5 Sumber Karbohidrat Kompleks, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hidup Sehat | 08 Juni 2022

Bagikan:

5 Sumber Karbohidrat Kompleks, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Karbohidrat kompleks adalah salah satu dari jenis nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh. Pasalnya, nutrisi ini memegang peranan penting dalam memastikan tubuh Anda dapat bekerja sebagaimana mestinya. Lalu, apa perbedaan karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks?

Walaupun sama-sama menjadi sumber energi bagi tubuh, akan tetapi kedua tipe karbohidrat tersebut sebetulnya berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Nah, agar tidak bingung, yuk simak sampai habis penjelasan berikut mengenai apa itu karbohidrat kompleks, manfaat, hingga contoh makanannya.

Apa itu Karbohidrat Kompleks?

Pada dasarnya, karbohidrat adalah suatu sumber energi cepat yang memberikan kekuatan terhadap sel-sel dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Ketika Anda mengonsumsinya, zat tersebut akan dicerna menjadi glukosa, kemudian diserap oleh tubuh dengan bantuan insulin, hingga akhirnya menghasilkan energi.

Nah, karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang mempunyai rantai molekul glukosa lebih panjang. Sehingga, tubuh akan memerlukan lebih banyak waktu untuk dapat memecah zat tersebut sebelum menjadikannya sebagai sumber energi.

Dengan demikian, pelepasan energi dari proses pencernaan karbohidrat ini terbilang cukup lambat, namun dapat memberikan energi secara maksimal kepada tubuh. Hal tersebutlah yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks.

Adapun jenis nutrisi yang tergolong sebagai karbohidrat kompleks adalah serat dan pati. Biasanya, makanan dengan kandungan nutrisi tersebut banyak ditemui pada sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian.

Perbedaan Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Secara umum, karbohidrat terbagi ke dalam dua kategori, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Seperti dijelaskan sebelumnya, karbohidrat kompleks adalah jenis karbo yang mempunyai rantai gula lebih panjang sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk dapat dicerna oleh tubuh.

Sementara, karbohidrat sederhana adalah jenis karbo lainnya dengan rantai molekul lebih kecil, sehingga tubuh dapat mencernanya menjadi energi secara cepat. Adapun zat yang tergolong sebagai karbohidrat sederhana adalah gula. Inilah alasan mengapa makanan dengan kandungan gula yang tinggi cenderung membuat Anda cepat merasa lapar hingga menyebabkan makan berlebih.

Baca juga: Cara Diet Karbo dan Manfaatnya untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Karbohidrat Kompleks

Manfaat utama dari karbohidrat kompleks adalah membantu menjaga berat badan. Bagaimana tidak, karbohidrat ini akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dari biasanya lantaran proses pencernaan yang dilakukan tubuh lebih lambat. Pada akhirnya, Anda dapat menghindari kebiasaan makan berlebih.

Selain itu, kandungan serat pada karbohidrat kompleks memiliki peran dalam mengontrol kolesterol, menjaga kesehatan usus, hingga melancarkan sistem pencernaan. Sehingga, makanan karbohidrat kompleks adalah menu harian yang sangat cocok jika Anda sedang menjalankan program diet.

Di sisi lain, karbohidrat kompleks adalah pilihan tepat bagi penderita diabetes. Pasalnya, jenis karbo ini diketahui bisa menjaga membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap normal.

Contoh Karbohidrat Kompleks

Setelah mengetahui apa itu karbohidrat kompleks dan manfaatnya, berikut terdapat sejumlah contoh makanan yang memiliki kandungan karbo satu ini.

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan karbohidrat kompleks yang cukup digemari. Selain mudah diolah menjadi hidangan lezat, kentang ternyata menyimpan berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, serat, protein, serta natrium [1].

Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kompleksnya, Anda bisa merebus kentang tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kandungan serat dan pati resisten di dalamnya akan membantu menjaga kesehatan pencernaan sekaligus memberi nutrisi pada bakteri usus yang bermanfaat baik bagi tubuh.

2. Pisang

Contoh makanan lainnya dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah pisang. Ya, pisang dikenal menyimpan banyak nutrisi, mulai dari vitamin C, vitamin B6, serat, mangan, kalium, potasium, serta magnesium [1]. Pisang juga kerap menjadi pilihan bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang, sehingga dapat menjaga gula darah dalam kadar normal.

3. Nasi Merah

Selama ini, nasi merah kerap digunakan dalam menu diet sehat karena dinilai sebagai sumber karbohidrat kompleks. Dibandingkan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan serat dan protein tiga kali lebih banyak [1]. Dengan mengonsumsinya, perut Anda akan terasa kenyang cukup lama.

Oleh karena itu, Anda bisa jadikan nasi merah sebagai pengganti nasi putih apabila ingin menurunkan berat badan secara efektif.

4. Oatmeal

Contoh makanan lainnya yang mengandung karbohidrat kompleks adalah oatmeal. Seperti Anda ketahui, oatmeal berasal dari gandum utuh yang sangat kaya akan pati dan serat sehat. Bahkan bukan cuma itu, oat juga memiliki sederet nutrisi baik lainnya, seperti mineral, vitamin, serta antioksidan.

Baca juga: 12 Makanan Tinggi Serat, Bikin Kenyang dan Pencernaan Sehat!

5. Ubi Jalar

Contoh karbohidrat kompleks yang terakhir adalah ubi jalar. Ya, jenis umbi-umbian ini dikenal memiliki banyak kandungan serat, gula, dan juga pati. Terlebih lagi, Anda bisa memperoleh provitamin A, vitamin C, serta kalium yang cukup tinggi pada ubi jalar.

Nah, sekarang Anda sudah tahukan apa itu karbohidrat kompleks, manfaat, hingga bedanya dengan karbohidrat sederhana. Beberapa makanan di atas  selain mengandung karbohidrat kompleks juga banyak mengandung serat sehingga dapat membantu menghambat absorbsi kolesterol ke dalam tubuh.

Dari penjelasan tersebut, juga bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks adalah langkah tepat untuk memulai diet Anda. Di samping membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pola makan, makanan karbohidrat kompleks ternyata juga memberikan sejumlah nutrisi penting yang baik bagi kesehatan.

Namun, tak hanya itu, tubuh juga memerlukan cukup cairan guna mempertahankan fungsi organ setiap harinya. Sebab, bila kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi, Anda berisiko mengalami dehidrasi yang dapat berujung pada masalah kesehatan lainnya. Maka dari itu, penting untuk Anda minum air putih yang cukup setiap hari setidaknya sebanyak 2 liter.

Kebiasaan tersebut akan membantu Anda menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Nah, agar tak terlewat, Anda bisa mulai menyediakan air minum terbaik di rumah seperti AQUA. Sumber air AQUA berasal dari pegunungan pilihan sehingga kemurnian maupun kualitasnya sudah tidak perlu Anda ragukan.

Pengemasan AQUA bahkan diproses oleh sistem terintegrasi secara menyeluruh, tanpa tersentuh tangan, dan melalui 400 uji kualitas. Dengan demikian, kemurnian air mineral AQUA senantiasa terjaga hingga akhirnya sampai di tangan Anda.

Referensi:

  1. 5 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Tubuh - Buka
  2. Holesh JE, Aslam S, Martin A. Physiology, Carbohydrates. [Updated 2021 Jul 26]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan.

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.