9 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda, Lakukan Sejak Dini!

Hidup Sehat | 26 April 2022

Bagikan:

9 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda, Lakukan Sejak Dini!

WHO mencatat bahwa diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan global, dimana jumlah penderitanya kian meningkat setiap tahunnya [1]. Meski demikian, diabetes sebenarnya dapat dihindari risikonya sedini mungkin. Dari sini dapat dikatakan pula bahwa penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda.

Pernyataan tersebut juga didukung dengan fakta bahwa diabetes adalah masalah kesehatan yang memerlukan perawatan seumur hidup [1]. Nah pada dasarnya, cara mencegah diabetes sejak dini tentu berkaitan erat dengan penerapan budaya hidup sehat. Untuk lebih detailnya, yuk simak pembahasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

9 Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

Pencegahan diabetes sejatinya tidaklah sulit dan dapat mulai Anda biasakan dalam rutinitas sehari-hari. Adapun cara mencegah diabetes di usia muda yang dapat Anda lakukan mulai sekarang yaitu:

1. Batasi asupan karbohidrat

Banyak penelitian yang menemukan adanya kaitan antara risiko diabetes dengan tingginya asupan karbohidrat [2]. Oleh karena itu, salah satu pola makan yang benar untuk mencegah diabetes yaitu dengan mengontrol tingkat karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Anda juga bisa merancang menu makanan untuk mencegah diabetes ini dengan meningkatkan asupan karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna oleh tubuh seperti aneka makanan pengganti nasi.

2. Rutin berolahraga

Orang dengan pra diabetes sering mengalami penurunan sensitivitas insulin atau resistensi insulin. Dalam keadaan ini, pankreas harus memproduksi lebih banyak insulin untuk mengeluarkan gula dari darah Anda dan masuk ke dalam sel. Sementara itu, olahraga ternyata diketahui mampu meningkatkan sensitivitas insulin sel, lho! [2]

Bahkan kini, sudah banyak jenis aktivitas fisik yang telah terbukti dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa seperti olahraga aerobik, High Intensity Interval Training (HIIT), dan juga latihan kekuatan [2].

3. Minum air putih dengan cukup

Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air putih dapat membuat manajemen gula darah sekaligus respons insulin yang lebih baik [2]. Oleh karena itu, jadikanlah air putih sebagai minuman andalan di segala kegiatan Anda. Pastikan untuk minum #AQUADULU minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya.

Perhatikan juga kualitas air mineral yang Anda konsumsi. Meski tampak sama, namun setiap air putih ternyata berbeda-beda. Hanya AQUA yang kemurniannya terlindungi hingga sampai ke tangan Anda karena berasal dari sumber air pegunungan vulkanis sehingga kandungan airnya pun memang kaya akan mineral yang diperlukan tubuh.

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Gula Darah dengan Air Putih Secara Alami

4. Pertahankan berat badan ideal

Sebuah studi acak selama 2 tahun pada lebih dari 1.000 orang dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa olahraga, diet, dan intervensi dapat membantu proses penurunan berat badan secara signifikan yang kemudian mampu mengurangi risiko penyakit ini sebesar 40% hingga 47% [2].

Bahkan secara khusus, kelebihan lemak visceral atau lemak di bagian tengah tubuh seperti perut diketahui berkaitan erat dengan risiko resistensi insulin. Maka dari itu, upayakan untuk selalu mempertahankan berat badan ideal Anda dengan menjalani pola makan sehat sekaligus rutin berolahraga setiap harinya.

5. Makan sesuai porsi

Siapa sangka, makan dengan ukuran porsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda ternyata juga termasuk dalam salah satu cara mencegah diabetes. Ini karena makan terlalu banyak sekaligus dalam satu waktu telah terbukti meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada orang yang berisiko diabetes [2].

Sebaliknya, makan dalam porsi lebih kecil dapat menyebabkan pengurangan asupan kalori yang pada akhirnya mendukung program dan selanjutnya pun mampu menurunkan risiko diabetes.

