10 Jenis Olahraga Air yang Seru & Menyehatkan, Patut Coba!

Hidup Aktif | 26 Juli 2022

Bagikan:

10 Jenis Olahraga Air yang Seru & Menyehatkan, Patut Coba!

Olahraga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menerapkan budaya hidup sehat.

Melakukannya sambil bersenang-senang bisa menjadi langkah awal untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan. Adapun salah satunya ialah dengan jenis olahraga air, seperti berenang.

Eits, tetapi bukan cuma itu, Anda bisa coba macam-macam olahraga air lainnya sebagai aktivitas baru yang lebih menantang dan tidak membosankan. 

Ingin tahu apa saja jenis olahraga air? Yuk intip berbagai rekomendasinya di bawah ini!

Macam-Macam Olahraga Air

Seperti jenis olahraga lainnya, manfaat melakukan olahraga air adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, menambah stamina, bahkan hingga menyehatkan jantung.

Namun, secara khusus, olahraga air dapat menguatkan otot-otot tubuh karena adanya tekanan alami ketika Anda bergerak di dalam air.

Lalu, apa saja jenis olahraga air? Berikut beberapa di antaranya.

1. Renang

Renang merupakan jenis olahraga air paling umum, di mana Anda menggerakan tubuh menggunakan tangan dan kaki untuk dapat melintas di dalam air.

Kebanyakan orang biasanya melakukan olahraga ini sebagai kegiatan rekreasi dan bersenang-senang.

Akan tetapi bukan berarti renang tak memiliki manfaat. Jika Anda melatihnya dengan tepat dan rutin, tentu renang bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Adapun manfaat renang di antaranya menjaga kesehatan paru-paru dan kardiovaskular, menurunkan berat badan, meningkatkan suasana hati, dan masih banyak lagi.

2. Renang Indah

Sedikit berbeda dari sebelumnya, renang indah atau dikenal juga dengan sebutan synchronized swimming merupakan jenis olahraga air yang dilakukan secara beregu, trio, atau tunggal.

Olahraga ini adalah perpaduan antara renang, tari, dan senam di mana Anda memerlukan kekuatan fisik, keluwesan, serta keindahan nilai seni dalam gerakannya.

3. Selancar (Surfing)

Contoh olahraga air berikutnya adalah selancar atau surfing. Ini merupakan olahraga yang tergolong cukup ekstrim sehingga memerlukan keterampilan tersendiri.

Saat melakukannya, terdapat dua gerakan dasar yang perlu Anda kuasai yaitu mengayuh dan berselancar.

Gerakan tersebut diketahui dapat melatih kekuatan bahu, tulang belakang, serta tubuh bagian bawah.

Jika Anda tertarik dan memang menyukai tantangan, mungkin jenis olahraga air ini bisa Anda coba. Namun tentu saja dengan arahan dari seorang profesional ya.

4. Polo Air

Pernahkah Anda bermain polo air? Well, polo air merupakan salah satu cabang olahraga air yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia.

Olahraga ini dilakukan secara berkelompok di mana memadukan antara renang, sepak bola, bola basket, dan juga gulat menjadi satu permainan menarik di dalam air.

Untuk melakukannya, Anda perlu membentuk dua tim yang masing-masingnya terdiri dari 6 pemain dan satu penjaga gawang.

Lalu tujuannya ialah memasukkan bola sebanyak-banyaknya. Seperti bermain sepak bola, setiap bola yang masuk akan memperoleh satu poin.

Baca juga: 9 Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan di Rumah

5. Kano

Jenis olahraga air lainnya adalah kano, yakni olahraga yang memanfaatkan sebuah perahu kecil terbuka dengan ujung lancip dan hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja.

Kano menggunakan tenaga manusia untuk menggerakan perahu, sehingga pendayung perlu mengayuh hingga akhirnya mencapai tujuan.

