7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru, Rutin Minum Air Putih!

Hidup Sehat | 31 Mei 2022

Bagikan:

7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru, Rutin Minum Air Putih!

Paru-paru merupakan salah satu organ utama tubuh yang memegang peran krusial dalam sistem pernapasan. Mengingat hal tersebut, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Adapun salah satunya ialah dengan menerapkan budaya hidup sehat.

Pasalnya, jika paru-paru terganggu, Anda akan berisiko mengalami sejumlah penyakit, seperti asma, pneumonia, bronkitis, dan tuberkulosis. Namun tak perlu khawatir, sebab di bawah ini terdapat beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda ikuti. Simak, yuk!

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru?

Memastikan paru-paru sehat merupakan langkah penting yang patut Anda lakukan sedini mungkin untuk menghindari risiko gangguan kesehatan berbahaya lainnya. Maka dari itu, yuk simak cara menjaga kesehatan paru-paru berikut.

1. Lakukan Vaksinasi

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang pertama adalah dengan melakukan vaksinasi. Ini bisa menjadi salah satu pencegahan agar Anda terhindar dari serangan infeksi saluran pernapasan yang berisiko menyebabkan komplikasi berbahaya. Apalagi jika Anda memiliki sistem imunitas lemah, vaksinasi akan sangat tepat untuk dilakukan.

2. Hindari Polusi di Dalam dan Luar Ruangan

Cara menjaga kesehatan paru-paru lainnya ialah hindari polusi udara di dalam maupun luar ruangan. Pasalnya, polusi tersebut dapat membuat Anda sulit bernapas atau hingga meningkatkan risiko penyakit paru-paru seperti kanker. Untuk itu, Anda bisa melakukan sejumlah tips berikut ini.

  • Batasi aktivitas di luar ruangan ketika kualitas udara buruk
  • Gunakan masker ketika berada di luar rumah
  • Hindari berolahraga ketika terdapat kabut asap atau di area jalan raya yang ramai kendaraan
  • Gunakan peralatan filter udara dalam ruangan dan ganti secara berkala
  • Hindari penggunaan bahan kimia berbau nyengat di ruangan yang tertutup
  • Bila udara di luar sangat tercemar, tutup pintu dan jendela rumah

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Fungsinya Tetap Optimal

3. Jaga Kebersihan Rumah

Selain menghindari polusi, Anda juga sebaiknya menjaga kebersihan rumah agar udara dalam ruangan selalu terjaga. Pasalnya, sebagian sumber polutan biasanya berasal dari barang-barang di rumah. Berikut tips-tipsnya yang bisa Anda terapkan.

  • Bersihkan segala sisi rumah secara berkala dari debu, jamur, ataupun bulu hewan yang bisa menjadi pemicu asma, alergi dan masalah lainnya.
  • Jangan lupa bersihkan pula perabotan rumah tangga dengan rutin, seperti meja, sofa, karpet, tempat tidur, maupun toilet.
  • Pastikan sirkulasi udara dalam rumah berjalan baik, Anda bisa membuka pintu atau jendela secara berkala
  • Jaga kelembaban udara dengan memanfaatkan air humidifier
  • Untuk pengharum ruangan, Anda lebih disarankan menggunakan aromatherapy diffuser dan essential oil dibanding lilin beraroma

4. Rajin Cuci Tangan

Jarang diketahui, salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan. Sebab, sejumlah masalah pernapasan umumnya disebabkan oleh infeksi yang disalurkan melalui tangan.

Maka dari itu, untuk menghindarinya, Anda dianjurkan selalu mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air setelah melakukan suatu aktivitas. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan hand sanitizer ketika bepergian.

5. Rajin Berolahraga

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang tak kalah penting ialah rajin berolahraga. Ya, aktivitas fisik memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk paru-paru. Kebiasaan ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sistem pernapasan Anda menjadi jauh lebih baik.

Untuk itu, Anda disarankan berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari sebanyak 5 kali dalam seminggu atau setara dengan 150 menit/minggu.

6. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Memperhatikan makanan yang Anda konsumsi juga termasuk cara menjaga kesehatan paru-paru. Mengutip dari Healthline, makanan dengan kandungan antioksidan tinggi diketahui mampu memberikan manfaat tersebut.

Adapun rekomendasi makanan untuk kesehatan paru-paru ialah sebagai berikut.

  • Sayuran hijau
  • Buah apel
  • Stroberi
  • Kacang-kacangan
  • Coklat hitam

7. Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah Anda, minum air putih yang cukup merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru. Ya, memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi adalah faktor penting untuk membantu paru-paru bekerja dengan baik. Seperti kita ketahui, mencukupi kebutuhan cairan tubuh memiliki peran besar dalam kinerja organ tubuh.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan di manapun agar tubuh terhindar dari dampak dehidrasi yang membahayakan kesehatan tubuh. AQUA sendiri mengandung air mineral berkualitas dan kemurniannya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

Baca juga: 12 Jenis Mineral dan Fungsinya yang Diperlukan Bagi Tubuh

AQUA berasal dari sumber air pegunungan pilihan yang ekosistemnya senantiasa selalu terjaga selama lebih dari 49 tahun. Bahkan, untuk memastikan kemurnian mineralnya, proses pengemasan AQUA dilakukan melalui 400 tahap uji klinis sebelum akhirnya sampai di tangan Anda.

Nah, dengan minum air mineral berkualitas seperti AQUA, tubuh akan terhidrasi dengan baik hingga menjadi jauh lebih sehat dan bugar. Anda pun siap menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Well, itulah cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda terapkan. Selain langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk melakukan medical check up secara rutin setiap tahun agar mengetahui kesehatan Anda yang sesungguhnya.

Hal ini akan membantu Anda mengatasi gangguan kesehatan tubuh sedini mungkin dan mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi. Semoga bermanfaat, ya!

Referensi:

1. How to keep lungs healthy - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.