Logo AQUA

10 Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat, Bersih, dan Bugar

Hidup Sehat | 27 Mei 2022

Bagikan:

10 Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat, Bersih, dan Bugar

Tahukah Anda, cara merawat tubuh tidak hanya diperlukan untuk menunjang penampilan, melainkan juga agar Anda senantiasa sehat dan bugar. Yup, merawat tubuh bukanlah suatu hal yang sulit, terlebih jika Anda melakukannya secara konsisten. Jika kesehatan tubuh terjaga, maka risiko terserang penyakit juga akan berkurang.

Penasaran apa saja yang harus dilakukan untuk merawat tubuh agar bersih, sehat, dan fit? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Cara merawat tubuh secara alami

Merawat tubuh tidak perlu menggunakan peralatan maupun biaya mahal, sebab Anda dapat melakukannya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Mandi dua kali sehari

Cara merawat tubuh agar bersih dan sehat yang pertama adalah rutin mandi dua kali sehari. Sesibuk apapun kegiatan Anda, jangan lupakan mandi, ya. Mandi adalah langkah perawatan tubuh paling mudah untuk membersihkan kulit dari kotoran atau bakteri yang menempel. Selain itu, mandi juga akan membuat Anda lebih rileks dan kembali bersemangat melanjutkan aktivitas.

Bersihkan seluruh tubuh mulai dari bagian atas hingga bawah, termasuk juga area lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak, kulit di bawah payudara, pangkal paha, dan bokong.

2. Membersihkan rongga mulut

Selain badan, Anda juga perlu membersihkan rongga mulut sebagai cara merawat tubuh secara alami. Untuk ini, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menggosok gigi dua kali sehari, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, dan berkumur setelah makan.

Tak lupa juga sebaiknya Anda rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

3. Menjaga kebersihan organ intim

Cara merawat tubuh agar bersih dan sehat di bagian organ intim adalah dengan membasuhnya menggunakan air mengalir saat mandi, sehabis buang air kecil atau buang air besar. Kemudian hidari menggunakan produk pembersih organ intim yang mengandung parfum, ya.

Selain itu, gunakan celana dalam berbahan katun agar kulit organ intim bisa bernapas dan tetap kering. Hindari menggunakan celana dalam bergantian dengan orang lain dan rajinlah mengganti setiap hari.

4. Rajin berolahraga

Olahraga secara teratur adalah cara merawat tubuh agar tetap sehat dan bugar yang perlu Anda perhatikan. Olahraga tak harus dengan intensitas berat, misalnya Anda bisa senam, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya. Anda juga dapat membiasakan sering jalan kaki. Pasalnya manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangatlah banyak.

Sediakan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk berolahraga. Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membakar lemak dalam tubuh. Tanpa olahraga, lemak tersebut akan menumpuk sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

5. Tidur dengan cukup

Setelah seharian beraktivitas, tubuh Anda juga memerlukan istirahat guna mengembalikan energi. Untuk itu, cara merawat tubuh agar sehat dan bugar adalah dengan tidur cukup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur minimal 8 jam setiap malam selama dua minggu bisa membuat tubuh lebih kebal dari serangan virus serta kuman dan bakteri.

Sedangkan orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam dapat 4 kali lebih mudah terserang flu dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih [1].

Baca juga: 8 Penyebab Kulit Kering, Gejala, Cara Alami Mengatasinya

6. Memperbanyak konsumsi makanan bergizi

Memperbanyak konsumsi makanan bergizi juga penting sebagai cara merawat tubuh secara alami. Jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, perbanyak konsumsi serat guna melancarkan organ pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

7. Menjaga pola makan

Masih banyak orang yang mengabaikan pola makan dan makan tepat waktu sehingga sering meninggalkan sarapan atau telat makan. Padahal, kebiasaan tersebut bisa memungkinkan seseorang mudah terkena penyakit maag.

8. Mengendalikan stres

Cara merawat tubuh agar tetap sehat yang kalah penting yaitu mengendalikan stres. Perlu diketahui bahwa stres terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga membuat seseorang mudah terserang penyakit. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Oleh karena itu, cobalah kelola stres Anda sebaik mungkin, misalnya dengan latihan yoga, meditasi, menarik napas dalam-dalam, jalan-jalan, atau sekadar melakukan hobi. Yuk sayangi diri sendiri!

9. Bersosialisasi dengan sekitar

Jarang disadari, bersosialisasi dengan sekitar juga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh, lho! Rasa kesepian seringkali dikaitkan sebagai pemicu munculnya beberapa jenis penyakit.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan tingkat stres sehingga memperlambat respon kekebalan tubuh dan proses penyembuhan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Malam Hari, Jenis & yang Harus Diperhatikan

10. Minum air dengan cukup

Tubuh manusia 75 persennya terdiri dari air, dan penting bagi Anda untuk memastikan kebutuhan cairan terpenuhi guna menjaga tubuh tetap sehat. Manfaat minum air putih di antaranya adalah menjaga suhu tubuh, meningkatkan fungsi otak, membuat kulit lebih sehat, dan masih banyak lagi.

Kekurangan cairan akan menyebabkan Anda mengalami dehidrasi dan menyebabkan pusing, lemas, hingga tidak fokus. Maka dari itu, jangan lupa minum #AQUADULU sebanyak 8 gelas per hari atau 2 liter setiap hari, ya.

Demikian pembahasan seputar cara merawat tubuh agar sehat, bersih, dan bugar. Anda dapat mempraktikkannya secara konsisten. Ingat, kesehatan itu mahal harganya. Jadi, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi AQUA, air mineral berkualitas yang murni dan terlindungi sampai ke tangan Anda.

Selain kemasan botol yang praktis dibawa kemana-mana, AQUA juga hadir dengan kemasan galon yang lebih hemat. Pasalnya Anda hanya perlu mengeluarkan kurang lebih Rp1.000 saja untuk setiap liternya. Terlebih lagi, kemasan galon ini dapat Anda gunakan kembali sehingga pastinya lebih ramah lingkungan.

Referensi:

  1. Psst! Ini 10 Siasat Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal dari Serangan Penyakit - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .