10 Cemilan untuk Diet yang Sehat, Bantu Menjaga Berat Badan!

Hidup Sehat | 07 Juni 2022

Bagikan:

10 Cemilan untuk Diet yang Sehat, Bantu Menjaga Berat Badan!

Dalam program menurunkan berat badan, orang-orang biasanya menerapkan metode defisit kalori dengan membatasi porsi atau jumlah makanan yang dikonsumsi. Namun di sisi lain, Anda juga dianjurkan meningkatkan frekuensi makan melalui cemilan untuk diet guna membantu mengelola rasa lapar sekaligus mencukupi asupan nutrisi tubuh.

Ya, sejumlah cemilan untuk diet dengan kandungan serat, protein, serta lemak sehat akan membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari. Berbagai makanan ringan tersebut bisa Anda jadikan sebagai alternatif ketika harus mengurangi asupan kalori harian. Ingin tahu apa saja?

Yuk simak ulasan berikut ini mengenai sederet resep cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri demi mendukung program penurunan berat badan Anda.

Rekomendasi Makanan Cemilan untuk Diet

Banyak orang mengira bahwa kebiasaan ngemil merupakan hal yang patut dihindari ketika ingin menurunkan berat badan. Well, pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, mengonsumsi cemilan di antara waktu makan nyatanya akan membantu Anda mengatasi rasa lapar, mencegah makan berlebih, sekaligus memenuhi asupan nutrisi yang tubuh perlukan selama diet.

Namun, bukan berarti Anda bisa ngemil jenis makanan apapun tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya. Nah, agar tidak bingung, di bawah ini terdapat beberapa cemilan tinggi nutrisi yang cocok Anda konsumsi selama diet. Check it out!

1. Popcorn Tawar

Rekomendasi makanan cemilan untuk diet yang pertama adalah popcorn tawar. Tanpa campuran mentega, garam, ataupun perasa lainnya, Anda bisa memilih olahan jagung lezat satu ini menemani aktivitas harian Anda dibanding kue-kue manis atau keripik lainnya. Jagung termasuk jenis biji-bijian utuh yang tinggi serat dan memiliki kandungan protein [1].

2. Oatmeal

Selain sebagai menu sarapan, oatmeal juga cocok Anda masukkan dalam daftar makanan cemilan untuk diet di segala waktu. Ya, selama ini oatmeal memang kerap menjadi pilihan ketika seseorang ingin menurunkan berat badan.

Bagaimana tidak, oatmeal merupakan makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks yang dapat menjaga berat badan tetap ideal. Seperti Anda ketahui, kandungan serat bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

3. Yogurt dan Campuran Buah Blueberry

Yogurt dengan campuran buah blueberry merupakan salah satu resep cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri di rumah. Anda dapat memilih greek yogurt karena lebih kaya akan protein dan kalsium dibanding jenis yogurt lainnya [2]. Greek yogurt juga serta rendah lemak dan kalori sehingga mendukung penurunan berat badan Anda.

Lalu, tambahkan pula buah blueberry sebagai pelengkap nilai gizi dan kelezatannya.  Buah blueberry sendiri diketahui sebagai sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: Cara Diet Karbo dan Manfaatnya untuk Turunkan Berat Badan

4. Campuran Kacang-kacangan

Tak perlu ditanyakan lagi, kacang-kacangan memang termasuk jenis makanan sehat dan bergizi yang memberikan keseimbangan nutrisi dengan sempurna ke dalam menu diet Anda, mulai dari protein, serat, dan juga lemak sehat [1].

Walau kandungan lemaknya tergolong tinggi, namun penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan cukup mengenyangkan dan menjaga rasa lapar Anda. Oleh karena itu, jangan ragu menambahkan berbagai jenis kacang ke dalam resep cemilan untuk diet sehat Anda sehari-hari.

5. Buah Pisang

Selain kacang-kacangan, buah juga wajib dimasukkan dalam daftar resep cemilan untuk diet Anda. Salah satu yang direkomendasikan adalah buah pisang. Bukan hanya karena rasanya manis dan enak, pisang merupakan buah bernutrisi yang kaya akan serat namun rendah kalori sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Untuk mengonsumsinya, campurkan saja buah pisang bersama makanan cemilan lain, seperti yogurt ataupun oatmeal. Buah ini akan meningkatkan kelezatan pada cemilan Anda karena rasa manis alaminya.

