Jaga Stamina, Berikut 5 Minuman Untuk Dehidrasi

Kebaikan AirHidup Sehat | 12 Januari 2021
Jaga Stamina, Berikut 5 Minuman Untuk Dehidrasi

Seperti yang telah kita ketahui, 70% tubuh manusia terdiri dari air. Dengan kata lain, hampir semua organ tubuh kita bergantung pada terpenuhinya kebutuhan akan air. Maka apabila kita kekurangan cairan atau dehidrasi, ada banyak dampak negatif yang terjadi pada tubuh kita. Di antaranya adalah menurunnya kesadaran, badan lemas tak berenergi, bibir kering, dan jantung berdebar. Bahkan, sudah banyak kasus kematian yang terjadi akibat dehidrasi akut.

Dehidrasi memang masalah yang jangan dianggap sepele. Terlebih ketika kita tinggal di negara tropis yang akrab dengan musim kemarau. Kehilangan cairan beserta zat-zat seperti laktat, asam amino, hingga sodium, akan membuat mulut Anda kering, sakit kepala, tidak bertenaga, dan sulit berbicara.

Oleh karena itu, mari kita menjaga kesehatan hidup salah satunya dengan mengetahui solusi yang paling tepat untuk mencegah dehidrasi. Tulisan berikut ini akan membahas apa saja minuman untuk dehidrasi yang paling cocok. Simak daftarnya berikut:

1. Air Putih

Sudah menjadi rahasia umum jika air putih atau air mineral adalah minuman yang paling cocok untuk mencegah dehidrasi. Air putih pun relatif lebih mudah didapat karena sudah tersedia di banyak toko kecil maupun besar.
Kita memang perlu mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kinerja otak, menjaga kesehatan kulit, mencegah badan pegal-pegal, serta memperlancar sistem pencernaan.

Jangan lupa untuk selalu minum air putih dengan kualitas terbaik, yang menghadirkan kebaikan hidup alami dalam setiap tetesnya. Pastikan kebutuhan hidrasi harianmu terpenuhi dengan produk air putih terbaik. AQUA adalah pilihan yang tepat karena dipilih dari mata air terbaik dan telah melewati 400 uji klinis yang menjamin kesegaran juga kesehatan para konsumen.

2. Air Kelapa

Minuman untuk dehidrasi berikutnya adalah air kelapa. Tidak hanya menghilangkan dahaga, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium, serta sumber serat makanan, kalsium, hingga vitamin C. Zat-zat tersebut berfungsi menguatkan sistem imun, melancarkan pencernaan, menambah energi, dan menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

3. Jus Jeruk

Buah yang satu ini memiliki kandungan cairan yang cukup besar sehingga pas untuk dijadikan jus untuk menghilangkan dahaga. Selain itu, benar bahwa jeruk mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang berkhasiat melepaskan racun dan mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit berbahaya. Khasiat jus jeruk lainnya adalah dapat mengobati penyakit batu ginjal serta menjaga kesehatan jantung. Minumlah jus jeruk tanpa gula atau pemanis buatan agar terbebas dari bahaya diabetes.

4. Susu

Susu juga dapat menjadi minuman untuk dehidrasi yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hampir 90% susu terdiri dari air, dilengkapi dengan zat-zat seperti lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, natrium, magnesium, dan kalium. Inilah yang menyebabkan susu mampu memulihkan cairan dan elektrolit yang hilang, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menurunkan tingkat depresi, memelihara kesehatan jantung, serta menjaga berat badan.

5. Minuman Isotonik

Istilah ‘minuman isotonik’ sekarang sudah tidak asing di telinga kita. Banyaknya produk minuman isotonik juga dipicu oleh kondisi negara tropis yang panas dan lembab. Isotonik sebenarnya berasal dari kata ‘Iso’ yang berarti sama, dan ‘Tonic’ yang berarti tekanan, sehingga minuman isotonik berarti minuman yang memiliki tekanan yang sama dengan cairan tubuh.
Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat akibat aktivitas yang dilakukan di musim kemarau, diperlukan cairan yang dapat segera menggantikan cairan, elektrolit, dan zat-zat lain yang hilang. Minuman Isotonik adalah minuman untuk dehidrasi yang juga bisa melakukan hal-hal tersebut.

Itulah kelima minuman yang cocok untuk mencegah dehidrasi. Konsumsi cairan yang seimbang akan berdampak baik untuk kesehatan. Diutamakan untuk minum air putih karena air putih lebih mudah diserap tubuh sehingga dengan cepat mengatasi dehidrasi. Minumlah air mineral yang mudah ditemukan seperti air mineral AQUA yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko kecil ataupun besar dan distribusinya sudah merata di seluruh Indonesia.

Selain mudah ditemukan di seluruh Indonesia, kualitas mineral AQUA bisa dijamin karena sumber airnya terlindungi. Hanya AQUA yang melakukan perlindungan mata air juga lingkungannya demi mempertahankan sumber air. Berkat itu, AQUA mampu menghadirkan air mineral berkualitas. Karena lingkungan di sekitar sumber air terawat, keseimbangan mineral di dalamnya tetap terjaga.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau para ahli agar Anda mengetahui porsi minuman yang harus dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi AQUA secara teratur untuk terhindar dari tubuh kekurangan cairan. Ayo cegah dehidrasi!

 

Source:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3547754/5-minuman-sehat-pencegah-dehidrasi-di-musim-kemarau
https://manfaat.co.id/manfaat-minuman-isotonik
https://food.detik.com/sehat/d-4175351/lengkapi-sarapan-dengan-jus-jeruk-dan-dapatkan-6-manfaat-sehatnya
https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/manfaat-kesehatan-luar-biasa-air-kelapa-muda/full
https://www.dokter.id/berita/manfaat-susu-bagi-kesehatan