Imbangi aktivitas Travelingmu dengan minum air putih yang cukup

Kebaikan AirHidup Sehat | 22 Maret 2022

Bagikan:

Imbangi aktivitas Travelingmu dengan minum air putih yang cukup

Jika Anda sedang liburan, apakah Anda memperhatikan asupan air putih yang anda konsumsi? Berapa jumlah air putih yang Anda minum saat pergi liburan? Menjaga hidrasi saat berlibur terkadang sering kita lupakan, padahal erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Menjaga hidrasi tubuh ketika traveling atau liburan adalah hal yang sangat penting karena sangat dibutuhkan dalam mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas seharian, terutama apabila aktivitas liburan Anda mengeluarkan lebih banyak energi dibandingkan aktivitas harian Anda.

Lalu, sebenarnya berapa banyak air yang perlu kita konsumsi dalam sehari? masih banyak yang belum tahu akan hal ini. Supaya hidrasi tubuh tercukupi dengan baik, simak jumlah kebutuhan air putih pada tubuh manusia sebagai berikut:

Aturan Minum Air Putih Perhari yang Benar

Kekurangan atau kelebihan air putih akan berdampak pada kesehatan seseorang. Di antara keduanya, masalah kekurangan asupan air putih adalah masalah yang kerap kali lebih sering terjadi. Kekurangan air putih akan membuat tubuh sulit bekerja dan memicu terjadinya dehidrasi. Bahkan ketika tubuh kekurangan cairan sekitar 1,36% saja, maka akan memicu gangguan suasana hati dan konsentrasi [2].

Secara umum masing-masing orang dianjurkan untuk minum air putih 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas [3]. Hal ini tentu tidak berlaku untuk mereka dengan keadaan yang khusus, seperti sedang sakit atau aktivitas fisik yang berat.

Selama mengkonsumsi air mineral, ada waktu-waktu ideal untuk meminumnya seperti pada saat pagi hari yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh. Minum air putih 30 menit sebelum makan juga membantu untuk melancarkan jalur pencernaan.

Memahami angka pasti dari kebutuhan minum air putih setiap orang bisa memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Menyesuaikan Berat Badan

Anjuran asupan hidrasi harian orang dengan berat badan 45 kg berbeda dengan berat 70 kg. Alasannya, metabolisme tubuh yang dibutuhkan semakin meningkat seiring dengan tinggi berat badan. Cara cepat untuk menghitung kebutuhan adalah BB X 30ml [3].

Jadi jika Anda memiliki berat badan 70 kg maka dikalikan 30 ml, maka kebutuhan air mineral adalah 2,1 liter per hari.

Memperhatikan Warna Urin

Selanjutnya, kebutuhan minum air putih ternyata juga bisa dilihat dari warna urin yang keluar. Ketika warna urin pekat seperti kuning maka Anda masih membutuhkan asupan air putih yang banyak. Sedangkan jika warnanya lebih cenderung terang dan mendekati jernih artinya kebutuhan cairan dalam tubuh telah terpenuhi.

Menyesuaikan Kondisi Lingkungan

Jumlah air putih yang diminum juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal. Bagi orang yang tinggal di area panas sepanjang hari maka keringat dan tenaga yang dikeluarkan bisa lebih besar.

Akibatnya asupan cairan yang dibutuhkan juga lebih besar. Contohnya saja Anda yang tinggal di lingkungan ber AC dan merasa cukup dingin. Kebiasaan untuk buang air kecil pun akan meningkat.

Cairan tubuh yang terbuang harus diganti dengan sering minum air putih.

Mengalami Kondisi Kesehatan Tertentu

Hal ini tentu juga jadi faktor penentu jumlah air putih yang wajib dikonsumsi. Orang yang mengalami gagal jantung, sakit ginjal dan hati diwajibkan untuk minum air mineral lebih banyak. Hal yang sama juga terjadi bagi wanita hamil dan menyusui. Ibu membutuhkan lebih banyak cairan supaya bisa memproduksi ASI dengan baik.

Selama muncul rasa haus maka segeralah untuk minum air mineral. AQUA menjadi air minum dalam kemasan yang mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh jika diminum dengan teratur. Ada banyak kandungan mineral dalam AQUA seperti kalsium, magnesium, natrium dan selenium yang bermanfaat bagi tubuh..

Selain beberapa hal di atas, padatnya aktivitas tentu merupakan salah satu faktor penting yang menentukan asupan hidrasi Anda. Apabila Anda bepergian, tubuh akan cenderung membutuhkan energi lebih banyak. Untuk mengimbangi aktivitasmu dengan hidrasi yang cukup, selalu sediakan AQUA saat bepergian.

AQUA memiliki berbagai variasi ukuran sehingga Anda bisa dengan nyaman memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada AQUA 600ml yang cocok untuk dibawa bepergian, ukuran 330ml yang pas untuk jadi teman makan, hingga ukuran galon untuk kebutuhan hidrasi di tempat tinggal Anda. Kualitas AQUA juga terjamin karena AQUA melakukan tiga perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Anda sebagai masyarakat Indonesia pun bisa terus minum air putih dengan kandungan mineral yang baik agar kesehatan tetap terjamin. Yuk mulai cukupi hidrasi harianmu sekarang juga dengan AQUA!

 

Sumber:

  • Tingkat Pengetahuan Tentang Pentingnya Mengkonsumsi Air Mineral pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Keputran A Yogyakarta - buka
  • Berapa Liter Minum Air Putih Sehari yang Direkomendasikan? - buka
  • Wajib Tahu, Kebutuhan Air Bisa Dilihat Dari Ukuran Badan, Lho! - buka
  • Perlukah Air Minum Mengandung Mineral? - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.