Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Kebaikan AirHidup Sehat | 05 Oktober 2021
6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Bagi para ibu yang sedang mengandung, menanti kehadiran sang buah hati merupakan sesuatu hal yang luar biasa menyenangkan. Namun, rasa mual saat kehamilan bisa membuat hari-hari Anda terganggu. Menurut Marjorie Greenfield, M.D., seorang OB-GYN dan penulis buku tentang kehamilan, sekitar 70% wanita mengalami mual di awal kehamilan dan sekitar 50% mengalami muntah. "Ini sangat, sangat umum, tetapi juga sangat bervariasi," kata Dr. Greenfield. "Banyak orang sakit sepanjang hari, beberapa sakit di malam hari, dan yang lain sakit jika mereka kurang tidur."

Mual saat hamil dapat terjadi pada enam minggu masa kehamilan dan cenderung memuncak sekitar minggu kedelapan dan kesembilan. Jika Anda salah satu diantaranya, lihat 7 6 tips berikut ini untuk menghentikan mual di pagi hari. (1)

1. Makan dengan porsi lebih sedikit, tetapi frekuensi yang lebih sering

Makanlah dalam porsi kecil dan sering sepanjang hari. Simpan beberapa biskuit di meja Anda untuk dimakan sebelum Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari. Jika Anda mengonsumsi vitamin prenatal di pagi hari dengan perut kosong memperburuk mual Anda, cobalah meminumnya di malam hari.

Roti atau pasta yang dapat diproses dalam perut dengan cepat, merupakan pilihan terbaik untuk mengurangi mual di pagi hari, kata Anne Dubner, ahli gizi terdaftar dan konsultan nutrisi di Houston.

Begitu juga makanan ringan berprotein tinggi, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan karenanya bertahan lebih lama di tubuh Anda. Kombinasi keduanya -- biskuit dengan selai kacang atau keju, misalnya, mungkin sangat membantu. Hindari juga makanan yang sangat berbumbu atau berminyak dan sayuran penghasil gas seperti kubis. (2)

2. Konsumsi suplemen makanan dan obat bebas

Beberapa ibu hamil berhasil mengurangi rasa mual dan muntah mereka dengan suplemen makanan seperti jahe dan Vitamin B6 (25 mg). Sebaiknya, konsultasi terlebih dahulu kepada Dokter apabila Anda ingin memulai mengonsumsi suplemen tambahan. (3)

3. Sampaikan kondisi ini terhadap pasangan

Dalam proses kehamilan, pastinya Anda akan membutuhkan dukungan dari orang di sekitar Anda, terutama dari pasangan Anda. Sayangnya, perubahan yang terjadi pada diri Anda belum tentu bisa dipahami dengan baik oleh mereka. Sampaikanlah kondisi atau perubahan yang terjadi kepada Anda pada pasangan Anda, untuk membantu meringankan beban yang Anda alami saat hamil. 

Pasangan Anda mungkin tidak tahu bahwa sabun beraroma yang mereka pakai membuat Anda mual, atau bau mulut yang mereka keluarkan setelah makan malam. Jadi beritahu mereka, dan hal apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu Anda merasa lebih baik. (1)

4. Identifikasi siklus mual Anda

Mual saat hamil yang Anda rasakan mungkin tampak datang dan pergi, tetapi dengan menyesuaikan tubuh dan lingkungan, siklus mual yang Anda rasakan mungkin bisa diidentifikasi penyebabnya.

Jika Anda merasa mual pada waktu yang sama setiap malam, mungkin ada hal yang memicu setiap malamnya. Atau jika mual selalu dirasakan siang hari, mungkin ada aroma yang terlalu menyengat. Setelah Anda berhasil mengidentifikasi, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghindarinya bila memungkinkan. (1)

5. Dapatkan Udara Segar

Menghirup udara segar terkadang bisa menjadi obat mual untuk meredakan morning sickness. Membuka jendela atau berjalan-jalan di luar dapat membantu meredakan sakit perut. Udara pengap atau lembab bisa membuat sesak pernapasan, jadi biarkan udara segar masuk kedalam rumah Anda sehingga terasa lebih nyaman. (2)

6. Menjaga hidrasi

Sangat penting bagi kita semua untuk tetap terhidrasi, tetapi jika Anda menderita mual dan muntah yang cukup sering, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Karena itu, penting untuk memastikan asupan air kedalam tubuh tetap terjaga terutama ketika sedang hamil. Untuk Ibu hamil, disarankan untuk mengonsumsi 8 - 10 gelas air per hari. Selain itu, penting untuk mengatur jadwal minum air putih, karena jika hanya memenuhi hidrasi dengan minum terlalu banyak air, dapat menyebabkan perasaan mual dan berujung muntah. (2)

Pastikan ketika sedang hamil Anda memiliki asupan hidrasi yang baik dengan air mineral berkualitas seperti AQUA yang hadirkan berbagai kebaikan untuk kesehatan Anda. AQUA memastikan keluarga Indonesia bisa mendapatkan air minum berkualitas, yang baik untuk kesehatan keluarga karena tidak semua air itu sama. AQUA memastikan hal ini, dimulai dari sumber airnya yang dipilih secara seksama melalui 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun masa penelitian.

AQUA juga merupakan pilihan yang tepat untuk ibu yang sedang hamil. AQUA melakukan studi terhadap lebih dari 200 ibu hamil di Indonesia, dan dari studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa 9 dari 10 ibu hamil setuju, bahwa minum AQUA tidak membuat eneg.

Yuk, sediakan AQUA di rumah Anda untuk tetap terhidrasi saat kehamilan.

Source:
https://www.parents.com/pregnancy/my-body/morning-sickness/15-tips-for-dealing-with-morning-sickness/?slide=slide_708f1206-362a-4344-a1d4-4d94455f96f8#slide_708f1206-362a-4344-a1d4-4d94455f96f8
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/morning-sickness/diagnosis-treatment/drc-20375260
https://www.cityofoaksmidwifery.com/relieve-morning-sickness/