Dilansir dari Healthline, pola makan yang benar untuk mencegah diabetes yaitu dengan mengatur ukuran porsi makanan sehari-hari. Mudahnya, bagilah piring Anda dalam beberapa bagian, dimana setengah bagiannya berisi sayuran, seperempat bagiannya berisi protein tanpa lemak, dan seperempat sisanya berisikan karbohidrat kompleks [2].

Anda juga bisa memilih AQUA sebagai air minum pendamping makan Anda, karena faktanya, air mineral tidak mengandung kalori. Minum air sebelum makan juga bisa membantu Anda untuk kenyang lebih cepat.

6. Tetap aktif bergerak

Banyak yang tidak menyadari, menjalani sedentary lifestyle ternyata juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes [3]. Sebagai catatan, sedentary lifestyle adalah gaya hidup tidak aktif dimana seseorang kurang bergerak atau melakukan aktivitas fisik.

Satu penelitian di lebih dari 6.000 wanita lebih tua menemukan bahwa mereka yang memiliki jumlah waktu duduk tertinggi per hari, yaitu sekitar 10 jam dua kali lebih mungkin untuk berisiko terkena diabetes dibandingkan mereka yang memiliki waktu duduk lebih sedikit atau sekitar 8,3 [2].

Anda sendiri pun dapat menerapkan cara mencegah diabetes yang satu ini dengan berjalan-jalan selama beberapa menit setiap setengah jam. Anda juga bisa menyiasatinya dengan lebih banyak berjalan kaki atau naik turun tangga saat pergi ke berbagai tempat.

7. Perbanyak makanan tinggi serat

Sebuah studi pada orang dengan prediabetes dan wanita yang lebih tua dengan kondisi obesitas menunjukkan bahwa serat dapat membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap rendah [2].

Jadi bila Anda masih penasaran bagaimana makanan untuk mencegah diabetes, maka perbanyaklah konsumsi serat, ya. Jangan khawatir, kini sudah banyak makanan tinggi serat yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat sesuai selera.

8. Tingkatkan asupan vitamin D

Di samping serat, vitamin D ternyata juga diketahui penting untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, lho! [2] Pernyataan tersebut didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berkaitan erat dengan resistensi insulin dan peningkatan risiko diabetes tipe 2 [2].

Maka dari itu, optimalkan asupan vitamin D dalam asupan makanan sehari-hari dan sertakan juga dalam susunan pola makan yang benar untuk mencegah diabetes versi Anda.

Baca juga: 12 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Apa Saja?

9. Kurangi makanan olahan

Mengurangi asupan makanan olahan diketahui dapat memberikan banyak manfaat bagi beberapa aspek kesehatan, termasuk dalam kaitannya sebagai salah satu cara mencegah diabetes di usia muda. Secara lebih lanjut, penelitian observasional mengaitkan diet tinggi makanan ultra-olahan dengan risiko diabetes tipe 2 [2].

Bahkan terdapat studi yang menemukan bahwa diet tinggi makanan olahan meningkatkan risiko diabetes hingga 30% [2]. Sebaliknya, diungkapkan pula bahwa mempertahankan konsumsi makanan utuh merupakan bagian dari cara mencegah diabetes di usia muda yang tentunya dapat Anda lakukan mulai sekarang [2].

Itulah 9 cara mencegah diabetes sejak dini yang dapat Anda pertimbangkan kembali dalam daftar rutinitas sehari-hari. Kesimpulannya, cara mencegah diabetes sebenarnya sangat banyak, namun intinya, Anda hanya perlu mengatur pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin lebih baik.

Salah satunya yaitu dengan minum air putih yang cukup setiap harinya. Sebab, air dapat mendorong setiap sistem tubuh agar dapat berfungsi lebih baik. Untuk mewujudkannya, selalu sedia AQUA yang sumber kemurniannya terjaga lebih dari 48 tahun dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kualitasnya tetap terjamin di setiap tetes kesegarannya.

Akhir kata, semoga artikel mengenai cara mencegah diabetes ini bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. Salam sehat!

Referensi:

  1. Diabetes - Buka
  2. How to Prevent Type 2 Diabetes - Buka
  3. Physical inactivity a leading cause of disease and disability, warns WHO - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.