6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering dan Gatal Secara Alami

Hidup Sehat | 17 Juni 2022

Bagikan:

6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering dan Gatal Secara Alami

Tenggorokan kering bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Tak jarang, kondisi tersebut juga disertai dengan rasa gatal atau sakit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya cari tahu penyebab serta cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal.

Sederhananya, cara meredakan tenggorokan kering adalah dengan memperbanyak minum air putih. Namun, jika penyebabnya adalah hal lain yang lebih serius, maka Anda perlu menyimak ulasan berikut.

Penyebab tenggorokan kering

Gejala tenggorokan kering biasa muncul akibat aktivitas olahraga maupun minuman berkafein. Selain itu jika cuaca hari ini panas, umumnya hal tersebut juga bisa menyebabkan tenggorokan jadi kering. Semua kondisi yang telah disebutkan dapat diatasi dengan meningkatkan asupan cairan.

Namun, pada beberapa kasus, meski Anda sudah memperbanyak minum air, tenggorokan tetap terasa kering bahkan gatal. Jika sudah demikian, artinya ada hal lain yang menyebabkannya.

Walau banyak yang menganggap bahwa makanan berminyak seperti gorengan menjadi penyebab sakit tenggorokan, namun faktanya hal tersebut tidaklah benar. Gorengan hanya dapat memperparah kondisi radang yang terjadi pada tenggorokan sebab kebiasaan ini menyebabkan bakteri dan virus bertumbuh, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab tenggorokan kering yang perlu Anda ketahui.

1. Infeksi virus (pilek, flu, mononukleosis)

Jika tenggorokan Anda terasa kering, kemungkinan itu dikarenakan adanya infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh virus pilek dan flu. Infeksi ini menyebabkan radang tenggorokan sehingga membuat tenggorokan Anda kering dan gatal. Adapun gejala yang biasa mengiringinya seperti demam ringan, batuk, bersin, dan pegal-pegal.

Selain itu, terdapat pula penyakit lain di mana gejalanya adalah gatal pada tenggorokan, yaitu mononukleosis. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr dan bisa menular melalui air liur. 

2. Alergi

Beberapa orang yang alergi terhadap asap rokok, serbuk bunga, atau hewan peliharaan bisa mengalami tenggorokan kering dan gatal. Anda patut waspada apabila kondisi ini tak kunjung reda setelah berhari-hari, terlebih jika disertai batuk dan hidung berair, ada kemungkinan Anda mengidap alergi tertentu.

Untuk memastikan penyebab alergi yang Anda alami, Anda bisa melakukan pemeriksaan skin prick test sehingga dapat diketahui alergen pemicu penyakit Anda dan bisa menghindari alergen tersebut di kemudian hari.

3. Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang ditandai dengan tenggorokan kering, mulut kering, mata cowong, hingga jantung berdebar. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan hal ini, karena dehidrasi dapat dialami oleh siapa saja, terlebih jika Anda kurang minum air, banyak berkeringat, atau sedang menderita diare.

Selain itu, berada di ruangan tertutup dengan AC juga dapat membuat Anda lupa minum. Padahal tubuh tetap mengeluarkan cairan melalui pernapasan dan penguapan pada kulit. Akibatnya, tubuh dehidrasi dan tenggorokan terasa kering.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Haus Terus Menerus dan Penyebabnya

Cara mengatasi tenggorokan kering

Berikut merupakan cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal yang bisa Anda lakukan.

1. Minum air putih

Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi tenggorokan kering adalah minum air putih cukup. Apabila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka tenggorokan juga jadi lembab sehingga gejala tenggorokan kering pun bisa mereda.

Pastikan Anda minum air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi.

2. Berkumur menggunakan air garam

Selanjutnya cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal ialah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini dinilai efektif meredakan berbagai gangguan yang menyerang tenggorokan, termasuk tenggorokan kering. Garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi serta membersihkan virus yang bersarang di mulut dan tenggorokan.

Caranya, cukup siapkan air hangat lalu tambahkan beberapa sendok teh garam. Aduk hingga merata, kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik. Ulangi 3 hingga 4 kali dalam sehari sampai tenggorokan Anda terasa membaik.

3. Menggunakan humidifier

Cara mengatasi tenggorokan kering akibat udara dingin bisa dilakukan dengan memasang humidifier atau pelembab udara ruangan. Dengan begitu, ruangan tempat Anda beraktivitas menjadi lebih lembap dan nyaman.

4. Madu

Madu berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri alami serta mempunyai efek melegakan tenggorokan. Teksturnya yang kental juga bisa membuat kelembapan tenggorokan terjaga. Cara mengatasi tenggorokan kering dengan madu adalah Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya ke air hangat maupun teh.

5. Permen pelega tenggorokan

Terdapat permen pelega tenggorokan yang dapat Anda konsumsi sebagai cara mengatasi tenggorokan kering. Permen ini bisa merangsang produksi ludah yang akan membantu melembapkan tenggorokan. Guna menghindari tenggorokan terasa gatal, hindari permen pelega tenggorokan dengan kandungan gula atau perasa tambahan, ya.

Baca juga: 8 Penyebab Kulit Kering, Gejala, Cara Alami Mengatasinya

6. Mengonsumsi obat tertentu

Jika sakit tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh penyakit seperti flu, pilek, alergi, atau radang tenggorokan, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengonsumsi jenis obat tertentu. Dokter akan meresepkan obat sesuai dengan penyakit yang Anda alami.

Demikian beberapa penyebab serta cara mengatasi tenggorokan kering yang perlu Anda ketahui. Apabila setelah mencoba beberapa cara di atas namun kondisi tenggorokan tak kunjung mereda, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

Sementara itu, sebagai salah satu upaya sederhana pencegahan gejala tenggorokan kering, ada baiknya Anda memastikan cairan tubuh terpenuhi dengan cara minum air putih setiap hari sesuai anjuran. Selain mencegah dehidrasi, khasiat air putih sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh, sehingga Anda tak boleh melewatkannya.

Pilihlah air mineral berkualitas seperti AQUA yang mampu melindungi mata air dan lingkungan sekitarnya guna menjaga kemurniannya. Sumber air AQUA sendiri sudah disaring dan dimurnikan secara alami dari bebatuan alam pegunungan vulkanik, dan dicek kembali oleh para ahli sebelum sampai ke tangan Anda.

AQUA hadir dalam kemasan gelas 220 ml, botol 330 ml, 600 ml, 750 ml, hingga 1500 ml yang cocok menemani Anda ketika beraktivitas di luar maupun travelling. Sedangkan untuk di rumah, kemasan galon 19 liter siap mencukupi kebutuhan air minum keluarga. Agar tidak lupa mencukupi asupan cairan tubuh, yuk buat jadwal minum #AQUADULU setiap hari!

Referensi:

  1. 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Berdasarkan Penyebabnya - Buka
  2. Kenali Penyebab Tenggorokan Kering dan Cara Mengatasinya - Buka
  3. Bukan Hanya Flu, Tenggorokan Kering Juga Bisa Disebabkan Berbagai Hal Ini! - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.