6. Potongan Buah Apel dan Selai Kacang

Tahukah Anda, buah apel memiliki banyak kandungan serat dan air yang dapat membuat seseorang merasa cepat kenyang. Hal ini tentu akan membantu Anda menurunkan asupan kalori harian hingga akhirnya menurunkan berat badan. Sebagai pelengkap nilai gizi cemilan Anda, cobalah konsumsi buah apel bersama selai kacang.

7. Keju dan Buah-buahan lainnya

Pada dasarnya, keju bisa Anda jadikan sebagai cemilan untuk diet yang cukup mengenyangkan. Produk olahan susu ini termasuk makanan tinggi protein dan kalsium sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Alih-alih meningkatkan berat badan karena kandungan lemak dan kalorinya, keju justru membantu Anda menjaga berat bedan dengan efektif.

Agar lebih lengkap, campurkan saja keju ke dalam resep cemilan untuk diet harian Anda lainnya, termasuk buah-buahan seperti anggur, pisang, apel, mangga, dan lain-lain.

8. Coklat Hitam

Siapa sangka jika cokelat hitam dapat menjadi makanan cemilan untuk diet. Ya, jarang diketahui bahwa jenis cokelat ini mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, menurut penelitian, cokelat hitam dapat mengendalikan nafsu makan Anda sehingga cocok dikonsumsi ketika diet. Namun, Anda tetap dianjurkan dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan.

9. Smoothie

Salah satu rekomendasi cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri adalah smoothie. Anda dapat mengolahnya menjadi makanan tinggi nutrisi yang terdiri atas bahan makanan campuran, mulai dari sayuran, buah, ataupun lemak sehat seperti alpukat, biji chia, atau kacang-kacangan [1].

Yogurt dan buah-buahan lainnya juga dapat Anda tambahkan sebagai bahan pelengkap untuk meningkatkan asupan nutrisi sehat ke dalam smoothie.

Baca juga: 7 Menu Makan Malam Untuk Diet, Ini Tipsnya Agar Tidak Gemuk

10. Telur Rebus

Rekomendasi cemilan untuk diet yang terakhir adalah telur rebus. Tak perlu ditanyakan lagi, telur merupakan salah satu makanan sehat dengan berbagai kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin D, K2, B12, dan masih banyak lagi [1].

Kandungan protein yang terdapat di dalam telur juga diketahui bisa membuat Anda merasa cepat kenyang sehingga mencegah kebiasaan makan berlebih.

Demikianlah sederet rekomendasi cemilan untuk diet yang bisa Anda coba. Guna mempertahankan berat badan, pastikan Anda mengonsumsi cemilan-cemilan tersebut dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan ya. Di samping itu, imbangi juga dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan minum air putih yang cukup.

Olahraga akan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori hingga akhirnya berguna menurunkan berat badan. Di sisi lain, mencukupi kebutuhan air putih selama program diet juga tak kalah penting. Mengapa? Setidaknya terdapat tiga alasan utama.

Pertama, minum air mineral bisa mengurangi rasa lapar. Kedua, air mineral tidak memiliki kandungan kalori sama sekali. Ketiga, minum air mineral dapat membantu meningkatkan energi yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, jangan lupa minum air putih yang cukup setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi. Pastikan Anda memilih air mineral terbaik seperti AQUA yang kualitas dan kemurniannya selalu terjaga selama lebih dari 48 tahun. 

Sebab, sumber air minum AQUA berasal dari pegunungan terpilih dan pengemasannya telah melalui ratusan pemeriksaan guna memastikan kandungan asli serta kebaikan alami di dalamnya.

Dengan demikian, kesegaran AQUA tidak perlu Anda ragukan lagi mengingat setiap tetes kemurniannya selalu terjaga. Anda pun dapat langsung merasakan manfaat dan kandungan dari air minum AQUA. Yuk, penuhi terapkan diet sehat dengan konsumsi #AQUADULU setiap hari!

Referensi:

  1. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight - Buka
  2. The 10 Best Snacks for Weight Loss, According to a Dietitian - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.