Kemanapun liburanmu, pastikan hidrasi tubuh tercukupi dengan air mineral yang baik

Kebaikan AirHidup Sehat | 22 Maret 2022

Bagikan:

Kemanapun liburanmu, pastikan hidrasi tubuh tercukupi dengan air mineral yang baik

Berlibur di antara kesibukan harian memberi begitu banyak manfaat pada diri seseorang, apalagi jika kita bisa sehat selama liburan. Bukan hanya menyeimbangkan hidup, tapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Bertepatan dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, akhir tahun adalah waktu yang pas untuk liburan serta refreshing menyongsong tahun yang baru.

Namun, liburan akhir tahun ini tidak semudah yang dibayangkan karena pandemi COVID-19 yang masih mengintai kita. Selain tetap menghindari kerumunan, pastinya protokol kesehatan juga harus selalu diterapkan. Menjaga kesehatan selama liburan tentunya juga tidak boleh diabaikan. Saat liburan, banyak orang yang tak sadar mengonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh. Makanan yang tidak sehat dapat membuat tubuh menjadi tidak fit saat melakukan perjalanan.

Berikut ini beberapa tips untuk tubuh tetap fit dan sehat selama liburan:

Bawa camilan sehat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa makanan ringan atau camilan yang sehat dari rumah sangat efektif ketimbang membeli makanan di lokasi wisata. Selain lebih hemat pengeluaran, tentu lebih sehat.

Pilihlah makanan ringan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit saat melakukan liburan. Bawalah makanan yang bertahan lama dan bergizi seperti buah-buahan (pir, jeruk, buah naga, dll) [1].

Pilihlah tempat makan yang bersih

Selama liburan pastinya Anda sering mengabaikan kebersihan akan makanan yang akan Anda konsumsi. Jika kebetulan tidak membawa bekal untuk perjalanan liburan, carilah restoran yang menyediakan makanan sehat dan memiliki tempat yang bersih untuk menjaga daya tahan tubuh saat berlibur. Jika sempat, sebaiknya kunjungi tempat makan yang menyediakan makanan khas daerah tersebut [1].

Perbanyak hidrasi tubuh dengan air mineral berkualitas

Air mineral bisa mencegah dehidrasi ketika lelah mengunjungi tempat wisata saat liburan. Apalagi saat liburan di cuaca yang panas saat ini. Perjalanan yang lama terkadang membuat sakit kepala.

Meski demikian, terdapat aturan minum air mineral yang perlu kita ketahui. Sebab, kekurangan maupun kelebihan asupan air mineral, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air per hari dan Anda bisa mengonsumsinya di waktu seperti ini:

  • Minum air mineral setelah bangun tidur
    Kita sebaiknya mengonsumsi 1-2 gelas air mineral setiap harinya, sesudah bangun tidur. Minum air mineral setelah bangun tidur dapat membantu mengisi ulang kembali cairan yang hilang ketika kita terlelap selama 7-8 jam. Selain itu, minum air mineral setelah bangun tidur juga dapat membantu proses metabolisme tubuh serta membuang racun dari dalam tubuh. Sehingga Anda bisa memiliki banyak tenaga untuk berjalan-jalan selama liburan [2].

  • Minum air mineral sebelum makan
    Minum air mineral sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan [2].

  • Minum air mineral ketika merasa lelah
    Pastinya selama liburan Anda akan menghabiskan hari-hari Anda dengan berkeliling ke berbagai tempat, hal tersebut tentu akan membuat tubuh merasa lelah. Lebih dari 60% fungsi tubuh bergantung pada air, tak terkecuali otak dan sistem saraf. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, kehilangan konsentrasi, sakit kepala, depresi, kesulitan tidur dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengatasinya, biasakanlah untuk selalu minum air mineral ketika merasa lelah [2].

  • Minum air mineral sebelum dan sesudah berolahraga
    Apabila Anda memilih kegiatan berolahraga untuk menghabiskan waktu liburan. Jangan lupa bahwa salah satu kegiatan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan adalah berolahraga. Sebab ketika berolahraga, banyak cairan di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Maka dari itu, untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, kita sangat disarankan minum air mineral sebelum dan sesudah berolahraga [2].

  • Minum air mineral sebelum tidur
    Setelah lelah berjalan-jalan sepanjang hari selama liburan, kita juga disarankan minum air mineral sebelum tidur. Langkah sederhana ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian, tidur pun menjadi lebih nyenyak [2].

  • Minum air mineral ketika sakit
    Aturan lainnya yaitu untuk minum air mineral ketika sakit. Ternyata, air mineral dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh yang diperlukan ketika sakit [2].

Padatnya aktivitas selama liburan tentu merupakan salah satu faktor penting yang menentukan asupan hidrasi Anda. Apabila Anda bepergian, tubuh akan cenderung membutuhkan energi lebih banyak. Untuk mengimbangi aktivitasmu dengan hidrasi yang cukup, selalu sediakan AQUA saat bepergian untuk memastikan hidrasi tubuh tetap terjaga di setiap kegiatanmu, khususnya ketika bepergian.

AQUA memiliki berbagai variasi ukuran sehingga Anda bisa dengan nyaman memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada AQUA 600ml yang cocok untuk dibawa bepergian, ukuran 330ml yang pas untuk jadi teman makan, hingga ukuran galon untuk kebutuhan hidrasi di tempat tinggal Anda. Kualitas AQUA juga terjamin karena AQUA melakukan tiga perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Jangan lupa jadikan AQUA teman bepergianmu ya!

 

Sumber:

  1. Tips Tetap Sehat saat Liburan, Minum AIr Putih hingga Siapkan Camilan - buka
  2. Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.