Kandungan Air Putih yang Bermanfaat Bagi Tubuh Anda

Kandungan Air Putih yang Bermanfaat Bagi Tubuh Anda

Sebagai makhluk yang sebagian besar tubuhnya terdiri dari air, tentu air putih memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia. Mengonsumsi air putih delapan gelas sehari (setara dengan 2 liter) dapat menjauhkan kita dari risiko dehidrasi dan penyakit-penyakit lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang melupakan atau menganggap sepele kebutuhan esensial tersebut.

Kesadaran akan minum air putih yang cukup harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat. Banyak di antara kita yang memiliki gaya hidup dinamis dan aktif, sehingga membutuhkan lebih banyak energi. Di situlah peran air putih sangat dibutuhkan.

Perlu diingat pula, minum air putih yang cukup bukan hanya dilakukan ketika kita sedang mengerjakan aktivitas berat dan berkeringat saja. Ketika tidur, tubuh kita sama sekali tidak mendapatkan asupan cairan sama sekali selama kurang lebih enam jam. Maka sangat penting untuk kita meminum satu atau dua gelas air putih setiap sebelum tidur dan sesudah bangun agar tubuh tetap fit.

Selain itu, pastikan juga Anda memilih air putih berkualitas yang sudah pasti mengalirkan kebaikan hidup alami dari sumber mata air pegunungan terpilih. Air yang menerapkan standar nasional dari proses kemasan sampai pengisian akan menghindarkan Anda dari bakteri-bakteri jahat di luar sana.

 Lalu, sebenarnya apa saja kandungan air putih yang bermanfaat bagi tubuh kita? Tulisan ini akan membedah satu persatu, agar Anda semakin sadar akan manfaat konsumsi air putih. Simak daftarnya berikut:

 

Silika 

Kandungan air putih ini sebenarnya sudah banyak terkandung pada jaringan pembuluh darah, kulit, dan rambut. Fungsinya adalah untuk menjaga keutuhan dan kinerja jaringan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis. Dengan mengonsumsi lebih banyak Silika, kita juga merawat kesehatan tulang dan jaringan, serta menjaga keremajaan kulit. Dengan kata lain, minum air putih dapat membuat tubuh Anda tetap fit hingga usia lanjut.

 

Magnesium dan Kalsium 

Kedua kandungan air putih ini berperan penting dalam struktur tulang, kontraksi otot, transmisi impuls saraf, pembekuan darah, dan pengiriman sinyal pada sel. Apabila kita kekurangan zat ini, maka akan berdampak langsung pada fungsi saraf, yang dapat mengakibatkan anoreksia, kelemahan otot, kelelahan, dan ketidakseimbangan dalam berjalan.

 

Natrium dan Kalium 

Bagi yang Anda yang belum mengetahui, cairan dalam tubuh dibagi ke dalam dua kompartemen utama yakni cairan ekstrasel (CES) dan cairan intrasel (CIS). Pada keduanya, terdapat zat berupa elektrolit yang di antaranya adalah Natrium dan Kalium. Kedua kandungan air putih ini penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan fungsi sel, serta menjaga fungsi saraf yang mengendalikan jantung.

 

Zink dan Selenium 

Zink adalah kandungan air putih yang berperan penting dalam pembentukan inti sel (DNA) dan protein, serta turut bekerja di sekitar 300 enzim dalam tubuh manusia. Bersama selenium, zink menjaga kesehatan saraf otak, dan juga dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh.

 

Itulah sebagian zat-zat yang terkandung dalam air putih beserta manfaatnya. Selain kandungan zat-zat tersebut air putih juga memiliki kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, menghindarkan tubuh dari pegal-pegal, serta memperlancar sistem pencernaan.

 Pastikan kamu mengkonsumsi AQUA. Karena hanya AQUA yang selama 45 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen.

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

 

 

Source:

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2012.
  2. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  3. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/manfaat-kandungan-mineral-dalam-air-pegunungan
Pesan sekarang