7 Cara Menghilangkan Stres Agar Lebih Tenang dan Bahagia

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

7 Cara Menghilangkan Stres Agar Lebih Tenang dan Bahagia

Apakah Anda sedang dilanda rasa jenuh dan stres akhir-akhir ini? Jangan dibiarkan begitu saja. Coba ikuti beberapa cara menghilangkan stress pikiran agar perasaan bisa menjadi lebih tenang dan juga bahagia.

Stres adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja mulai dari pekerja, ibu rumah tangga, hingga pelajar. Penyebab stres pun bermacam-macam seperti adanya tanggung jawab terlalu besar di tempat kerja, beban tugas sekolah, rasa penat hingga khawatir berlebihan.

Stres merupakan respon yang dihasilkan tubuh untuk membantu tubuh beradaptasi dengan situasi baru [1]. Meskipun tergolong normal, stres tak boleh disepelekan. Sebab, stres yang menumpuk bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan fisik dan jiwa [2].

Nah, apabila Anda sedang berada di situasi seperti ini, yuk mulai terapkan cara menghilangkan stres dan jenuh sebagai langkah sederhana untuk memulai hidup sehat.

7 Cara Menghilangkan Stres

Di tingkatan normal, stres bisa memotivasi individu. Tapi, di sisi lain hal tersebut dapat memberikan efek kurang baik dan mengganggu kehidupan sehari-sehari. Untuk menghindari itu terjadi, coba beberapa tips ini.

1. Istirahat Sejenak dari Rutinitas

Terkadang stres dipicu oleh kejenuhan akan rutinitas sehari-hari. Maka, tak ada salahnya apabila Anda beristirahat sejenak dari aktivitas tersebut. Jika Anda sudah bekerja dan memungkinkan untuk cuti, ambilah cuti selama 1 - 2 hari. Namun, jika Anda masih bersekolah, manfaatkan akhir pekan sebagai waktu beristirahat.

Buat me time dan lakukan hal-hal yang membuat diri nyaman seperti mengerjakan hobi atau bersantai di rumah sembari berendam air panas. Air panas rupanya memiliki efek menenangkan untuk melepaskan stres [3]. Anda juga dapat menghabiskan waktu memanjakan diri dengan pergi ke salon serta tempat pijat refleksi.

2. Sampaikan Keluh Kesah yang Dirasakan

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan stres pikiran yang sederhana namun cukup berpengaruh, maka jawabannya adalah dengan curhat. Menyampaikan segala keluh kesah tersebut ke orang lain yang Anda percaya rupanya bisa melepaskan emosi dan mengurangi stres sekaligus memperoleh perspektif lebih baik.

Namun, jika masih kurang nyaman bercerita dengan orang lain, Anda bisa memulainya melalui tulisan seperti diary. Curahkan semua yang sedang Anda rasakan. Psikolog James Pennebaker (1997) menyebutkan bahwa meluapkan emosi melalui tulisan dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang [4].

3. Olahraga

Cara menghilangkan stres pekerjaan yang patut dicoba adalah dengan berolahraga. Olahraga meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh yang dapat memberikan energi positif sehingga memicu perasaan senang. Sebagai permulaan, Anda bisa bersepeda, jalan santai, jogging di sore hari atau melakukan meditasi dan gerakan-gerakan yoga.

Baca juga: 5 Manfaat Bersepeda Rutin Untuk Jaga Kesehatan Tubuh

4. Terapkan Budaya Hidup Sehat

Bagaimana cara menghilangkan stres dan jenuh lainnya? Mudah saja, coba terapkan budaya hidup sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Apabila mulai merasakan gejala seperti susah fokus, coba selalu sediakan #AQUADULU untuk membantu jaga konsentrasi Anda.

Sementara itu, hentikan kebiasaan kurang baik seperti begadang. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 7 -8 jam demi menghindari efek begadang.

5. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Tahukah Anda? Menurut studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania di tahun 2018, mengurangi penggunaan media sosial selama 30 menit per hari bisa menurunkan level anxiety, depresi, kesepian, permasalahan tidur, dan FOMO (Fear of Missing Out) [5].

Jadi, jika Anda sudah mulai merasakan gejala stres seperti susah konsentrasi diikuti rasa khawatir terus-terusan, coba mulai dengan mengurangi intensitas Anda di sosial media. Tak menutup kemungkinan jika penyebab stres berasal dari sosial media, bukan?

Cara menghilangkan stres pikiran ini mungkin sedikit sulit diterapkan. Oleh karenanya, Anda bisa menerapkannya secara perlahan namun pasti. Contohnya, hapus sementara aplikasi sosial media yang tidak terlalu penting selama 1 - 2 hari. Cari kesibukan serta alternatif hiburan bermanfaat lainnya seperti membaca buku dan memasak.

6. Fokus pada Masa Kini dan Susun Prioritas

Nah, apabila Anda seorang pelajar dan sedang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan stres karena tugas, maka jawaban paling tepat adalah dengan fokus di masa kini. Coba kerjakan apa yang ada sekarang dan selesaikan secara perlahan. Tak jarang, stres disebabkan karena rasa cemas akan hal di masa mendatang dan diperparah oleh tugas-tugas di masa saat ini.

Coba buat daftar prioritas. Kerjakan terlebih dahulu tugas yang memiliki tenggat waktu paling cepat. Lalu set durasi untuk mengerjakan setiap tugasnya agar lebih termotivasi. Tanpa disadari, beban tugas pun akan berkurang satu per satu.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

7. Konsultasikan dengan Psikolog

Cara menghilangkan stres pikiran yang terakhir dan efektif adalah dengan menghubungi psikolog. Psikolog merupakan ahli dalam bidang ini. Konsultasikan semua permasalahan Anda yang Anda pikir membuat Anda menjadi stres. Psikolog akan membantu mencari sumber stres dan mengatasinya hingga ke akar-akar. Jadi, tak perlu takut, ya!

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara menghilangkan stres karena tugas, pekerjaan, dan hal lainnya. Stres memang kondisi yang normal dialami tubuh, tapi alangkah baiknya apabila Anda bisa mengatasinya lebih awal dengan beberapa langkah di atas agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Yuk selalu jaga kesehatan tubuh, fisik dan mental, dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik. Salah satunya dimulai dari minum #AQUADULU sebanyak 2 liter per hari untuk jaga konsentrasi dan memenuhi kebutuhan cairan.

Referensi:

  1. Stress - Buka
  2. Apa saja gejala Stres? - Buka
  3. What are the health benefits of using a hot tub? - Buka
  4. Why Talking About Our Problems Makes Us Feel Better - Buka
  5. Social Media and Mental Health - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.