6 Cara Menghilangkan Lemak Perut Secara Alami dan Efektif

Hidup Aktif | 16 April 2022

Bagikan:

6 Cara Menghilangkan Lemak Perut Secara Alami dan Efektif

Memiliki perut ramping merupakan idaman banyak orang. Tak dapat dipungkiri, selain membuat tubuh jadi terlihat lebih ideal, dalam segi kesehatan sedikit lemak bisa menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan potensi penyakit seperti diabetes tipe 2. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menghilangkan lemak di perut?

Perlu diketahui, lemak perut atau dapat disebut lemak visceral adalah jenis lemak yang berpotensi berbahaya bagi organ yang berada di perut. Lemak visceral diketahui sangat responsif terhadap apa yang kita makan [1]. Cara menghilangkan lemak di perut pun tentu membutuhkan kesabaran dan harus dilakukan secara rutin dan juga konsisten.

Lantas, bagaimanakah caranya? Di bawah ini beberapa ada langkah untuk mengatasi lemak perut secara alami yang bisa Anda coba dirumah. Yuk, simak!

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Mengatasi lemak di perut memang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama atau tidak instan. Namun, ada sejumlah cara menghilangkan lemak di perut yang bisa Anda lakukan untuk mengupayakannya, antara lain:

1. Kontrol Porsi Makan

Cara menghilangkan lemak di perut yang pertama ialah kontrol porsi makan. Ya, Anda bisa mulai dengan mengurangi porsi makan dari jumlah biasanya, namun dalam waktu yang lebih sering. Selain itu, pastikan jadwal makan Anda teratur dan jangan sampai melewatkan sarapan.

Banyak orang yang melewatkan sarapan karena menganggap bisa lebih menurunkan berat badan. Padahal nyatanya salah satu manfaat sarapan adalah membantu menyeimbangkan kalori, dan melewatkannya justru membuat nafsu makan Anda meningkat di siang hari.

2. Selektif Memilih Jenis Makanan dan Minuman

Cara menghilangkan lemak di perut berikutnya ialah dengan selektif memilih menu makanan maupun minuman. Ada berbagai menu diet sehat dan bernutrisi yang bisa Anda masukkan dalam daftar harian, seperti jenis makanan tinggi serat, karbohidrat kompleks, atau mengandung lemak sehat.

Ada baiknya Anda menghindari atau membatasi konsumsi makanan cepat saji dan minuman dengan kadar gula tinggi, sebab akan membuat perut buncit dan tidak sehat [2]. Anda bisa beralih ke berbagai jenis makanan tinggi protein yang jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Makanan Rendah Kalori Kunci Tubuh Ideal

3. Rajin Berolahraga

Selain pola makan sehat yang dilakukan secara konsisten, Anda juga harus imbangi dengan rutin berolahraga sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Setidaknya Anda melakukan olahraga selama 30 menit atau 5 hari dalam seminggu.

Ada beberapa jenis olahraga untuk bantu mengurangi lemak di tubuh yang bisa dilakukan di antaranya seperti jalan kaki, zumba, dan berenang [2].

4. Kurangi Stress

Menurut Healthline, ternyata stres juga dapat membuat perut seseorang bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga disebut dengan hormon stres [3]. Saat sedang stres, Anda akan menjadi lebih sering lapar, sehingga terdorong untuk banyak makan atau sekedar ngemil.

Sehingga, ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang membuat stress untuk mencegah meningkatnya lemak di tubuh.

5. Tingkatkan kualitas tidur

Selain sebagai penghilang rasa lelah, tidur juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan lemak di perut, lho. Pasalnya, tidur dapat mempengaruhi berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut. Usahakan tidur minimal 7 jam per malam [1].

6. Minum Air Putih yang Cukup

Mencukupi asupan cairan tubuh dengan rutin minum air putih juga merupakan salah satu cara menghilangkan lemak di perut. Apalagi ketika rasa lapar timbul pada malam hari, Anda dapat mengganti makan malam tersebut dengan perbanyak minum air putih dan mengonsumsi snack seperti roti gandum, oatmeal dan juga buah [2].

Itulah berbagai cara menghilangkan lemak di perut. Jangan lupa menerapkan pola hidup sehat dengan rutin minum air mineral sebanyak 2 liter setiap hari. Pilihlan air mineral yang telah terpercaya sumber dan kualitasnya.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh, Efektif Bantu Diet!

AQUA adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, karena kesegarannya tetap terjaga dan setiap tetes kemurniannya telah melalui lebih dari 400 cek kualitas dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga telah dipercaya dalam menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri [4].

Pilih selalu AQUA untuk untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga!

Referensi:

  1. 17 Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami - Buka
  2. Ini Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Benar - Buka
  3. What Causes Stress Belly and How to Treat and Prevent it - Buka
  4. Ingin Punya Tubuh Langsing Minum Air Mineral Terbaik! - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.