Ikuti 6 Tips Ini untuk Menguasai Teknik Menggiring Bola

Kebaikan AirHidup Aktif | 29 Agustus 2019

Sejak pertama kali diadakan tahun 2003, selama 15 tahun AQUA Danone Nations Cup (AQUA DNC) telah menjadi turnamen sepak bola terbesar anak usia 10-12 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Melalui ajang ini, AQUA DNC terus berupaya memberikan kesempatan kepada anak–anak Indonesia untuk dapat mewujudkan mimpinya dalam olahraga sepakbola melalui gaya hidup sehat dengan hidrasi yang berkualitas.

Banyak faktor yang diperlukan untuk mewujudkan mimpi menjadi pemain sepak bola yang andal. Salah satunya adalah keterampilan dalam bermain sepak bola, terutama menggiring bola. Meski tampak sederhana, tapi keterampilan yang satu ini merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai.

Dalam sepak bola, teknik menggiring bola sangat penting karena akan memudahkan pemain dalam memberikan umpan kepada timnya atau pun saat melakukan berbagai tembakan.

Selain itu, dengan teknik menggiring bola yang baik juga akan membantu dalam mempelajari kontrol bola yang lebih baik, serta mempertahankan gerakan dan keseimbangan yang lebih baik bergerak membawa bola ketika pertandingan.

Karena sifatnya yang penting ini, maka setiap pemain perlu untuk menguasai teknik dasar yang satu ini. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini 6 tips untuk menguasai teknik menggiring bola:

1. Lakukan sentuhan lembut dengan bola

Dengan melakukan sentuhan-sentuhan lembut, kamu akan lebih sering melakukan kontak dengan bola.

Pada awalnya, sentuhan yang lembut akan memperlambat akselerasi ketika menggiring bola, namun jika semakin terbiasa melatih teknik ini, maka menggiring bola dengan akselerasi yang lebih cepat pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

2. Gunakan ujung kaki depan ketika menggiring bola 

Ketika menggiring bola menyusuri lapangan, gunakan kaki bagian depan. Tujuannya adalah agar bola selalu terjaga dekat dengan kaki.

Saat menggiring dengan teknik ini, jaga ujung kaki depan selalu ada di depan karena akan membuat kecepatan dan keseimbangan lebih maksimal.

3. Perhatikan keadaan sekitar lapangan

Ketika sedang melatih keterampilan menggiring bola atau pun bermain, pemain pemula cenderung memfokuskan seluruh pandangannya pada bola yang sedang digiring.

Padahal sebaiknya kamu tidak hanya fokus kepada bola yang sedang digiring tapi juga keadaan sekeliling.

Dengan memperhatikan bola dengan sisi bawah penglihatan sekeliling, kamu bisa semakin mudah mempertahankan pandangan pada bagian lapangan yang lain.

Ini akan membantu melihat celah di antara pertahanan lawan, posisi rekan satu tim yang terbuka, posisi mencetak gol, dan lain-lain

4. Atur kecepatan ketika menggiring bola

Bergerak maju dengan sikap yang mudah ditebak menjadi cara paling mudah bagi lawan untuk menghentikan langkahmu.

Berlatihlah mengubah kecepatan saat menggiring bola. Dengan cara ini, kamu bisa lebih leluasa mengubah kecepatan dengan cara-cara membingungkan, sehingga lawan pun sulit mengantisipasi pergerakanmu.

5. Lindungi bola dengan kedua kaki

Jaga kedua lutut selalu menekuk saat mengumpan bolak-balik dengan bagian dalam kedua kaki. Badan harus berada di antara pemain lawan dan bola.

Kamu juga akan bisa mengubah arah secara lebih cepat.
Saat kamu menjaga bola dengan teknik ini maka pemain lawan akan cenderung lebih sulit merebut bola.

6. Lindungi bola dengan badan

Selain melindungi bola dengan kedua kaki, teknik lain yang bisa diterapkan dalam melindungi bola ialah melindunginya dengan badan saat pemain lawan hendak mendekat dan merebut bola.

Kamu bisa memakai keseluruhan badan untuk melindungi bola. Seperti misalnya kedua lengan, kaki, dan bahu untuk menjauhkan pemain lawan dari bola.

Selain itu juga jangan hanya mendorong atau menendang pemain lawan. Kamu juga bisa coba melindungi bola dengan kaki yang berada paling jauh dari pemain lawan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu pelajari dan terapkan dalam menguasai teknik menggiring bola yang baik dan benar.

Sebagai tambahan, kamu bisa memperhatikan bagaimana para pemain profesional menggiring bola dengan menonton beberapa video dan perhatikan seperti apa dan bagaimana teknik yang mereka lakukan saat menggiring bola.

Cobalah juga untuk mencari teman ketika mempelajari teknik menggiring bola. Kemampuanmu akan lebih cepat meningkat jika berlatih bersama orang lain dibandingkan latihan sendirian. Sesekali ajak tema untuk menghalangi langkahmu layaknya lawan dalam sebuah permainan.

Selain itu, jangan lupa juga pantau terus akun media sosial SehatAQUA dan website SehatAQUA untuk mengikuti keseruan dari AQUA DNC 2019. Pertandingan final dari AQUA DNC 2019 diselenggarakan di RCDE Stadium, Barcelona, Oktober tahun lalu. Di final tahun 2019, tim dari Indonesia berhasil meraih juara keempat.

 

Referensi:

https://id.wikihow.com/Melatih-Keterampilan-Menggiring-Bola-dengan-Baik
https://www.soccerxpert.com/soccertips/id1212.aspx
https://www.soccer-training-info.com/soccer_skills_drills.asp

Pesan sekarang