13 Istilah-Istilah dalam Sepak Bola yang Sering Digunakan

Hidup Aktif | 30 November 2022

Bagikan:

13 Istilah-Istilah dalam Sepak Bola yang Sering Digunakan

Selain mempelajari ragam gerakannya, mengerti tentang istilah-istilah dalam sepak bola juga tak kalah penting. Terutama, jika Anda sering memainkannya.

Salah satu jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung ini cukup banyak digemari di Indonesia, bahkan dari berbagai kalangan usia [1].

Beberapa orang mungkin sudah sering mendengar sebagian istilah sepak bola, seperti kick off, offside, dan sebagainya, namun kurang paham mengenai artinya.

Maka dari itu, supaya Anda lebih jago dalam bermain sepak bola, yuk kenali juga istilah-istilah yang digunakan pada olahraga.

Istilah-Istilah dalam Sepak Bola

Sebagian istilah-istilah dalam sepak bola pasti sudah pernah Anda dengar. Nah, apabila ingin mengetahui definisinya secara lengkap, berikut masing-masing penjelasannya.

1. Free Kick

Istilah-istilah dalam sepak bola yang pertama adalah free kick atau tendangan bebas. Istilah ini digunakan untuk menyebut adanya pelanggaran oleh pemain lawan di luar kotak penalti.

Tendangan bebas dilakukan tanpa adanya gangguan atau halangan dari para pemain, namun pihak lawan diizinkan untuk membentuk pagar berbaris dengan jarak 10 meter dari titik terjadinya pelanggaran.

2. Offside

Dalam permainan sepak bola, offside terjadi ketika pemain tersentuh bola atau menerima kiriman bola dari timnya dengan kondisi pemain yang mendahului pemain paling belakang dari tim lawan.

3. Penalti

Penalti termasuk istilah-istilah dalam sepak bola yang paling sering didengar oleh orang awam. Penalti akan diberikan oleh wasit bila tim lawan secara sengaja melakukan pelanggaran berbahaya di kawasan kotak 16 area.

Saat terjadi penalti, maka tim lawan akan berkesempatan melakukan tendangan penalti sejauh 11 meter dari gawang tanpa adanya gangguan, maupun pagar barisan pemain. 

Selain itu, penalti akan berlaku ketika waktu telah habis dan skor masih seimbang, maka setiap tim akan diberikan kesempatan melakukan tendangan penalti untuk menentukan pemenang.

Baca Juga: Cara Olahraga yang Benar agar Dapatkan Hasil Optimal

4. Corner Kick 

Corner kick atau tendangan sudut akan dilakukan apabila pihak lawan secara sengaja ataupun tidak mengeluarkan bola ke arah belakang gawangnya sendiri.

Sama seperti namanya, tendangan sudut dilakukan di sudut lapangan atas aba-aba dari wasit. 

5. Red & Yellow Card

Terdapat dua jenis kartu yang pasti akan Anda temui dalam permainan sepak bola, yaitu kartu kuning dan kartu merah.

Dua jenis kartu ini diberikan dengan mempertimbangkan seberapa besar pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.

Kartu berwarna kuning menandakan bahwa pelanggaran yang dilakukan masih bisa ditoleransi, sementara kartu merah berarti pemain harus keluar lapangan.

Dua kali kartu kuning artinya sama dengan warna merah, yaitu pemain tidak dapat melanjutkan permainannya.

6. Clean Sheet

Clean sheet adalah istilah sepak bola yang digunakan ketika suatu tim sepak bola tidak mengalami kebobolan dalam sebuah laga, selama satu pertandingan penuh.

7. Hattrick

Hattrick adalah istilah sepak bola yang digunakan ketika ada satu pemain berhasil mencetak 3 gol selama satu sesi pertandingan.

8. Own Goal

Selanjutnya, istilah-istilah dalam sepak bola adalah own goal atau disebut juga gol bunuh diri, yaitu ketika terdapat seorang pemain yang tidak sengaja memasukkan bola ke gawangnya sendiri, sehingga bisa menambah poin bagi tim lawan. 

9. Midfielder

Midfielder merupakan poros serangan tim saat melakukan pertahanan maupun penyerangan, yang terbagi menjadi bagian menyerang, bertahan, dan sayap.

Midfielder memiliki tugas yang cukup penting selama permainan, yaitu menggiring pergerakan bola dari belakang ke depan dan mencetak gol dari jarak jauh.

Seseorang yang berperan sebagai midfielder dituntut memiliki visi misi yang bagus serta stamina tinggi.

Baca Juga: Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh? Ini Jawabannya

10. Striker

Istilah-istilah dalam sepak bola selanjutnya adalah striker, yaitu pemain yang bertugas sebagai penyerang terdepan.

Tujuan utama dari striker adalah mencetak gol sebanyak mungkin dan menjadi pelindung bagi tim sebagai penyerang di barisan depan.

11. Defender

Berkebalikan dari striker, defender atau bek adalah pemain yang bertugas untuk melakukan pertahanan, posisinya ada di bagian belakang dan di depan kiper.

Seorang defender perlu memiliki skill yang bagus dalam melakukan pertahanan. Selain itu, biasanya pada bagian bek akan dipilih pemain dengan postur tinggi. 

12. Heading

Istilah heading dalam permainan sepak bola adalah menyundul, lebih tepatnya menyundul atau mengontrol bola menggunakan kepala pemain.

Bila ingin melakukan heading dengan tepat, maka pastikan bola bersentuhan dengan bagian dahi. Beberapa tujuan heading adalah mengoper hingga mencetak gol.

13. Tekel

Istilah merampas bola dalam permainan sepak bola adalah tackling. Tekel atau tackling merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang perlu dikuasai oleh atlet.

Nah, itu dia penjelasan mengenai istilah-istilah dalam sepak bola yang umum digunakan dan sekiranya perlu Anda ketahui saat melangsungkan permainan.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dan banyak diminati di seluruh dunia.

Selain melatih skill dan memahami istilah-istilah yang digunakan di dalamnya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh saat bermain sepak bola.

Maka dari itu, agar tubuh tetap bugar saat berolahraga, pastikan cairan tubuh terpenuhi dengan minum air putih secara cukup.

Sediakan AQUA sebagai air minum untuk menemani aktivitas olahraga Anda sekaligus bantu penuhi cairan tubuh. 

Air AQUA diperoleh dari 100% air mineral pegunungan asli yang telah melewati hingga 400 cek kualitas untuk memastikan keasliannya hingga ke tangan Anda.

Sebagai pilihan yang praktis, AQUA telah tersedia dalam kemasan botol yang cocok dibawa saat berolahraga seperti ukuran 600 ml dan 1500 ml. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Yuk, selalu bawa #AQUADULU apa pun aktivitas Anda!

Baca Juga: 10 Istilah dalam Permainan Tenis Lapangan yang Perlu Dipahami

Referensi:

  1. Ini 6 Manfaat Sepak Bola bagi Kesehatan Tubuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.