Sedikit berbeda dengan olahraga dayung yang posisi pendayungnya membelakangi tujuan, kano bisa bersisi ganda maupun tunggal.

6. Arung Jeram

Lalu, ada pula arung jeram. Jenis olahraga air dilakukan secara beregu dengan jumlah 4 orang peserta dan seorang pemandu.

Arung jeram meliputi unsur olahraga sekaligus petualangan dan rekreasi dengan menggunakan sebuah boat karet dan dayung di sungai yang memiliki aliran cukup kencang.

Untuk melakukannya, diperlukan kekompakan untuk dapat melewati berbagai rintangan di sungai, terlempar dan berputar ke sana kemari, hingga akhirnya mencapai titik tujuan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memakai alat pelindung untuk meminimalisir benturan ketika perahu terbalik ya.

7. Menyelam (Diving)

Apakah Anda suka melihat ikan-ikan dan karang di alam bawah laut? Jika iya, maka diving adalah contoh olahraga air yang cocok untuk Anda.

Namun, tidak bisa sembarangan, olahraga ini biasanya mensyaratkan adanya lisensi keahlian terlebih dahulu atau harus bersama seorang profesional.

Sebab, diving berisiko menyebabkan barotrauma bagi orang yang belum terbiasa menyelam.

Untuk melakukannya, diving menggunakan sejumlah peralatan, seperti masker, baju selam, dan kaki katak agar Anda dapat bergerak lincah di dalam air.

8. Snorkeling

Snorkeling juga satu dari macam-macam olahraga air yang bisa Anda coba jika ingin melihat keindahan bawah laut.

Bedanya dari diving, snorkeling bisa dilakukan oleh siapapun selama memiliki kemampuan berenang. Sebab, olahraga selam ini hanya dilakukan pada permukaan air.

Namun, Anda juga harus memakai perlengkapan untuk melindungi tubuh Anda dari hewan atau tumbuhan laut berbahaya serta trumbu karang yang dapat melukai tubuh.

9. Ski Air

Jenis olahraga air selanjutnya adalah ski air. Olahraga ini dilakukan dengan cara berdiri di atas papan lalu ditarik cukup kencang oleh sebuah perahu.

Adapun kemampuan dasar yang dilatih pada permainan ski air ialah Anda harus menyeimbangkan tubuh di atas permukaan air.

10. Jetski

Jika Anda menyukai tantangan dan adrenalin tinggi, jetski patut Anda coba. Biasanya, jetski dikendarai dengan kecepatan tinggi di tengah pantai.

Olahraga ini termasuk salah satu jenis olahraga air paling populer, termasuk di Indonesia. Adapun manfaatnya ialah melatih konsentrasi dan fokus agar bisa tetap seimbang meski dalam keadaan bergelombang.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan yang Patut Dicoba

Itu dia macam-macam olahraga air beserta sejumlah manfaatnya. Sejumlah jenis olahraga air di atas memerlukan keahlian khusus sehingga pastikan Anda melakukannya bersama seorang trainer terpercaya.

Sembari berolahraga, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari.

Pasalnya, tubuh Anda akan kehilangan lebih banyak cairan ketika olahraga. Sehingga Anda harus perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi yang berisiko menyebabkan masalah kesehatan.

Anda bisa pilih air minum berkualitas seperti AQUA yang mengandung mineral terbaik bagi tubuh.

AQUA tersedia dalam berbagai kemasan yang cukup praktis dan mudah dibawa kemana saja, terutama ketika beraktivitas di luar ruangan.

Salah satunya ialah kemasan Click & Go 750ml dengan sports cap yang dapat mempermudah Anda minum air selama berolahraga.

Yuk, minum #AQUADULU sebelum maupun sesudah berolahraga!

Referensi:

  1. 5 Jenis Olahraga Air yang Segar Sekaligus Menyehatkan - Buka
  2. 8 Macam Olahraga Air yang Bikin Segar dan Menyenangkan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.