Berapa Kebutuhan Air Minum saat Cuaca Panas yang Diperlukan?

Hidup Sehat | 15 Mei 2023

Bagikan:

Berapa Kebutuhan Air Minum saat Cuaca Panas yang Diperlukan?

Tahukah Anda? Saat kondisi cuaca sedang panas terik, memperbanyak konsumsi air minum merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, berapa kebutuhan air saat cuaca panas yang perlu dipenuhi?

Saat suhu cuaca hari ini sedang panas, tubuh akan memproduksi keringat untuk menyesuaikan suhu normalnya.

Namun, jika kebutuhan air saat cuaca panas tidak tercukupi, kondisi tersebut justru dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan.

Karena itu, yuk, simak informasi lengkap mengenai dampak dan kebutuhan air saat cuaca panas melalui ulasan di bawah ini!

Dehidrasi, Dampak Cuaca Panas yang Perlu Diwaspadai

Cuaca panas yang terjadi dalam jangka waktu panjang dapat memengaruhi kondisi tubuh, salah satunya adalah turut meningkatkan risiko dehidrasi. Apa itu dehidrasi?

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan cairan dalam jumlah banyak. Dehidrasi saat cuaca panas dapat terjadi karena tubuh mengeluarkan cairan berlebih melalui keringat untuk menstabilkan suhunya.

Adapun sejumlah gejala dehidrasi yang perlu diwaspadai di antaranya rasa haus terus-menerus, mulut terasa kering, urine berwarna gelap, dan kulit kering.

1. Haus Terus-menerus

Jika selama cuaca terik Anda merasa haus terus-menerus, kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi.

Hal ini dapat terjadi karena dehidrasi turut merangsang reseptor otak yang dapat meningkatkan rasa haus.

2. Urine Berwarna Gelap

Gejala dehidrasi saat cuaca panas yang perlu diwaspadai berikutnya adalah perubahan warna urine menjadi keruh dan gelap.

Saat kekurangan air, tubuh akan mengikat air sebanyak mungkin sehingga dapat memengaruhi warna urine yang diproduksi oleh ginjal.

Baca juga: 6 Bahaya Kurang Minum Air Putih yang Perlu Anda Tahu

3. Mulut Terasa Kering

Dehidrasi dapat menimbulkan gejala berupa mulut terasa kering karena turut menurunkan produksi saliva atau air liur di dalam mulut.

4. Kulit Kering

Kulit kering merupakan gejala umum dehidrasi yang menjadi dampak dari cuaca panas berikutnya [1].

Air merupakan pelembap alami yang dibutuhkan oleh jaringan kulit. Jika tubuh kekurangan cairan, kondisi tersebut dapat memengaruhi kelembapan kulit dan menyebabkan kulit tampak kusam, gatal, dan pecah-pecah.

Itulah mengapa saat cuaca panas Anda diharuskan untuk memperbanyak air minum agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi.

Penuhi Kebutuhan Air saat Cuaca Panas untuk Mencegah Dehidrasi

Anda mungkin sudah sering mendengar imbauan bahwa penting untuk memperbanyak konsumsi air minum saat suhu cuaca hari ini panas. Sebetulnya, mengapa kita perlu minum air banyak saat cuaca panas?

Kelembapan dan suhu udara yang tinggi diketahui dapat meningkatkan laju produksi keringat sebanyak 1,5 hingga 2,5 liter di dalam tubuh sehingga memerlukan lebih banyak cairan [2].

Jika kebutuhan air saat cuaca panas tidak tercukupi, tubuh cenderung lebih rentan mengalami dehidrasi seperti yang telah diulas sebelumnya.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan air minum yang ideal adalah sekitar 8 gelas per hari, atau sekitar 2 liter.

Sementara itu, saat cuaca panas, Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air dengan minimal mengonsumsi air  2,5–3 liter per harinya untuk menghindari dehidrasi.

Untuk memenuhi kebutuhan air saat cuaca panas tersebut, Anda dapat menerapkan jadwal konsumsi air minum yang baik setiap harinya, seperti:

  • Setelah bangun tidur.
  • Sebelum mandi.
  • Sebelum dan sesudah makan pagi, siang, dan malam.
  • Saat tubuh merasa lelah.
  • Sebelum berolahraga.
  • Sesudah olahraga.
  • Sebelum tidur.

Anda pun sebaiknya tidak menunggu sampai rasa haus tiba untuk meminum air, sebab rasa haus merupakan salah satu tanda tubuh telah mengalami dehidrasi.

Oleh karenanya, selalu sedia air mineral berkualitas di mana pun Anda berada untuk menghidrasi tubuh saat cuaca sedang panas, seperti AQUA.

AQUA menjadi minuman yang cocok saat cuaca panas karena terasa segar dan dingin, bahkan tanpa didinginkan terlebih dahulu. Pasalnya, AQUA diambil dari air pegunungan alami dan telah melalui proses pengolahan berteknologi tinggi tanpa tambahan dan sentuhan tangan manusia.

Selain itu, AQUA juga menghadirkan berbagai macam kemasan yang dapat memudahkan Anda untuk membawa air minum di luar rumah, mulai dari AQUA Cube, AQUA botol 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml.

Sementara itu, saat di rumah, Anda bisa menyediakan AQUA galon dengan isi 19 liter yang mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda maupun keluarga! AQUA galon juga memakai kemasan galon guna ulang yang sudah dipastikan kebersihannya, sehingga tidak nyampah!

Ingat, saat cuaca panas, ademin dengan AQUA DULU. Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral pegunungan tanpa tambahan apapun, sebagaimana alam ingin Anda meminumnya.

Baca juga: Ketahui Dampak Gelombang Panas bagi Kesehatan & Cara Hadapi

Referensi:

  1. Pentingnya Hidrasi Tubuh Saat Cuaca Panas - Buka
  2. Ahli Gizi UNNES Bagikan Tips Asupan Nutrisi di Cuaca Panas - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .