Kemurnian AQUA

Jelajah Kebaikan AQUA: Mengenalkan Arti Penting Air Berkualitas dan Pelestarian Sumber Air

Danone-AQUA telah menggulirkan program Jelajah Kebaikan AQUA sejak 1 November 2019. Ini adalah sebuah inisiatif untuk memberi pemahaman tentang arti penting air berkualitas dan pelestarian sumber air yang berarti besar terhadap konservasi alam.

Jelajah Kebaikan AQUA merupakan kegiatan yang memungkinkan masyarakat untuk memahami perjalanan AQUA dalam menyediakan air berkualitas untuk Indonesia. Selain itu, di sana ada kesempatan bagi khalayak untuk mengambil bagian dalam beberapa program pelestarian sumber air.  

Perhelatan diisi berbagai pameran edukatif dan interaktif yang sangat menarik. Selain itu, ada pula gelar wicara dan lokakarya mengenai air, alam, dan kesehatan. Acara juga dilengkapi dengan kompetisi media sosial yang membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengunjungi salah satu sumber air AQUA bersama Goodness Ambassador Danone-AQUA, Dion Wiyoko. 

Melalui Jelajah Kebaikan AQUA, Danone-AQUA berhasil membuat pengunjung memahami arti penting air berkualitas untuk hidrasi sehat. Bukan hanya itu, pengunjung diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan pelestarian sumber air yang sangat bermanfaat demi konservasi alam.  Dua hal yang telah lama dilakukan oleh Danone-AQUA.

“Selama lebih dari 45 tahun, Danone-AQUA telah menghadirkan kebaikan alam yang berasal dari pegunungan terpilih untuk keluarga Indonesia. Kebaikan yang disajikan dalam bentuk air berkualitas ini bertujuan untuk memberikan hidrasi sehat kepada sebanyak mungkin orang Indonesia, ” kata Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-AQUA. “Dengan Jelajah Kebaikan AQUA, kami berharap dapat mengajak lebih banyak orang untuk peduli terhadap kualitas air minum dan terlibat dalam berbagai kegiatan pelestarian sumber air.”

Dalam memberi pemahaman hidrasi sehat misalnya. Pengunjung Jelajah Kebaikan AQUA berkesempatan untuk mencoba Kalkulator Hidrasi yang memungkinkan untuk mengecek tingkat kebutuhan hidrasi sehat harian menggunakan panel dan aktivitas yang tersedia. Bukan itu saja, ada juga konsultasi kesehatan 1:1 dengan pakar hidrasi sehat. 

Setelah dari sana, pengunjung akhirnya menjadi lebih tahu akan tingkat kebutuhan terhadap air minum yang cukup. Hal tersebut dirasa penting karena hidrasi sehat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Dengan memahami manfaatnya, pengunjung jadi lebih peduli terhadap pemenuhan cairan dalam keseharian.

“Saya melihat hal yang dilakukan AQUA sangatlah penting karena hidrasi yang sehat memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Saat ini, tingkat hidrasi masyarakat Indonesia sudah mengalami kemajuan. Sekitar 78% anak-anak, 79% remaja, dan 72% orang dewasa telah memiliki hidrasi yang cukup. Maka, untuk menjaga momentum positif tersebut, kita perlu mengonsumsi cukup air setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan,” ujar Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K., Ketua Indonesian Hydration Working Group.

PENGENALAN METODE PIJAR

Selain pemahaman tentang hidrasi sehat, Jelajah Kebaikan AQUA membuat pengunjung mengenal metode pemilihan sumber air AQUA sekaligus mempelajari 3R yang dapat membantu meminimalisasi dampak plastik terhadap lingkungan di area #BijakBerplastik.

Selama ini, Danone-AQUA memang sudah menghadirkan kebaikan untuk Indonesia secara konsisten. Selain mendukung hidrasi sehat melalui air berkualitas yang dihasilkan, Danone-AQUA juga menjalankan konservasi alam untuk melestarikan sumber air.

Danone-AQUA melakukannya secara sistematis dengan metode PIJAR. Ini adalah tiga langkah terdiri dari Pilih, Jaga, dan Rawat. 

Pada langkah pertama, Danone-AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman. Tidak heran, kebaikan air mampu dihadirkan secara maksimal oleh AQUA. Kemurniannya muncul dari air yang hadir dari sumber pegunungan terpilih yang terlindungi. 

Sedangkan pada langkah Jaga, Danone-AQUA memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di setiap botol AQUA, dengan melalui ratusan pemeriksaan kualitas. Setidaknya ada 400 parameter cek kualitas yang dilakukan untuk memastikannya aman dikonsumsi hingga ke tangan pelanggan.

Kedua langkah itu dilengkapi dengan Rawat. Pada bagian terakhir ini, Danone-AQUA fokus untuk melestarikan kualitas dan kuantitas sumber air melalui program konservasi alam, serta berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat lokal.

“Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih sumber air, seperti aliran dan keberlanjutan sumber air. Untuk membantu menjaga kuantitas, kualitas, dan keberlanjutan sumber air ini, serangkaian inisiatif perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan menanam pohon, karena pohon dapat membantu melindungi kualitas air tanah,” ujar Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone-AQUA.

Jelajah Kebaikan AQUA berhasil membuka mata masyarakat terhadap aneka kegiatan yang dilakukan oleh Danone-AQUA dalam menghadirkan air berkualitas dan melindungi alam. Setelah tahu kegiatan tersebut, masyarakat bisa terpanggil untuk lebih peduli terhadap alam sekitarnya.

Salah satunya adalah Dion yang merasa mendapat pengalaman berharga. Setelah hadir di Jelajah Kebaikan AQUA, ia mengaku terinspirasi untuk aktif melakukan perlindungan alam.

“Pameran Jelajah Kebaikan AQUA berhasil memperkuat kepercayaan saya terhadap AQUA sebagai merek yang setia menghadirkan air berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Mari berpartisipasi karena gerakan kecil yang kita lakukan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat dan lingkungan,” tegas Dion.

Siapa lagi yang ingin ikut serta?