Logo AQUA

8 Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif dengan Mudah

Hidup Sehat | 15 Maret 2022

Bagikan:

8 Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif dengan Mudah

Sejatinya, cegukan adalah hal yang wajar terjadi. Namun jika berlangsung dalam waktu lama, hal ini mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan cegukan terus menerus. Apakah dengan minum air hangat?

Nah agar tidak salah paham lagi, yuk simak pembahasan lengkap mengenai cara menghilangkan cegukan dengan cepat yang bisa Anda coba di bawah ini!

Apa itu Cegukan?

Cegukan adalah kontraksi diafragma, yaitu struktur otot tepat di bawah paru-paru Anda yang terjadi secara berulang dan tidak terkendali. Ketika diafragma berkontraksi di luar ritme, tubuh akan meresponnya dengan menimbulkan reaksi seperti terkejut sekaligus suara “hik” secara spontan.

Kondisi cegukan ini dapat terjadi tiba-tiba dan juga bisa menghilang dengan sendirinya. Umumnya, cegukan berlangsung dalam beberapa menit saja.

Apa Penyebab Cegukan?

Cegukan dapat terjadi akibat saraf diafragma menegang. Alhasil saat Anda menarik napas secara tiba-tiba dan pita suara menutup, akan muncul suara khas seperti “hik” selama beberapa detik atau menit lamanya. Penyebabnya cegukan antara lain [1]:

  • Makan berlebihan
  • Makan terlalu cepat
  • Konsumsi makanan terlalu pedas atau panas
  • Konsumsi minuman berkarbonasi
  • Minum alkohol berlebihan
  • Terlalu banyak menelan udara saat mengunyah
  • Mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba
  • Terlalu emosional
  • Mengalami masalah kesehatan tertentu

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab cegukan, Anda bisa membaca selengkapnya di artikel Penyebab Cegukan Terus Menerus dan Cara Mengatasinya.

Cara Menghilangkan Cegukan

Meski umumnya akan menghilang dengan sendirinya, ada beberapa cara menghilangkan cegukan terus menerus secara sederhana yang bisa Anda lakukan. Diantaranya yaitu:

1. Atur teknik pernapasan

Meski tampak sederhana, mengatur pernapasan sebenarnya merupakan teknik dasar yang dianggap cukup efektif. Cara pertama, coba tarik napas perlahan kemudian tahan selama 10 hingga 20 detik. Setelah itu, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi hingga cegukan berkurang.

2. Peluk lutut Anda

Teknik ini merupakan salah satu cara menghilangkan cegukan dengan cepat yang bisa Anda coba dimanapun. Sebab dengan menekuk lutut, tekanan di dalam perut akan mengalami peningkatan sehingga mencegah tarikan diafragma yang sedang spasme.

Caranya, tenangkan diri dan duduklah di tempat yang nyaman. Kemudian tekuk lutut Anda lalu peluklah dengan erat. Tahan posisi ini sekitar dua menit lamanya sampai Anda merasa lebih baik.

3. Tekan diafragma

Memberikan tekanan ke beberapa titik tubuh seperti diafragma juga dianggap sebagai cara menghilangkan cegukan terus menerus yang terbilang efisien. Tekan area tepat di bawah ujung tulang dada Anda untuk membantu merangsang saraf vagus dan frenikus sekaligus mengendurkan diafragma.

Baca juga: 6 Tips Mudah Cara Membiasakan Minum Air Putih, Yuk Simak!

4. Berkumur atau minum air es

Berkumur atau minum air dingin secara perlahan dapat membantu merangsang adanya reflek telan sehingga glotis akan menutup otomatis. Itulah sebabnya teknik ini dijadikan sebagai cara menghilangkan cegukan terus menerus dengan cepat. Anda juga bisa melakukannya dengan menghisap es batu kemudian telan saat ukurannya telah menyusut.

5. Makan makanan manis

Mengonsumsi sesendok madu atau sejumput gula akan sangat membantu Anda untuk menyembuhkan cegukan. Hal ini dikarenakan butiran gula yang lengket dinilai mampu mengubah irama pernapasan. Sebelum menelannya, tahanlah sejenak di mulut sekitar 5 hingga 10 detik lamanya.

6. Konsumsi lemon

Cara menghilangkan cegukan terus menerus selanjutnya ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi seiris lemon. Rasa asam pada lemon akan menyebabkan otot-otot di kerongkongan terangsang kemudian berkontraksi. Alhasil, udara yang masuk pada saluran nafas akibat cegukan pun berkurang.

Akan tetapi mengingat kandungan asamnya cukup tinggi, pastikan untuk berkumur dengan air putih demi mempertahankan kesehatan gigi Anda.

7. Usap bagian belakang leher

Memberikan sedikit rangsangan pada leher dengan menepuk pelan atau mengusapnya akan membantu mendorong saraf frenikus. Anda juga bisa menyentuh sedikit bagian belakang tenggorokan sampai tersedak atau batuk. Reaksi ini dinilai dapat merangsang saraf vagal di leher Anda.

8. Alihkan perhatian

Cara menghilangkan cegukan terakhir ini mungkin terbilang sederhana bila dibandingkan dengan teknik-teknik sebelumnya. Namun cegukan memang dianggap akan lebih cepat hilang dengan sendirinya saat Anda tidak berfokus padanya. Jadi ketika cegukan menyerang, cobalah untuk melakukan aktivitas lain yang seru dan menyenangkan. [2]

Baca juga: 15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Cara Mencegah Cegukan

Setelah mengetahui beberapa cara menghilangkannya, ada baiknya juga bila Anda mengetahui teknik-teknik tertentu yang dapat mencegah datangnya kondisi tersebut, yaitu dengan:

  • Jika ingin makan lebih sering, cobalah dengan porsi sedikit daripada harus langsung makan dalam porsi besar di waktu bersamaan. Hal ini akan sangat membantu mempertahankan kondisi diafragma Anda tetap stabil.
  • Minum minuman beralkohol dan berkarbonasi seperti soda secukupnya untuk meminimalisir masuknya udara terlalu banyak ke dalam saluran pencernaan.
  • Jauhi kemungkinan situasi dimana Anda akan mengalami perubahan suhu mendadak.
  • Selalu berusaha tenang untuk menghindari reaksi emosional yang terlalu berlebihan. [3]

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan terus menerus dengan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah. Setelah memahaminya, mulai sekarang biasakanlah untuk makan dan minum secara perlahan untuk menghindarinya. Terakhir, selalu cukupi kebutuhan air minum dengan #AQUADULU sebelum memulai segala aktivitas Anda. Sampai jumpa!

Referensi:

  1. Hiccups - NHS - Buka
  2. How to Get Rid of Hiccups - Buka
  3. Everything You Need to Know About Hiccups - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .