dari mendapatkan asupan cairan selain dari air putih, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air. Cara membiasakan minum air putih satu ini mungkin memang tidak membuat Anda seperti minum. Akan tetapi, kandungan air dalam makanan tersebut juga membantu memenuhi asupan cairan tubuh.

Rekomendasi makanan yang mengandung air adalah buah-buahan, seperti semangka dan timun. Konsumsi sayuran bening atau berkuah juga bisa menjadi alternatif untuk memenuhi cairan tubuh.

Pada dasarnya, air putih tetap menjadi opsi paling efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika, Anda masih merasa kesulitan untuk menerapkan cara membiasakan minum air putih, cobalah untuk melakukan dari yang termudah. Hal tersebut dapat dilakukan dari menyiapkan air putih di dekat Anda. 

Tidak hanya itu, memilih kualitas air minum juga perlu menjadi perhatian khusus. Anda perlu memastikan dan memilih air minum yang memang sudah terjaga kualitas dan kealamiannya, seperti air minum AQUA yang akan menjaga kemurniannya sampai ke tangan Anda.

Produk AQUA juga terdiri dari beragam jenis ukuran untuk menemani dan mencukupi kebutuhan air Anda kapanpun dan dimanapun, baik di dalam maupun luar rumah. Jadi, selalu sediakan #AQUADULU di dekat Anda, ya! 

Baca juga: 15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Referensi:

  1. Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih - Buka
  2. 9 Tips Mudah untuk Minum Banyak Air Putih - Buka
  3. Effect of 'water induced thermogenesis' on body weight, body mass index and body composition of overweight subjects - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .