10 Kegiatan Selama Lebaran Idul Fitri Agar Lebih Berkesan

Tips Ramadhan | 25 April 2022

Bagikan:

10 Kegiatan Selama Lebaran Idul Fitri Agar Lebih Berkesan

Hari raya Idul Fitri memang selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Setelah sebulan menjalani puasa Ramadan, tentu banyak kegiatan selama lebaran yang ingin Anda lakukan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Apalagi tahun ini, pemerintah sudah memperbolehkan mudik sehingga pastinya, euforia lebaran akan semakin terasa meriah.

Nah selain menyiapkan aneka menu lebaran favorit keluarga, yuk semarakkan hari raya Idul Fitri dengan berbagai rekomendasi kegiatan dalam artikel berikut. Simak baik-baik sampai habis, ya!

10 Kegiatan Selama Lebaran Idul Fitri

Demi menjaga suasana Idul Fitri tetap hangat, coba lakukanlah beberapa kegiatan selama lebaran sebagai berikut:

1. Mendekorasi rumah

Hari raya Idul Fitri selalu identik dengan kegiatan silaturahmi antar keluarga maupun kerabat dan teman-teman terdekat. Maka dari itu, kemungkinan besar Anda akan menerima lebih banyak tamu selama lebaran nantinya. Nah untuk mempersiapkannya, pastikan area rumah bersih dan tertata rapi, ya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi khas Idul Fitri seperti hiasan ketupat ataupun ucapan selamat lebaran di beberapa titik rumah. Terbilang mudah bukan kegiatan selama lebaran yang satu ini?

2. Menghias kue lebaran

Menyambung dari poin sebelumnya, Anda tentu tak ingin bukan bila menjamu tamu dengan tangan kosong? Itulah sebabnya, akan ada banyak jenis makanan yang Anda temui nantinya. Di momen seperti inilah, Anda bisa mengisi agenda kegiatan lebaran Idul Fitri dengan menyiapkan sajian spesial berupa kue khas hari raya seperti nastar dan putri salju.

Selain membelinya langsung di toko, kini sudah banyak informasi resep kue lebaran sehingga Anda pun dapat membuatnya sendiri bersama keluarga. Tertarik mencobanya?

3. Mengirim hampers

Setelah merayakan Idul Fitri secara online selama 2 tahun terakhir ini, mungkin kita telah terbiasa dengan kegiatan selama lebaran berupa budaya saling mengirim hampers. Nah walaupun tahun ini Anda sudah bisa bersilaturahmi secara langsung, tak ada salahnya lho untuk tetap mengirim hampers ke orang terdekat.

Apalagi kini terdapat banyak produk yang bisa Anda jadikan sebagai hampers lebaran. Bukan hanya sekadar makanan atau cookies, Anda pun dapat memilih produk perlengkapan makan seperti mangkok, piring, sendok, serta garpu ataupun peralatan sholat seperti sajadah,mukena, sarung, baju koko dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Kegiatan Ramadan Sehari-Hari yang Bermanfaat dan Berkesan

4. Saling memaafkan

Hari raya Idul Fitri dianggap sebagai simbol kemenangan setelah berhasil menahan nafsu selama bulan Ramadan. Oleh karena itu, lebaran merupakan momen dimana manusia seolah kembali ke fitrah sekaligus menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk mengawalinya, disunnahkan untuk saling bermaaf-maafan dengan orang sekitar.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, kegiatan lebaran Idul Fitri ini dijadikan sebagai tradisi yang biasanya disebut sungkeman. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk saling memaafkan sekaligus menyampaikan rasa sayang kepada orang terdekat, ya!

5. Makan bersama keluarga

Tak lengkap bukan rasanya bila lebaran berlangsung tanpa menyantap menu khas Idul Fitri yang hampir wajib ada di setiap meja makan? Ya, untuk mempererat kehangatan antar anggota keluarga, Anda bisa menyiapkan beberapa hidangan istimewa, seperti ketupat, lontong sayur, opor ayam, semur daging, rendang, ataupun bakso dan soto.

Makan bersama sambil mengobrol menjadi salah satu kegiatan selama lebarang yang tentunya juga dapat mengeratkan silaturahmi antar sesama anggota keluarga.

6. Silaturahmi ke keluarga atau kerabat dekat

Kegiatan lebaran Idul Fitri selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan yaitu berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat dekat untuk bersilaturahmi. Kegiatan selama lebaran satu ini telah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun lamanya. Jadi jangan sampai melewatkannya, ya!

7. Video call keluarga jauh

Nah apabila Anda memiliki kendala sehingga tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi secara langsung, sebaiknya tak perlu terlalu khawatir. Sebab berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, Anda pun dapat menjalin silaturahmi secara online melalui video call.

Sebaiknya, rancang kegiatan selama lebaran ini dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada anggota keluarga besar sebelumnya. Selanjutnya, sepakati untuk melakukan video call dengan menggunakan salah satu aplikasi telekonferensi seperti Zoom, Google, WhatsApp, dan sebagainya.

8. Berbagi THR

Meski tak wajib, lebaran tak akan lengkap rasanya tanpa THR. Kegiatan lebaran Idul Fitri yang telah menjadi tradisi ini biasanya dilakukan dengan membagikan THR kepada keponakan, keluarga, serta kerabat, baik secara langsung ataupun melalui transfer bank dan e-wallet.

Di samping itu, mengisi kegiatan selama lebaran dengan berbagi THR juga merupakan bentuk syukur sekaligus media untuk mengungkapkan rasa sayang.

9. Menonton film islami

Jika sudah memiliki waktu luang, cobalah isi kegiatan selama lebaran dengan menonton film islami. Di samping menghibur, film-film bertemakan islami ini tentunya juga mengandung nilai positif yang dapat diambil dan bermanfaat untuk memperbaiki diri. Terlebih lagi, stasiun televisi juga biasanya menayangkan film-film islami selama lebaran. Agar kegiatan lebaran Idul Fitri ini semakin seru, ajaklah keluarga Anda untuk menonton bersama. 

Baca juga: Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan bersama Air Mineral AQUA

10. Lakukan kegiatan outdoor

Kegiatan selama lebaran terakhir ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki halaman, pekarangan, ataupun rooftop di rumah. Mengapa demikian? Sebab area outdoor tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menyemarakkan keseruan kegiatan lebaran Idul Fitri.

Anda bisa mencoba berbagai kegiatan outdoor bersama keluarga seperti membuat permainan-permainan seru untuk dilakukan di luar ruangan ataupun sesederhana melakukan piknik sembari menyantap hidangan Idul Fitri.

Itu dia 10 rekomendasi kegiatan selama lebaran yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Tentunya, pastikan minum #AQUADULU untuk membantu tubuh tetap fit dan berenergi selama hari raya Idul Fitri. Kemudian selalu sediakan AQUA di rumah sebagai salah satu jamuan andalan kepada para tamu.

Jangan lupa juga untuk tetap menebarkan murninya kebaikan di Hari Raya dengan selalu menjaga silaturahmi bersama kemurnian AQUA, ya. Akhir kata, mohon maaf lahir batin dan selamat hari raya Idul Fitri⁣!

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.